Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Rendang daging sapi yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 15, 2020

Rendang daging sapi

Hari ini saya akan berbagi resep Rendang daging sapi yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Rendang daging sapi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang daging sapi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang daging sapi sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Rendang daging sapi kira-kira 20 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Rendang daging sapi diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang daging sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang daging sapi memakai 13 jenis bahan dan 21 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Memasak rendang daging kurban di Jakarta. #5resepterbaruku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang daging sapi:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 4 butir kelapa
  3. 1 1/2 ons bawang merah
  4. 1 bongkah bawang putih
  5. 2 batang serai/sereh
  6. 20 butir cabe merah keriting
  7. 15 cm lengkuas
  8. 10 cm jahe
  9. 5 cm kunyit
  10. 2 lembar daun kunyit
  11. 3 lembar daun jeruk
  12. 2 sendok makan ketumbar
  13. 1 1/2 sendok makan garam kasar

Langkah-langkah untuk membuat Rendang daging sapi

1
Bersihkan 1 kg daging sapi dengan benar selama 15 menit atau kurang
2
Rebus 1 kg daging sapi di dalam wadah pengrebus berisi 1 liter air yang dijaga suhunya tetap 100Β°C selama 30 menit
Rendang daging sapi - Step 2
3
Angkat 1 kg daging rebus, lalu masukkan ke dalam wadah bersih. Sedangkan air bekas rebusan daging harus dibuang ke tempat pembuangan air sisa makanan, ingat membaca bismillah saat membuangnya.
Rendang daging sapi - Step 3
4
Pastikan tangan Anda sudah bersih dan siapkan juga pisau pemotong yang juga sudah bersih.
5
Potong daging rebus sesuai dengan seni memotong masing-masing, biasanya dipotong menjadi berbentuk persegi empat pipih.
6
Taruh kembali daging-daging yang sudah dipotong ke dalam wadah bersih, lalu simpan dulu sementara di dalam wadah bersih yang tertutup.
7
Parut/kukur 4 butir kelapa.
8
Pisahkan kelapa parut menjadi dua wadah: yang satu sebanyak 1 genggam tangan kelapa parut untuk disangrai dan kemudian dihaluskan, sedangkan yang satu lagi semua kelapa parut kecuali yang segenggam itu tadi untuk diambil santannya.
9
Sangrai segenggam kelapa parut sampai garing, lalu haluskan dengan menggunakan penghalus bahan makanan. Kemudian simpan di dalam sebuah wadah bersih yang tertutup.
Rendang daging sapi - Step 9
Rendang daging sapi - Step 9
10
Ambil santan dari kelapa parut yang satu lagi. Caranya: pancing santan perdana dari kelapa parut dengan secangkir kecil air panas matang, peremasan kelapa parut tahap selanjutnya yaitu dengan menggunakan air tawar matang yang tidak panas. Santan perdana dan santan pada perasan kelapa parut pada tahap yang kedua merupakan santan pati. Pisahkan santan pati ini di suatu wadah, sedangkan santan selebihnya disimpan di dalam wadah yang lain. Sebaiknya, sebelum menyimpannya, panaskan terlebih dahulu.
Rendang daging sapi - Step 10
Rendang daging sapi - Step 10
11
Kupas bahan-bahan masak yang perlu dikupas seperti: bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, kunyit, lalu basuh sampai bersih.
Rendang daging sapi - Step 11
12
Pisahkan cabe merah keriting dari topi/kelopaknya, lalu basuh hingga bersih.
13
Haluskan lengkuas, jahe, dan kunyit di sebuah tempat penghalusan bahan makanan, lalu masukkan dan haluskan cabe merah keriting bersama dengan garam kasar, kemudian masukkan dan haluskan bawang merah dan bawang putih. Haluskan bahan-bahan tersebut sampai halus dan merata satu sama lain. Simpan bahan-bahan yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam suatu wadah bersih yang tertutup.
14
Basuh ketumbar hingga bersih lalu haluskan. Simpan di dalam wadah tempat penyimpanan bumbu halus yang sebelumnya.
15
Geprek serai di tempat bekas menghaluskan bahan makanan yang sebelumnya. Lalu jadikan ia ibarat kuas yang menyapu bahan-bahan halus yang masih tersisa di tempat penghalusan bahan makanan tadi. Lalu angkat dan simpan serai dan bahan-bahan makanan yang disapu dengan kuas serai tadi ke dalam wadah bahan halus yang tadi.
16
Tumis semua bahan-bahan masakan yang sudah dihaluskan tadi kecuali kelapa parut sangrai yang sudah dihaluskan dan disimpan di dalam wadah yang terpisah dengan bahan halus yang lain. Tumis dengan dua sendok makan minyak sayur selama tiga menit di dalam sebuah kuali. Akhirkan memasukkan serai, daun kunyit, dan daun jeruk atau ini dilaksanakan setelah memasukkan daging.
17
Masukkan daging ke dalam kuali tempat menumis bahan-bahan masakan tadi. Masukkan serai, daun kunyit, dan daun jeruk apabila sebelumnya belum jadi dimasukkan.
Rendang daging sapi - Step 17
18
Masukkan santan pati ke dalam kuali yang berisi tumis dari bahan-bahan masak bersama dengan daging tadi. Masak secara merata hingga 7 menit.
Rendang daging sapi - Step 18
19
Masukkan dan masak santan encer secara 3 kali tahapan selang 5 menit masing masing setengah liter selama 7 menit.
20
Masukkan kelapa parut sangrai yang sudah dihaluskan di saat sebelumnya sebanyak dua sendok ke dalam kuali tadi. Masak.
Rendang daging sapi - Step 20
Rendang daging sapi - Step 20
Rendang daging sapi - Step 20
21
Masak terus hingga rendang jadi.
Rendang daging sapi - Step 21
Rendang daging sapi - Step 21
Rendang daging sapi - Step 21

