Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam tahu yang Sempurna

Dipos pada February 28, 2022

Opor ayam tahu

Sore-sore begini enaknya membuat Opor ayam tahu yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Opor ayam tahu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor ayam tahu, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam tahu sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam tahu memakai 16 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam tahu:

  1. 1/2 kg ayam potong, goreng (kalo pake ayam kampung jgn digoreng)
  2. 4 potong tahu uk tanggung,potong menyilang
  3. 65 ml santan instan (saya pake kara)
  4. 6 bawang putih
  5. 7 bawang merah
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 1 sdm merica (bisa dikurangi soalny sy suka merica)
  8. 2 btg sere digeprek
  9. 1 cm lengkuas digeprek
  10. 2-3 cm kunyit
  11. 6-7 biji kemiri
  12. 3 lb daun salam
  13. 5 lb daun jeruk
  14. secukupnya gula, garam
  15. bawang merah goreng utk taburan
  16. secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam tahu

1
Haluskan kemiri, bawang merah, bwg putih, kunyit, merica, ketumbar
2
Tumis bumbu halus langsung dgn sereh, daun salam,daun jeruk, & lengkuas
3
Tmbh air sedikit, tunggu sampai bumbunya tanak (kalo g ditambah air gampang gosong soalnya pake kemiri)
4
Stlh bumbunya tanak, masukkan tahu & ayam.
5
Tambahkan santan & air secukupnya
6
Bumbui dg gula garam sesuai selera
7
Diamkan sampai bumbunya merasuk
8
Matikan kompor,hidangkan dg bawang merah goreng
9
Selamat memasak πŸ‘‹πŸ‘Œ

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

OPOR TT (tahu dan telur)

OPOR TT (tahu dan telur)

Dalam rangka menyajikan menu diet agar tidak bosan, maka aku buat masakan ini, oh ya opor ini minim santan ya, karena anakku sebenarnya dilarang makan santan. jadi silakan tambahkan santan sesuka anda.

5 porsi
45 menit
Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

Ketupat praktis dengan kuah opor ayam

Tiap lebaran masakan ini kudu wajib ada, biarpun saya tidak merayakan tapi biasanya saya kebagian ketupat opor dari tetangga, sekarang tetangga kebetulan ngak ada yg muslim, jadi coba bikin sendiri deh.. Soalnya udah ngak ada yang ngasih ketupat hikss hikss

4 porsi
30 menit
Opor ayam rasa nyummy

Opor ayam rasa nyummy

karena suami sangat doyan ayam, maka saya berusaha membuat resep ayam mjd istimewa namun ttp simple. Selamat me-recook

4 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

sebenarnya ini masakan hasil umi ku, masya allah emang rasanya mancepss.. Opor ini cocok tidak hanya buat lebaran aja. Ayoo bikin :)

5 porsi
Sayur Terik

Sayur Terik

Masakan berbahan tahu,tempe,daging&telur ini kalau di Semarang disebut "jangan Terik" atau Sayur Terik.selain bisa disajikan dengan nasi bisa juga disajikan bersama dengan bubur beras.selamat mencoba.

Opor ayam dan telor

Opor ayam dan telor

request sang paksuu, dia doyan bgt opor alm ibunya.. beruntung kaka ipar punya resepnyaa cuss lgsg bikinn semoga bisa ngobatin rasa kangen masakan alm ibunyaa endthaaan paksuu bilang enaaaak hampirrr miriippp rasanyaa 😘😘

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ga harus ayam kampung jg bisa lho bund pake ayam pedaging . Hehe Tp berhubung misua ga doyan ayam pedaging jd saya pake ayam kampung..

Opor Ayam Praktis

Opor Ayam Praktis

Awalnya liat abang upload foto masakan opor,, jadi pengin masak opor resep dari ibu :) , Kepoin ibu resepnya apa aja, dan waow gampang banget ternyata :D

5 porsi
Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning

Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning

Berhubung bocil lg susah makan, biasanya dibikinin beginian dia suka makannya pake lontong cuss dapur πŸ˜‰

Terik daging telur puyuh

Terik daging telur puyuh

Ini menu idul adha kmaren sbnrny, tp koq y mood gk datang" buat posting nih resep πŸ˜‘. Biarpun bersantan tp terik daging ini berasa ringan aja, krn sy pke santan encer dan dgn bumbu yg minimalis. Terik ini rasanya gurih" manis gituw, anak" syukaaak bangettt, heheh. Klo sy tetep pake si item sambel terasi mamamny, trnyta cucokk banget. Gurih, manis, pedas, komplitlah...

Opor Ayam & Telur

Opor Ayam & Telur

Pagii inii tengok2 stok dkulkas cuma tinggal ayam, mau dibikin soto betawi tp ko yahh ribet bgd harus goreng kentang, emping, dkk. Klo gk pake kyaknya kurang klopp jd puter otak sambil nunggu mata terbuka sempurnaa #masihngantuk. Ehhh keingett sama resep opor my moms yg rasanya nendangg bingitttss, smpet raguu sihh kira2 kekejar gk yah dalam waktu 1 jam masak opor tp ternyata misi terselesaikann (maklum wanita karier #hihihi) Alhamdulillah rasanya pun pecahhhhh jd pede lah klo lebaran tahun ini masak2 sndirii

Opor ayam

Opor ayam

Lebaran tahun ini tdk di kampung halaman, karena hrs menemani suami bertugas, alhasil masak opor khas jogja, biar lebarannya berbau2 kampung halaman.dan ini pertamakalinya masak opor, alhamdulillah berhasilπŸ‘Œ.

4 porsi
50 menit
Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Kebetulan hari minggu lalu ada arisan teman-teman kantor suami saya i rumah kami. Salah satu peserta arisan request dibikinkan opor ayam. Saya pesan ayam kampung 2 ekor. Niatan sih yang seekor untuk bikin opor, yang satunya lagi untuk ayam kecombrang dan asem-asem tulang ayam. Pada kenyataannya, karena ketiga anak saya antusias sekali, saya putuskan untuk menambah porsi ayam ke dalam opor menjadi satu setengah ayam untuk bikin opor, sisanya baru untuk masakan lain. Opor saya ini merupakan kreasi saya dengan menggabungkan metode memasak opor khas Sunggingan yang saya lihat di televisi serta bumbu yang saya otak-atik agar menjadi opor yang super gurih namun tidak bikin eneg. Dengan menimbang kebiasaan anak saya yang nomor dua yang sering menolak makan daging serta ada tamu arisan yang cenderung vegetarian, saya pun menambahkan telor puyuh dan kentang dalam opor saya ini. Dan hasilnya, luar biasa enak dan ayam kampungnya empuk sekali. Opornya sudah habis separuh dimakan anak-anak saya bahkan sebelum arisan dimulai. Akhirnya saya harus membeli ayam lagi untuk ditambahkan ke dalam opor saya untuk keperluan arisan.

15 porsi
180 menit
Opor ayam simple tanpa MSG

Opor ayam simple tanpa MSG

Rasa di jamin nikmat... Meski tanpa bumbu kaldu atau penyedap rasa seperti R***o dan m**ko dan lain lain....

Opor ayam (pelengkap Sego liwet)

Opor ayam (pelengkap Sego liwet)

Opor ayam bisa disajikan dengan lontong atau nasi putih/nasi liwet. Kali ini saya buat utk teman nasi liwet, biar lebih sedap dan legit.

8 - 10 porsi
30 menit