Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Kurma yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 27, 2022

Opor Ayam Kurma

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam Kurma yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam Kurma yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Kurma, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Kurma bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Kurma yaitu 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kurma sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kurma memakai 18 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

pas lagi weekend niy,sya nonton tayangan berbagi resep masakan. Resepnya berbahan kurma, kebetulan ada kurma dirumah, ya sud, segera eksekusi. manis kurma nya ga begitu terasa, tp nutrisi nya tetap masuk ke perut. Cobain deh! enak lho...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kurma:

  1. 250 gr Ayam
  2. 5 buah kurma, buang bijinya
  3. 1 ikat kacang panjang (hanya pelengkap bisa dihilangkan)
  4. 1/2 bungkus santan cair instan
  5. secukupnya minyak untuk menumis
  6. 1 ruas laos/lengkuas, digeprek
  7. 1 ruas jahe, digeprek
  8. 1 batang sereh, digeprek
  9. 2 lembar daun jeruk
  10. 2 lembar daun salam
  11. secukupnya air
  12. bumbu halus :
  13. 4 siung bawang putih
  14. 7 siung bawang merah
  15. 3 biji kemiri
  16. 1 sdt bubuk ketumbar
  17. 1 sdt merica
  18. sejumput jinten

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kurma

1
Tumis bumbu halus, stelah harum masukkan laos, jahe, sereh, daun jeruk dan daun salam. aduk sebentar, lalu masukkan air secukupnya. setelah mendidih masukkan ayam yang sudah dibersihkan.biarkan ayam hingga berubah warna.
2
Setelah mendidih masukkan kacang panjang yang sudah dipotong2. biarkan air menyusut dan kacang panjang matang.
3
Setelah air menyusut dan bumbu meresap, masukkan santan dan kurma, aduk merata. biarkan sampe mendidih, lalu sajikan. Selamat mencoba! :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Meskipun banyak bumbu instant,tapi dijamin lebih enak bikin sendiri,,sehat n sesuai selera #resepkuhariini #cookpadcommunity_surabaya #clover #cookinglover #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #Naads_kitchen

6 porsi
45 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

1-4 porsi
30 menit
Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Resep Dari Bunda , Foto seadanya ya, soalnya kalo udah masak-memasak so serius, gk sempet foto foto 😂. hehee .. Rasa Dijamin Mantap .

Opor Ayam

Opor Ayam

sebenarnya ini masakan hasil umi ku, masya allah emang rasanya mancepss.. Opor ini cocok tidak hanya buat lebaran aja. Ayoo bikin :)

5 porsi
Terik tempe

Terik tempe

Tempe mulu yaa wkwk gpp adanya di kulkas, sbnrnya isinya bisa divariasi misal ditambah tahu.. Daging juga enak. Terik sm opor hampir sama ya bumbunya cmn kalo terik biasanya manis (eyang aku sih bikinnya gitu) trs ga pake kunyit. Resepnya gabungan dari eyang sm ibu yg sedikit disesuaikan sama bahan yg ada di rmh. Semoga menginspirasi ya, mudah kok bikinnya. 😁👍🏻

2 porsi
20 menit
Opor Ayam Kampung Sederhana

Opor Ayam Kampung Sederhana

Bikinnya gampang banget

7 porsi
1 jam
Opor Ayam 🍗

Opor Ayam 🍗

Senin 14 nov 2016

6 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Ada teman yg lg punya hajat sunatan dan minta tolong di buatkan menu opor ayam untuk makan para tamu undangan. Sebenarnya agak takut jg sih terima orderan dlm jumlah besar 😀😀. Tp Alhamdulillah sukses membuat tuan rumah dan para tamu undangan puas dg masakan sy 😀😀😀.

1 kg
Opor Ayam Pedas

Opor Ayam Pedas

pedas bisa di sesuaikan, jika suka tambahkan cabai lebih banyak...

OPOR AYAM merah

OPOR AYAM merah

Rasa opor ini seperti gulai tp tdk pedas.

6 porsi
60 menit
Opor Telur Puyuh

Opor Telur Puyuh

Opor resep Ibu sy bedaaa banget sama resep opor yg biasa sy makan d Jakarta. Kalau punya ibu kuahnya sedikit pedas dan merah serta ada cengkehnya. Kalau yg d sinikan kuning. Punya ibu juaraaa bngt lho. Apalagi klw pake ayam kampung...hmm...jd kangen masakan ibu. Opor telur puyuh ini nggak pake cabe yaa karena yg makan anak2. Si kecil soalnya doyan makanan berkuah gurih spt ini, rawon dan soto jg doyaaan. Resepnya sederhana aja. Yg mewah cintanyaa...hihihi

Terik Tahu

Terik Tahu

Ini pendamping jenang lemu yang saya buat karena belum persiapan tempe semangitnya jika mau masak sambal tumpang 😊

Opor ayam ala ma ecy😄

Opor ayam ala ma ecy😄

6 porsi
30 menit
Opor ayam teLor (Lodho) simpLe

Opor ayam teLor (Lodho) simpLe

Punya sisa telur godok 4 butir di kulkas, punya sisa sayap sama paha ayam juga, kmarenya bikin soto cuma pakek dada saja... mubazir kalo ga dimasak lagi 😁 #BantuMantenBaru

Rame - Rame
20 minutes
Terik Ayam

Terik Ayam

Lagi bingung bikin makanan apa yang si anak juga suka dan semua suka. Walhasil tercetuslah makanan ini, simpel dan gampang. Enak pula, gurih manis. Tinggal tambah bikin sambel dah ..

5 porsi
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Pengen masak ayam tapi yang berkuah, akhirnya pilihan jatuh pada opor ayam, cocok banget hujan2 maem lauk opor ayam anget2..😄 tapi ni versi simple yaa pake bumbu seadanya dan ga pakai dedaunan macam daun salam dan daun jeruk 😁, tapii rasa tetep enaaakkkk.. Resep lainnya bisa juga liat di IG @tyasprabowo banyak yang ga ketulis di cookpad, nulisnya kalo sempet aja 😄