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Daging rendang padang

Daging rendang padang

Yumyyyy 😍😍😍 Kesabaran anda akan di uji , untuk membuat masakan ini #5resepterbaruku

90 menit
Rendang Nangka muda

Rendang Nangka muda

Saya lagi pingin makan rendang sapi,tapi kan suami vegetarian masa iya saya makan sendiri saja ? terinspirasi dari rendang vegan buatan temen yg punya catering dan salah satu resep rendang sapi dicookpad saya kombinasikan... tadaaa terbuatlah rendang versi vegetarian berbahan dasar nangka tapi bumbunya sy pake bamboe bumbu rendang instant masih cheating hehehhe..belum Coba bikin Bumbu dari nol .semoga lain kali bisa bikin Bumbu rendangnya dari nol.

Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

Rendang padang ini adalah resep turunan dari keluarga saya. Rasa pedesnya pas dan enak. Ini menu wajib buat lebaran diranah minang.

Rendang Daging Sapi (Empuk dan Praktis)

Rendang Daging Sapi (Empuk dan Praktis)

Siapa sih yang nggak pingin bisa menaklukkan untuk masak, makanan yang dinobatkan sebagai masakan paling enak nomor #1 di dunia? Tapi males karena tahapannya ribet dan panjang? Yaa! Berikut merupakan resep modifikasi saya untuk Rendang Daging Sapi. Versi lebih praktis (menurut saya) dan daging kali ini memang empuk, tapi tidak hancur menjadi bubur ketika dimasak! Hehe. Selamat mencoba 🀩❀️ #RendangDaging #RendangDagingSapi #RendangEmpuk #RendangPraktis

Rendang daging kering

Rendang daging kering

Rendang makanan favorit... Ada daging dikulkas....enak dibikin rendang ajaa....buat bekal anak

