Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor yummy ala Dapoer Genafa yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 1, 2022

Opor yummy ala Dapoer Genafa

Bagaimana membuat Opor yummy ala Dapoer Genafa yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Opor yummy ala Dapoer Genafa yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor yummy ala Dapoer Genafa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor yummy ala Dapoer Genafa ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor yummy ala Dapoer Genafa kira-kira 8-10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Opor yummy ala Dapoer Genafa diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor yummy ala Dapoer Genafa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor yummy ala Dapoer Genafa memakai 26 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dulu aq paling males yang namanya bikin opor,, Heumm denger nama menu nya aja aq udah kebayang ribet nya seperti apa 😢😢. Tapiiii sekarang Stan Stan sayur sudah menyedia kan Kelapa sekalian diperes, jadi satu langkah dipermudah...sejak itu sering bikin opor yummy sendiri. Yuk ahh cuss langsung ekskusi.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor yummy ala Dapoer Genafa:

  1. 1 ekor ayam kampung /negri, potong jadi 8/10 bagian,
  2. 1 buah jeruk nipis (ambil air nya dikasih garem balur ke daging rendem 15 menit baru dicuci bersih)
  3. 2 butir Kelapa
  4. 1000 ml air
  5. 1 sendok makan ketumbar, sangrai
  6. 1/2 butir pala
  7. 6 butir bawang merah
  8. 5 butir kemiri sangrai
  9. 8 butir bawang putih (karena sy pecinta bwg putih)
  10. 5 cm jahe
  11. 2 cm kunyit
  12. 1/4 sendok teh jintan
  13. 3 buah cabai dibuang bijinya (agar tampak cantik warna kuahnya)
  14. minyak untuk menumis
  15. 6 lembar daun jeruk
  16. 7 lembar daun salam
  17. 3 ruas besar lengkuas memarkan
  18. 2 batang serai ambil bagian putihnya dan memarkan
  19. 1 batang kayu manis,
  20. 2 buah kembang lawang
  21. 2 butir kapulaga
  22. 4 butir cengkeh
  23. 1 sendok teh kaldu bubuk
  24. 1 1/2 sendok teh garam
  25. 2 sendok makan gula merah
  26. 2 sendok makan air asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Opor yummy ala Dapoer Genafa

1
1 sendok makan ketumbar, sangrai 3 butir kemiri, 1/2 sendok teh merica bubuk 1/2 butir pala 6 butir bawang merah 8butir bawang putih 3 cm jahe, 2 cm kunyit, 1/4 sendok teh jintan , 4 buah cabai merah besar. (semua bumbu diatas 👆dihaluskan)
2
Siapkan wajan, panaskan 5 sendok makan minyak.Tumis bumbu yg sudah dihaluskan hingga harum dan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Tambahan daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai, kayu manis, kembang lawang, kapulaga dan cengkeh. Asem jawa. Aduk hingga rempah menjadi layu. 
3
Karena aq pake ayam kampung yang proses mateng nya lebih lama, sambil nunggu bumbu berwarna coklat aq masak ayam dengan panci presto sampai setengah mateng (Kira kira baru 2 menit terdengar suara gas dari presto matiin apinya)
4
Nah langkah berikutnya bumbu udah berubah warna ga pucet lagi gitu, masukin ayam kampung yang td dipresto setengah mateng, masukin ke dalam wajan yang berisi bumbu, aduk aduk ayam agar bumbu merata dan meresap ke ayam, setelah itu masukin Santen, tunggu sampai mendidih dan air nya sedikit berkurang.
5
Langkah terahir Cobain rasa nya, asin, gurih nya, terus kalo udah kira kira pas dengan Lidah kita,, mati kan kompor taburi bawang goreng.. Heumm yammmy.!bikin momo lagi

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam dan telur rebus spesial untuk anak

Opor ayam dan telur rebus spesial untuk anak

Ini masakan khusus anak2ku yg masih umur 5tahun & 3tahun, jadi sengaja masaknya ga pakai pedas / tanpa cabe2an hihihihi...

Opor ayam dan telor

Opor ayam dan telor

request sang paksuu, dia doyan bgt opor alm ibunya.. beruntung kaka ipar punya resepnyaa cuss lgsg bikinn semoga bisa ngobatin rasa kangen masakan alm ibunyaa endthaaan paksuu bilang enaaaak hampirrr miriippp rasanyaa 😘😘

Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Ceritanya lagi nyidam masak daging terik ini tadi. Cus langsung beli deh daging sapi di pasar tadi pagii.. Dan hasilnya alhamdulillah enaakk..👍

3 porsi
60 menit
Lontong opor

Lontong opor

latepost😂😂

Opor ayam sayuran

Opor ayam sayuran

Cocok Buat yg pengen masak praktis lauk lengkap dg sayurannya...

Terik tahu telur rebus

Terik tahu telur rebus

Di kampungku semarang, mereka menyebutnya " jangan terik" salah satu menu sarapan pagi, biasanya makannya pakai bubur...enak dan gampang buatnya.

Opor Ayam Lebaran Spesial

Opor Ayam Lebaran Spesial

Dikantor ada yang kepengen makan opor ayam spesial, mumpung liburan dibuatin aja, jadi bisa eksperimen di dapur untuk buka puasa dan inspirasi menu lebaran nanti ^-^

10 porsi
60 menit
Opor kepiting

Opor kepiting

Menghabiskan stock kepiting, sebelum telurnya menetas 😄😄

Opor ayam

Opor ayam

Lg kepengen opor ayam nyoba nyari resep di cookpad dan di recook hasilnya endess

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Opor ayam ala bunda rifki

Opor ayam ala bunda rifki

Ga lengkap rasanya kalo lebaran besok gak ada opor ayam....itu udah jadi tradisi di keluargaku kudu wajib ada opor ayam

Opor ayam telur simple

Opor ayam telur simple

Awal pernah buat opor dg bumbu jadi tapi hasilnya kurang mantap.. Alhasil aq cri2 resep yg simpel n aq recook dg bumbu seadanya jadilah opor istimewa n suami sukaa

Ayam panggang bumbu opor

Ayam panggang bumbu opor

Poto yg sudah dipanggang malah gak ada, keburu diserbu pasukan, alhamdulillah paa lg diungkep sempet cekrek5. Sempet diprotes bapake krn daging ayamnya lunak banget tp krn setelah makan gk ada yg nyangkut di gigi ... protes dibatalkan 😎. Hasil akhir ayam panggang agak 'basah'.

Opor ayam dan telur

Opor ayam dan telur

8 porsi
45 menit
Opor ayam susu gurih

Opor ayam susu gurih

opor ayam perdana tanpa santan berhubung idul adha biasanya suka ada opor ayam nih 😋

Opor ayam gurih

Opor ayam gurih

Menu andalan banget, memang agak ribet buat nya, krn msh jaga resep asli ny dr mbah..tapi rasa nya itu lho, sepadan sama perjuangan masak nya

Opor Ayam koe

Opor Ayam koe

Ditambah lontong atau ketupat ...hhmm serasa lebaran d ... lezat pastinya ;)

10 porsi
30 menit
Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit