Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam yang Lezat

Dipos pada March 2, 2022

Opor Ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Opor Ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam yaitu 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

sebenarnya ini masakan hasil umi ku, masya allah emang rasanya mancepss.. Opor ini cocok tidak hanya buat lebaran aja. Ayoo bikin :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg Daging ayam
  2. Santan
  3. 3 siung Bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. secukupnya Garam dan gula pasir
  6. 2 siung lengkuas
  7. 2 lembar daun salam
  8. 5 biji kemiri
  9. secukupnya Bubuk ketumbar
  10. Sepotong tomat merah
  11. bila perlu Penyedap rasa
  12. secukupnya Air matang

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, tomat dan beri garam secukupnya
2
Setelah bumbu halus panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu yang sudah halus tadi
3
Tambahkan air secukupnya lalu tambahkan gula sedikit dan garam jika belum terasa serta masukkan 2 siung lengkuas. Tunggu sampai mendidih
4
Setelah itu masukkan ayam dan jahe yang sudah dimemarkan, tunggu sampai ayam empuk
5
Masukkan santan lalu aduk hingga merata
6
Sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Si sulung suka banget masakan yg berkuah santan. Terutama opor ayam. Dan ini merupakan menu utama di rumah ibukku saat lebaran. Disajikan dengan ketupat atau lontong Nyummy... Yg aku buat kali ini ditambah tahu krn di kulkas ayamnya hanya ada sebelah hehe. Kalau di rmh ibuku hanya ayam saja dan masaknya 10 ekor bahkan lebih. Ditambah lauk2 pendamping lainnya. Ketupatnya pun dibuat hingga 200 buah. Krn selain utk keluarga besar, jg utk tamu2 yg datang silaturahim. Jd opor ayam ini menu special di keluarga kami. Yg mau coba bikin opor ayam ala keluarga kami, ini dia resepnya.

4 porsi
60 menit
Terik Sayap dan Ati Ayam

Terik Sayap dan Ati Ayam

Salah satu menu ayam kesukaan anak2. Gurih, empuk, dan yg pasti ga pedes. Bikinnya gampang, tinggal blender, oseng2 dan ungkep.........mateng deh. Aku share tanpa byk prologπŸ˜‚πŸ˜‚#lagunye

5 porsi
60 menit
Opor Ayam Goreng

Opor Ayam Goreng

Sebenernya ini menu agak bingung sih karena pagi mau ke pasar kesiangan. Di kulkas ada ayam sisa br diungkep bentar aja blm dibumbuin. Mau digoreng krispi takutnya hambar bumbunya g masuk sampai dalem. Jadinya digoreng tp diungkep bumbu dulu deh. Bumbunya jg agak meraba-raba trus kata Ibu 'kok km kyk mau bikin opor? hmm.. tp kurang lengkap bumbunya' Aku pikir yaudahlah ya, yg penting mateng dan layak dimakan apapun namanya.

Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Resep opor ini paling pas buatku. Pakai telur tahu enak, pakai ayam juga enak. Selamat mencoba..

3 porsi
60 menit
Opor ayam telur

Opor ayam telur

ini ceritanya masak dadakan untuk sarapan berdua sama anak wedok 😘

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Anak saya suka makan ayam telor dengan kuah seperti ini .gurih dan sedikit manis dg banyak rempah

4 porsi
120 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Anak-anak saya suka😍

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Keburu abis opornya jadi cuma bisa foto seadanya hahahah ✌✌✌

3 orang
20 menit
Opor Ikan Kakap

Opor Ikan Kakap

40 menit
Opor ayam bumbu merah

Opor ayam bumbu merah

Ceritany mama bro sma papa bro lagi kpengen makan opor hari ini.tapi berhubung si ayam ny cuma ada 4 potong di kulkas akhir ny tak tambahin tahu sama tempe aja deh,,biar ga kesepian si ayam ny hihi.. si papbro kan ga suka santan alhasil si santan di ganti deh pake susu cair..yaa..bisain ajalah yaa,^^ toh hasil ny ga kalah enak.gurih" gemanaaaa gituu!! ^^ cekidot..

Opor Ayam spesial

Opor Ayam spesial

Sangat menggoda selera

Opor Ayam

Opor Ayam

Favorit anak mbarep..πŸ€—..resep dari neneknya

Opor Labu & tahu kulit sederhana banget

Opor Labu & tahu kulit sederhana banget

saking pinginya sayur ini sampe ujan"an ke pasar T-T tp gpp krna hasilnya memuaskan akhrnya dapet juga sayur"a & bisa mkn sayur opor sederhana q ini dch,,, :-)

16 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Ceritanya iseng nih bikin menu ayam2 biasanya sih sukanya sayur2an. Setelah masak ini eh g taunya semuanya pada suka πŸ˜„ jadi seneng liat semuanya makannya lahap..