Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Sayap Ayam yang Menggugah Selera

Dipos pada February 28, 2022

Opor Sayap Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Sayap Ayam yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Opor Sayap Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Sayap Ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Sayap Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Sayap Ayam adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Opor Sayap Ayam diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Sayap Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Sayap Ayam memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Sayap Ayam:

  1. 8 potong sayap ayam
  2. 6 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 4 butir kemiri
  5. 1 bungkus santan kara (ukuran kecil)
  6. secukupnya garam, lada bubuk, ketumbar bubuk
  7. 1 cm lengkuas, jahe memarkan
  8. 1 cm kunyit (untuk merebus ayam)
  9. 1 sdm minyak untuk menumis
  10. secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Opor Sayap Ayam

1
Cuci ayam sampai bersih. Rebus kurleb 20 menit sampai ayam benar2 empuk campurkan kunyit dan garam yg sudah dihaluskan (agar ayam tdk amis).
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, lada bubuk, ketumbar bubuk. Tumis bumbu yg sdh dihaluskan sampai harum tambahkan lengkuas dan jahe yg sdh dimemarkan.
3
Masukkan ayam dan tambahkan sedikit air sampai ayam meresap kebumbu. Tambahkan santan kara masak hingga ayam benar2 empuk dan matang. Selamat mencoba ~~

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Tahu

Terik Tahu

Ini pendamping jenang lemu yang saya buat karena belum persiapan tempe semangitnya jika mau masak sambal tumpang 😊

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Biasanya bikin opor ayam yang kuahnya kuning yaa..kali ini coba yg kuah putih, bikinnya sama aja sih cuma gak pakai kunyit aja..terus kyny kalo kuah putih lebih creamy rasanya drpd kuah kuning..udah serasa mau lebaran aja makan opor ayam..hehehe..

4 porsi
60 menit
Opor ayam putih khas Banyuwangi

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Ceritanya suami pengen banget makan masakan masa kecilnya, sedangkan di Jakarta gak pernah nemu ini opor ayam. Saya coba masak. Dan rasanya enak, persis kayak masakan waktu kecilnya.

8 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan yang paling di sukai keluarga besar ku.. apalagi kalau lebaran Idul Fitri masakan yang satu ini gak pernah absen selalu menemani di meja makan.. kebetulan hari ini aku kedatangan keponakan yukk biar makin erat silaturahmi nya ku buatkan masakan opor ayam di temani sambal tomat.. langsung eksekusi

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor kayaknya kalo nggak bikinan Akung, gak ada yang enak. Tiap kepengen opor, selalu nanya resepnya. Alhamdulillah rasanya bener lah. Hihihi.. Sekarang dicatet aja biar sewaktu-waktu kepengen, bisa langsung eksekusi

6 porsi
1 jam
Opor ayam kentang telur puyuh

Opor ayam kentang telur puyuh

Masak praktis untuk makan malam dan balitaku suka😄

Opor ayam bumbu rempah lengkap

Opor ayam bumbu rempah lengkap

Ini resep dari ibu ku tercinta...aku dari gadis bahkan dari SMP sudah hobby masak...namun setiap kali masak suka lupa bumbu nya...namun setelah menikah ntah kenapa sekali saja di beri tahu langsung nyerap dah tu resep :D untuk opor ayam ini aku pake resep dari ibu ku, beliau berpesan selagi bisa masak dan sehat. Masak lah buat suami, jangan biar kan suami mebikmati makanan luar yang bukan kita masak...tapi kebukti, suami ku gak suka jajan diluar. Karena sudah kenyang suguhan makanan dan cemilan yang istri nya buat kali yaa :D

5 porsi
90 menit
Opor yummy ala Dapoer Genafa

Opor yummy ala Dapoer Genafa

Dulu aq paling males yang namanya bikin opor,, Heumm denger nama menu nya aja aq udah kebayang ribet nya seperti apa 😢😢. Tapiiii sekarang Stan Stan sayur sudah menyedia kan Kelapa sekalian diperes, jadi satu langkah dipermudah...sejak itu sering bikin opor yummy sendiri. Yuk ahh cuss langsung ekskusi.

8-10 porsi
20 menit
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Ceritanya saya lagi kepengen banget makan opor ayam nih, karena jujur sejak ibu saya gerah (baca: sakit), beliau enggak pernah lagi masak opor ayam kalau Lebaran tiba 😢 Padahal masakan apapun kalau yang masak ibu pasti selalu enak, karena dimasak dengan cinta, bener kan bunda? 😊 Untuk mengobati rasa kangen saya pada opor buatan ibu, saya cari resep dari website MasakApaYa.com dan lihat ada resep opor tahu telur. Kenapa enggak pake ayam, karena sebelumnya sudah masak ayam, jadi kali ini opornya pakai tahu dan telur saja, biar beda.. Resep saya modifikasi sedikit ya..

Opor Ayam & Telur Puyuh

Opor Ayam & Telur Puyuh

Anak2 paling lahap makan kalau dimasakin opor ayam apalagi ada telur puyuhnya

Opor ayam kampung tahu tempe

Opor ayam kampung tahu tempe

Mumpung Dady dirumah pengin masak opor bun.. Suruh kasih tempe.. Karena Dady pecinta tempe 😁

4 porsi
1jam
Opor Ayam Resep Legendaris Mamah

Opor Ayam Resep Legendaris Mamah

Idul Adha, pengen masak opor. Alhasil langsung nelp mamah buat nanya resep legendaris 😂 Rasanya jangan ditanya, insyaaAllah enak, gurih, dan sehat karena aku gapake msg.

8 porsi
Opor Ayam Kampung Plus Telor

Opor Ayam Kampung Plus Telor

Dah lama pengen masak opor... baru skrg kesampean.

Opor daging telur

Opor daging telur

Daging,telur,kentang dan tahu jadi alternatif pengganti ayam buat yg lagi bosen makan ayam 😉

4 porsi
Opor ayam kampung Al aku (ala aku)

Opor ayam kampung Al aku (ala aku)

Opor ayam ini lbh sedap dan nikmat disajikan dgn taburan bawang putih goreng ,yg digerus ato diuleg kasar...aroma lbh harum, sedap ...dan nikmat

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

6 porsi
45 menit