Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Kuning yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 2, 2022

Opor Ayam Kuning

Bagaimana membuat Opor Ayam Kuning yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Ayam Kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Kuning bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam Kuning kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor Ayam Kuning diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuning memakai 13 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kuning:

  1. 1/2 kg ayam
  2. 2 lembar daun salam
  3. 2 batang sereh (geprek)
  4. 5 siung baput
  5. 2 siung bamer
  6. 3 butir kemiri
  7. 1 sdt ketumbar
  8. 3-4 cm kunyit
  9. 1 cm jahe muda
  10. 60 ml santan kental
  11. 2 sdt gula pasir
  12. 1 sdt garam
  13. 1 bks kaldu ayam bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kuning

1
Cuci bersih ayam lalu rebus di air mendidih 5 menit aja, buang air nya (sisakan sedikit saja) biar kuah nya nanti gak terlalu berminyak, tambahkan air lagi 500 ml lalu didihkan dengan api kecil.
2
Haluskan ketumbar, bamer, baput, kemiri, jahe dan kuNyit lalu tumis dengan sedikit minyak, bersama daun salam dan sereh, sesudah wangi matikan api lalu masukan kedalam rebusan ayam.
3
Tambahkan bumbu gula, garam, kaldu bubuk, koreksi rasa jika sudah pas masukan santan, aduk terus supaya santan tdk pecah dan ayam matang, matikan api lalu taburi bawang goreng, lalu hidangkan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam thecornerspice

Opor ayam thecornerspice

ini opor ayam paling gampang bgt yg pernah saya buat....enaakk bgt lg hasilnya...

Opor Ayam enak

Opor Ayam enak

Makan opor ngga harus lebaran aja kaan? Udah bosen sama ayam goreng? Ngga ada salahnya masak ayamnya di opor aja..gampang kok!

Opor Ayam Lezat

Opor Ayam Lezat

Suamiku adalah penggemar berat Ayam. Mulak dari Ayam panggang, ayam goreng, dan segala jenis masakan berbahan ayam. Tapi satu masakan ayam favoritnya adalah Opor ayam.

8 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Masak opor ayam gak harus nunggu hari raya. Kadang tiba-tiba aja pengen makan opor, ya masak opor..

4 porsi
50 menit
Opor ayam simple

Opor ayam simple

Karena di luar hujan, pakai bumbu yg ada di rumah saja, simple tapi tetap enak

Opor Ayam

Opor Ayam

Judulnya siih opor ayam. Tapi isinya lebih rame, ada tahu, wortel sama telur. Ini karena saya lagi pengen masak praktis, pakek bumbu jadi opor 😆 Tapi d tambahin bumbunya biar makin mantap.

5-6 porsi
20 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

1-4 porsi
30 menit
Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Pengen masak yg praktis dan anak2 suka... Di kulkas kebetulan punya ayam.....

2 porsi
30 menit
Opor Ayam Lebaran Legendaris

Opor Ayam Lebaran Legendaris

Opor ayam buatan ibuk tuh ultimate recipe nya ibuk, legendariis paraaah! Guriiih, creamy,...wah jadi pingin cepet2 lebaran. Sayangnya, Ibuk paling ogah diminta bikin menu ini dihari-hari biasa. Katanya ini menu spesial lebaran. Jadilah kalau lebaran bikinnya sepanci gede, ayamnya pejantan 2 ekor yang ginuk-ginuk, disantap dengan lontong dan sambel goreng krecek (resep menyusul) saat sarapan, lunch maupun dinner, ga bosan-bosaan.

banyak hahaha
Opor Ayam Bumbu Kuning #Bandung_RecookLeniDenyra

Opor Ayam Bumbu Kuning #Bandung_RecookLeniDenyra

Source : teh Leni Denyra Sedikit dimodif dr resep asli, ini gapake cabe soalnya biar bisa dimakan kurcil, enak empuk bgt, harusnya makan sama lontong pas bgt deh, tp berhubung ga ada pake nasi aja jadi, ditambah kentang mustofa pemberian bu Puji duhh berasa lebaran 😄👌

Nasi opor bungkus telur

Nasi opor bungkus telur

Nasi putih sering ber sisa olah lagi yuk, bisa jadi bekal seru utk anak. ini dia salah satunya.

2 porsi
10 menit
Terik Sapi Solo

Terik Sapi Solo

Terik Daging khas Solo cenderung kental& manis ya.. mungkin di daerah lain berbeda. Bisa juga dibilang menu jaman old, jd gak heran kalo disini pun jarang ada yg jual. Kecuali klo pas kondangan ini jd menu wajib. Karna orang jawa suka yg manis2.. tp klo sy jujur gak terlalu suka lauk pauk yg manis2. Suka masaknya doang tp yg makan orang rumah😄 Di resep ini sy pake hati sapi, kalo mau pake daging sapi yg has dalam yaa, biar empukk...

Opor ayam + tempe

Opor ayam + tempe

Sebenernya udh pernah coba masak ini dan aku share di cookpad tp ini resepnya lebih mantep dari yg dulu, share ulang ya 😂 resep asli dari ibu tercinta selamat mencoba 😄👍🏻

2 porsi
Terik tahu tempe cecek

Terik tahu tempe cecek

Saya sering dikirim sama temen sayur ini, dia bilang tempe sama tahu dah mau layu jd dibikin lah sayur ini, saya berpikir bener jg kadang kita sering tahu ato tempe tergolek di kulkas bingung mo di masak apa akhirnya.....aq eksekusi deh....

Terik Tahu dan Telur

Terik Tahu dan Telur

"Masakan enak dan aman itu masakan istri" setelah perut suami bergejolak karena beli terik dan bubur yang ternyata bersantan, bunda Zuma masak sendiri buburnya, sebagai pasangan yang pas buat bubur, Bunda masak juga terik tahu, telur dan tempe nya tanpa santan tentunya ^_^ Dengan masakan penuh cinta pasti bakal cepet sembuh ya sayyang ^_^

Opor Ayam

Opor Ayam

Resep ini asalnya dari mama saya/neneknya Umar...Umar doyan banget makan Opor Ayam yang rasa begini. Gak pakai penyedap rasa tapi rasanya dah haucek + wangi. Bikinnya set. Ekor doang karna yang doyan cuma saya dan Umar...Ayahnya pecinta Ayam goreng garis keras...no kuah2 🙈 Kalau saya, makannya pakai nasi anget + kecap + sambel bawang. Ntap dah 😁 (tambah bw. Goreng dikit jg boleee)

6 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Tumben2an mba maen bawain ayam mentah mngkin ad 1/2 kg.. yg gampang aj jd kefikiran d opor..mksih ayam nya mba

6 porsi
40menit
Opor ayam simple no ribet

Opor ayam simple no ribet

Hari minggu masak simple aja gak mau ribet, bahan2 pun seadanya dan ukuranpun sesuai selera aja

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Mumpung punya lontong, masak opor ayam, cuma kali ini ayamnya ayam negeri ajah, malas ke pasar beli ayam kampung, enak jugaaa....