Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Kuning yang Lezat Sekali

Dipos pada March 4, 2022

Opor Ayam Kuning

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor Ayam Kuning yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam Kuning yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam Kuning, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Kuning yaitu 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, perkiraan waktu untuk memasak Opor Ayam Kuning diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuning memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya si Kocen susah maem dari pagi Mungkin udah bosen sama kuah bening kayak soto sop dkk Baiklah nak Mungkin kamu merindukan bubur suro Mama buat opor kuning dulu yaa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kuning:

  1. 500 gr ayam (saya pakai sayap)
  2. 1 papan tahu, potong sesuai selera
  3. 500 ml air
  4. 750 ml santan
  5. 1 buah jeruk nipis
  6. 4 butir telur rebus
  7. 3 sdm minyak untuk menumis
  8. Bumbu halus :
  9. 1 ruas kunyit
  10. 4 siung bawang putih
  11. 6 siung bawang merah
  12. 4 butir kemiri, sangrai
  13. 1 sdt garam
  14. 1/2 sdt jinten
  15. 1 sdt lada bubuk
  16. Sejumput gula
  17. Bumbu Celup :
  18. 1 ruas lengkuas, memarkan
  19. 1 batang serai, memarkan
  20. 2 lembar daun salam
  21. 3 lembar daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kuning

1
Kucuri ayam dengan jeruk nipis. Sisihkan.
2
Sambil menunggu ayam, Goreng tahu setengah matang, angkat dan tiriskan.
3
Cuci ayam, lalu rebus hingga lunak (saya pakai presto) dengan air 500ml.
4
Tumis bumbu halus dan bumbu celup hingga matang. Lalu masukkan ke dalam ayam yang sudah lunak. Beri santan. Masukkan telur rebus dan tahu goreng. Aduk seperlunya hingga bumbu meresap. Matikan api.
5
Sajikan opor dengan taburan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam ala Madame

Opor Ayam ala Madame

Salah satu menu yg sangat diminati utk hari lebaran sebagai teman makan ketupat. Apalagi yg punya anak kecil dan ngga suka pedas. Semoga resep saya manfaat.

6 Porsi
1 menit
Terik Ayam, Tahu, Telor

Terik Ayam, Tahu, Telor

Makanan Jadul sewaktu saya masih dimasakin sama alm. Mama..Gurih, manis, dan kuah nya harum bikin nambah nasi terus..Sekarang gantian saya yg masakin buat kel tersayang, apalagi anak ku suka juga..happy kalo lihat anak makan banyak..

4 porsi
30 menit
Opor ayam kering

Opor ayam kering

Mw bikin opor ayam,tapi gx suka kuahnya,jadi aku bikin kuahnya aku masak sampe kering alhasih endessss rasanyaπŸ˜†πŸ˜†

Opor ayam praktis via magic com πŸ˜„

Opor ayam praktis via magic com πŸ˜„

Biasanya makan opor ayam kalau pas lagi pulang ke rmh ibuku, seringnya pas lebaran. Kalau pas hari biasa, bayangin masaknya ribet kok jadi malas, ha ha ha, baik nguleg2 bumbu, piranti masak yg sak abreg2. Tp pas ada punya cookpad, iseng2 kok nemu resepnya mb genika yulia yg dikit bahannya, gak aneh2. Langsung coba deh bikin pakai resepnya, tp ya itu karena malas nguleg2 dan rempong nyuci byk, dan biar praktis jadinya dimasak aja pakai magic com rice cooker mito r5. Tinggal nyemplungin aja. Gak usah ditengok2, disetel bikin soup, tau2 pas waktunya selesai, jadi deh. Dan bumbunya juga dihalusinnya pakai blender ajalah.

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Berhubung mau hari raya lebaran mknya saya coba resep masakan ibu tercinta 😊

5 porsi
45 menit
Opor Ayam Gampang Enak

Opor Ayam Gampang Enak

Coba buat masakan dari Ayam aelain gulai dan sambal, kepikirlah Opor.

5 porsi
1 jam
OPOR PEPAYA MUDA campur TETELAN & TAHU (gandul santan)

OPOR PEPAYA MUDA campur TETELAN & TAHU (gandul santan)

Kenapa dinamain opor, karena bumbunya bukan bumbu santan yang biasanya saya masak, ada tambahan kencur,lengkuas,dan ketumbar yang ikut partisipasi ^_^ simple, gurih, enak.

4 porsi
30 menit
Opor Ayam kampung lebaran

Opor Ayam kampung lebaran

Sudah hampir menjadi tradisi ketika lebaran menjelang... Masyarakat jawa barat khususnya sering membuat hidangan khas yaitu ketupat... Dan ketupat harus dihidangkan bersama sayur tulang atau pun dengan opor ayam... Dan kali ini saya sengaja bikin opor ayam kampung sebagai hidangan utama dihari fitri ini... Ok... Lets cook

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

Mulai bingung bikinin maem buat Mbak kecil. Yang pasti harus berkuah, karena kalo seret, langsung hoek. Cobain bikin opor aja tapi santannya diganti UHT. Alhamdulillah tandas! πŸŽ‰

20 menit
Opor Ayam Mama Suka

Opor Ayam Mama Suka

Pengen opor, tp bahan2 nya banyak yg ga lengkap, males kepasar terpaksa deh pake bahan praktis, tp enak juga.. Yg penting punya ayam sama santan daaaan bumbu opor instan hehehehe..

Opor Ayam

Opor Ayam

About Me 😊 I'm just an ordinary housewife who is always accompanied by two adorable kids – πŸ‘¨Kitaro and πŸ‘©Aiko Connect with me ❀ Instagram : lindacantik_812 Twitter : @lindacantik_812 Facebook : Linda Putri Mada Youtube : @lindacantik_812

Terik Tahu Enaaakk

Terik Tahu Enaaakk

Masak makanan favorit si kecil. Terik tahu,hmm,pasti si kecil makannya banyak nih. Coba masak yuk n share yaa ^.^

Opor tahu telur kentang

Opor tahu telur kentang

Ini edisi malas masak jadi buat menu yang bisa di jadikan lauk sekaligus jadi sayur #olahan kelapa

3 porsi
20 menit
Opor (tuyuhan)

Opor (tuyuhan)

Lagi ngidam banget sama opor, tapi hanya ada telor, tahu dan tempe... Jadilah opor tuyuhan tanpa ayam.... Maaf yaa bunda, ayamnya susah di pegang.. Jadi tanpa ayam deh... 😜😝

5 -6 porsi
OPOR AYAM merah

OPOR AYAM merah

Rasa opor ini seperti gulai tp tdk pedas.

6 porsi
60 menit
Opor Ayam (edisi sisa)

Opor Ayam (edisi sisa)

πŸ˜‚ saya banyak lho olah resep dari serba sisa *bukan sisa udah dimakan atau basi ya,tapi yang terlalu banyak dan sayang dibuang. Kemarin buat soto sokaeaja,tapi karena untuk acara jadi ga sempat k.upload nanti insyallah kalau buat lagi ya.😊