Rendang Kentang Telur

Rendang Kentang Telur

Daging sapi mahal banget, pengen makan rendang gimana dong? Ya buat rendang Kentang telur saja, cukuplah. #berburucelemekemas #resolusi2019

Rendang Jengkol Padang Pedas

Rendang Jengkol Padang Pedas

#BerburuCelemekEmas #resolusi2019 #cookpadcommunity_tangerang #cookpadcommunity_id #PekanInspirasi #Pekan_Padang Rendang yang dikenal masyarakat Indonesia dan dunia secara luas kebanyakan hanya rendang daging. Padahal, jenis rendang di berbagai daerah di Sumatera Barat memiliki keragaman tersendiri dalam mengolah rendang. Dari catatan Badan Pelestarian Budaya Padang (BPNB) setidaknya ada 11 jenis Rendang. Salah satunya rendang jengkol ini atau kalio jengkol. Redang dengan bahan dasar jengkol ini, tidak dimasak kering seperti rendang lainnya. Rendang jengkol ini, biasanya dimasak dengan cara memasak kalio. Di daerah Sumatra Barat sendiri, menurut catatan BPNB Padang kalio jengkol, atau lebih dikenal dengan kalio jariang ini sangat diminati.Β Dengan kuah kental, bumbu rempah yang terasa, jengkol yang gurih dan sedikit sensasi pedas, sudah pasti Anda tergiur untuk menyantapnya. (source : saribundo.biz) Tips : mengurangi bau jengkol aku rebus dengan menambahkan bubuk kopi didlm rebusan jengkol. Setelah jengkol empuk dan matang tiriskan dan bilas bersih lalu rebus kembali. Hingga jengkol bener2 empuk.

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Request ibu2 dan Bapak Pengajian...minta Rendang tapi dari Ayam kampung, ngambil resepnya @selerarasa dan dimodifikasi

15 Porsi
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Favorite keluarga

5pp
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Makannya pake nasi anget pasti nambah deh (masaknya gampil beud) #siapramadhan #siapramadan

Rendang/ kaleo teri jengkol

Rendang/ kaleo teri jengkol

#siapramadan #murahmeriah

Rendang Presto Pukmpuk

Rendang Presto Pukmpuk

Kesukaan c Cikal

5 orang
15 Menit
Rendang Telur

Rendang Telur

#AntiRibet #siapRamadan Rendang telur ini bisa disimpan di frezer kuranglebih 3hari sampai 5hari. Cocok buat yang punya banyak kesibukan dan ga mau ribet didapur. Ribet nya sekali simpelnya berhari-hari.

25menit
Rendang daging

Rendang daging

Masak rendang itu banyak versinya ya. Naaah untuk resep rendang yg saya masak adalah resep andalan dr mama tercinta yg menurut anak2nya terbest dr semua rendang. Jd balik lg ke selera masing2 yaa. Asalkan dimasak dgn cinta, pasti rasanya bakal dikangenin sm seisi keluarga... . #ResepPertamaku

Rendang kering

Rendang kering

Mau ngirim ke tempat jauh harus gini nih. Butuh ekstra kesabaran banget

2-3 jam
Rendang jengkol simpel

Rendang jengkol simpel

Sebenarnya ini resep dari ibu mertuaku. Biasanya dia yang selalu bikin rendang ini karena suamiku doyan banget, termasuk Q & 2 anak ku juga doyan si πŸ˜€. Hati hati buat yang lagi diet karena kalo masak ini bisa ngabisin nasi 1 magic com lho. Hihi. Saya masak ini beberapa hari yang lalu jadi lupa ngga sempet foto prosesnya. InsyaAllah lain kali kalo bikin lagi Q tambahin foto2 prosesnya biar tambah lengkap 😊 Alhamdulillah ini hasil masakan ku pas seperti bikinan ibu mertua πŸ˜€ #5resepterbaruku

4 porsi
20 menit