Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam yang Menggugah Selera

Dipos pada January 25, 2022

Opor Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor Ayam yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam yaitu 1 ekor ayam. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 18 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 kg ayam, tambah kan air jeruk nipis agar tidak amis
  2. Bumbu Halus
  3. 12 butir bawang merah
  4. 12 butir bawang putih
  5. 10 butir kemiri
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sdt merica
  8. 1 sdt ketumbar
  9. 1 cm kunyit
  10. Bumbu lain
  11. 4 batang serai (geprek)
  12. 2 cm lengkuas (geprek)
  13. 5 lembar daun jeruk
  14. 5 lembar daun salam
  15. Santan
  16. Garam
  17. Gula
  18. Kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Tumis semua bumbu jadi satu, biarkan hingga berubah warna (matang)
Opor Ayam - Step 1
Opor Ayam - Step 1
2
Masukan ayam aduk2 hingga agak berubah warna (kurleb 10 menit), tambah kan air biarkan hingga matang
Opor Ayam - Step 2
3
Tambahkan santan kental sambil diaduk perlahan, biarkan bbrp menit kemudian tambahkan garam, gula dan kaldu. Aduk perlahan agar santan tidak pecah, bila sudah matang siap disajikan, taburkan bawang goreng.
Opor Ayam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat Opor Lebaran part #1

Ketupat Opor Lebaran part #1

Lebaran tahun ini ngga mudik, jadi bikin ketupat opor biar kerasa suasana lebaran di kampung halaman! Karna ada banyak komponen (ketupat, opor, sambal goreng kentang, bubuk opor) part #1 ini saya sharing resep opor nya yaa 🙏

6 porsi
Opor Ayam Tanpa Santan

Opor Ayam Tanpa Santan

Menyempurnakan suasana lebaran menu opor ini sudah jadi tradisi orang Indonesia. Kemarin sudah habis opor dari satu ekor ayam, dan mau lagi tapi yg kali ini saya tidak pakai santan supaya mengurangi rasa bersalah karena makan yang banyak kolesterol sebelumnya. Bumbu juga tidak saya tumis biar tidak terlalu berminyak juga sebab ayam kalau direbus juga akan mengeluarkan minyak.

10 porsi
176. Opor Jawa Ayam Kampung

176. Opor Jawa Ayam Kampung

Masak ini keburu-buru, alarm udah dinyalain gak denger saking errornya ni badan 😆. Jadinya gak sesuai step, step asli biasa suka ditumis dulu bumbunya baru diungkep ayamnya sampai empuk+santan encer, mirip di resep ayam opor bumbu komplit.

Ayam Opor Lebaran

Ayam Opor Lebaran

Hai cookpaders... bulan Ramadhan telah berakhir, besok semua umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri, saya n keluarga besar mengucapkan mohon maaf lahir n bathin... Saya non muslim tapi setiap hari Raya Idul Fitri , kami sekeluarga selalu ikut serta menyiapkan masakan lebaran, ada ayam opor, rendang, sambal buncis, celimpungan n sambal cengek , tidak ketinggalan ketupat n lontong daun 😋😋😋

8 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Suka banget opor ayam dan mumpung ada sedikit ayam langsung eksekusi aja

3-4porsi
Opor gosong ala dapur sofie

Opor gosong ala dapur sofie

Opor gosong adalah istilah dari opor bakar. Opor gosong adalah makanan khas dari kudus yang merupakan salah satu makanan kegemaran dari sunan kudus. Opor gosong yang saya buat merupakan perpaduan dari opor uyuhan dan opor ayam pada umumnya #TiketMasukGoldenApron3

4 porsi
2 jam
Opor Ayam Edisi Idul Adha

Opor Ayam Edisi Idul Adha

Hallo sahabat cookpad, Selamat Hari Raya Idul Adha, cieee banyak yg lagi pada nyate nyate nih. Sambil nemenin yg lagi bakar bakar nih,, mau berbagi olahan daging ayam yg kebetulan lagi ada program #BancakanOnlineBarengCookpad #upistarecipe #Cookpad_id #PejuangGoldenApron3 #Cookpadsubang #eBook #Celemek

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Fav ibuk nih . jadi sering banget masak ini

20-35 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Menu yang wajib ada saat lebaran..kali ini masaknya pakai ayam kampung dan kuah kuningnya gak terlalu banyak.jadi agak keliatan kering dengan bumbu-bumbunya sangat meresap didaging ayamnya.makannya pakai ketupat enak banget..#selamatmenikati

5 porsi
50 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Kalo liat opor ayam pasti inget lebaran Menu wajib saat lebaran ini kalo di masak diluar waktu lebaran tetep aja berasa kek lagi lebaran hehe Kali ini aku mau buat opor ayam dengan kuah kental #PejuangGoldenApron3 #SetorResep #DiRumahAja #MasakOnline #MasakItuMudah

Opor Ayam

Opor Ayam

suami minta opor ayam di salah satu menu makan siang

Opor Kuning Ayam

Opor Kuning Ayam

8 porsi
45 menit
Opor Ayam Nanas

Opor Ayam Nanas

Selamat lebaran 🙏

4 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung dan Telur

Opor Ayam Kampung dan Telur

Latepost, beberapa hari yang lalu masak opor ayam kampung dan telur. Alhamdulillah enaak.. ayamnya empuuk, santannya gurih dimakan sama nasi anget dan sambel korek yang pedasnya menyengat. Teruss siangnya dimakan sama lontong, jadi lontong opor berasa udah lebaran 😅😍 berikut resepnya:

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ikut menikmati moment idul fitri. Krn msh dirmh saja,jd pesan ditukang sayur yg biasa lewat depan rumah,ayam kampung.maunya bikin soto ehhh malah jadi opor ayam🙂.

Opor ayam kuah merah

Opor ayam kuah merah

Berhubung moment2 lebaran akhirnya kita buat opor ayam

5-6 porsi
1 jam