Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam kampung yang Lezat Sekali

Dipos pada February 28, 2022

Opor ayam kampung

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor ayam kampung yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor ayam kampung yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor ayam kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam kampung bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kampung memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung segar potong sesuai selera
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. 1 sdm ketumbar bubuk
  5. 1 ruas jari kunyit
  6. 1 sdm gula pasir
  7. 1 sdm garam
  8. penyedap rasa
  9. 1 bks santan instan
  10. 2 lbr daun salam
  11. 2 iris lengkuas
  12. minyak secukupnya utk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kampung

1
Tumis bumbu halus (bwg putih,bwg merah,ketumbar,kunyit,garam) sampai harum kemudian masukan daun salam dan lengkuas
2
Masukan potongan ayam aduk hingga merata
3
Tambahkan 3 gelas air kemudian tambahkan penyedap rasa dan gula pasir secukupnya,aduk dan biarkan hingga mendidih
4
Jika air sudah mulai asat & ayam sudah lunak tambahkan 2 gelas air lagi dan masukan santan,aduk lagi hingga merata sampai mendidih sebentar kemudian angkat dan sajikan dengan nasi panas,sambal terasi matang dan krupuk udang,hmm so yummy.. :)
Opor ayam kampung - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Lezat

Opor Ayam Lezat

Suamiku adalah penggemar berat Ayam. Mulak dari Ayam panggang, ayam goreng, dan segala jenis masakan berbahan ayam. Tapi satu masakan ayam favoritnya adalah Opor ayam.

8 porsi
45 menit
Opor Kuning Ayam Tahu

Opor Kuning Ayam Tahu

Lagi pengen ngopor buat makan siang. Sempet kesiangan belanjanya, untung bahan-bahannya masih ada di mamang sayur 😁 Langsung waelah resepnya 😆

Opor Ayam Telur Tempe (Mpasi 12m+)

Opor Ayam Telur Tempe (Mpasi 12m+)

Sengaja masaknya gak terlalu banyak biar cepet habis baby kan juga makannya gak banyak, biar besok mikir lagi menunya 😁

3 porsi
Opor ayam spesial

Opor ayam spesial

Opor ini dibilang spesial krn penuh dgn rempah n bumbu ...beda dgn opor pd umumnya.anak2 paling sk opor ini krn rasanya nendang banget mgk krn penggunaan bumbu n rempah yg byk.dan opor ini gk terasa pedasnya.resep sy dpt dr jtt.

5 porsi
120 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Recipe mb lenny setiawan .

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Kangen Lebaran jadi pengen makan opor ayam.

6 porsi
40 menit
Opor ayam alakadarnya

Opor ayam alakadarnya

Lagi bosen ayam goreng tp punya ayan di lemari es, ini kata suami rasanya kaya opor haha

4 porsi
Opor Balungan

Opor Balungan

Di rumah gak terlalu sering masak ayam. Paling kalo masak yaa ayam kampung, dan justru sukanya yg ada tulangnya. Kalo yg terlalu berdaging itu kurang greget menurutku. Di rumah sering dapet hantaran nasi dari orang punya hajat tapi pasti nggak pernah diolah dan berujung di freezer berhari2 baru diolah kasih ke tetangga. Kalo hantaran kan pasti udah digoreng kering jadi mau diolah gak banyak variasi juga gak dimakan pasti. Mumpung tadi ada ayam kampung jadi pengen opor deh. Yuk cek resepnya!

Opor terong dan ayam

Opor terong dan ayam

3 porsi
20 menit
Opor telur tahu sederhana

Opor telur tahu sederhana

Masakan favoritsi kakak mau'y d masakin in terus tiap hr....

Opor Ayam & Telur

Opor Ayam & Telur

Pagii inii tengok2 stok dkulkas cuma tinggal ayam, mau dibikin soto betawi tp ko yahh ribet bgd harus goreng kentang, emping, dkk. Klo gk pake kyaknya kurang klopp jd puter otak sambil nunggu mata terbuka sempurnaa #masihngantuk. Ehhh keingett sama resep opor my moms yg rasanya nendangg bingitttss, smpet raguu sihh kira2 kekejar gk yah dalam waktu 1 jam masak opor tp ternyata misi terselesaikann (maklum wanita karier #hihihi) Alhamdulillah rasanya pun pecahhhhh jd pede lah klo lebaran tahun ini masak2 sndirii

Opor kuning jantung pisang

Opor kuning jantung pisang

Dapat jantung pisang kepok dari teman, hmmm.. Langsung deh bikin sayur, kt anak2 enak kaya makan opor ayam😊😊

Opor Ayam Goreng

Opor Ayam Goreng

Sebenernya ini menu agak bingung sih karena pagi mau ke pasar kesiangan. Di kulkas ada ayam sisa br diungkep bentar aja blm dibumbuin. Mau digoreng krispi takutnya hambar bumbunya g masuk sampai dalem. Jadinya digoreng tp diungkep bumbu dulu deh. Bumbunya jg agak meraba-raba trus kata Ibu 'kok km kyk mau bikin opor? hmm.. tp kurang lengkap bumbunya' Aku pikir yaudahlah ya, yg penting mateng dan layak dimakan apapun namanya.

Opor ayam kentang telur puyuh

Opor ayam kentang telur puyuh

Masak praktis untuk makan malam dan balitaku suka😄

Opor Macaroni tanpa santan for Kids

Opor Macaroni tanpa santan for Kids

Anak saya berumur 2 tahun 3 bulan baru sembuh dari demamnya. Lalu saya kepikiran untuk membuat dia semangat makan, karena biasalah anak-anak kalau sakit pasti males banget untuk makan. Lalu saya searching-searching deh di internet bahan makanan yang aman untuk balita. Kepikiran deh untuk buat kreasi dari macaroni (karena terbuat dari gandum, bukan terigu 😊). Jadi deh. Opor makaroni tanpa santan, di ganti sama susu formulanya sikecil. Rasanyanya gurih manis. Si kecilpun lahap makannya.

2 porsi
30 menit