Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Rendang Jengkol Padang Pedas yang Lezat

Dipos pada February 12, 2020

Rendang Jengkol Padang Pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol Padang Pedas yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Rendang Jengkol Padang Pedas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol Padang Pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang Jengkol Padang Pedas di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol Padang Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol Padang Pedas memakai 20 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#BerburuCelemekEmas #resolusi2019 #cookpadcommunity_tangerang #cookpadcommunity_id #PekanInspirasi #Pekan_Padang Rendang yang dikenal masyarakat Indonesia dan dunia secara luas kebanyakan hanya rendang daging. Padahal, jenis rendang di berbagai daerah di Sumatera Barat memiliki keragaman tersendiri dalam mengolah rendang. Dari catatan Badan Pelestarian Budaya Padang (BPNB) setidaknya ada 11 jenis Rendang. Salah satunya rendang jengkol ini atau kalio jengkol. Redang dengan bahan dasar jengkol ini, tidak dimasak kering seperti rendang lainnya. Rendang jengkol ini, biasanya dimasak dengan cara memasak kalio. Di daerah Sumatra Barat sendiri, menurut catatan BPNB Padang kalio jengkol, atau lebih dikenal dengan kalio jariang ini sangat diminati. Dengan kuah kental, bumbu rempah yang terasa, jengkol yang gurih dan sedikit sensasi pedas, sudah pasti Anda tergiur untuk menyantapnya. (source : saribundo.biz) Tips : mengurangi bau jengkol aku rebus dengan menambahkan bubuk kopi didlm rebusan jengkol. Setelah jengkol empuk dan matang tiriskan dan bilas bersih lalu rebus kembali. Hingga jengkol bener2 empuk.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol Padang Pedas:

  1. 500 gr jengkol
  2. 1 sdm kopi hitam
  3. 100 ml santan kental
  4. 800 ml santan encer
  5. 1 lembar daun kunyit, sobek2 (lg ga ada jd ku ganti daun salam)
  6. 1 ruas lengkuas, peprek
  7. 2 batang sereh, peprek
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. secukupnya Garam, gula dan vetsin
  10. Bumbu dihaluskan :
  11. 10 siung bawang merah
  12. 5 siung bawang putih
  13. 1 sdt lada bubuk
  14. 1 sdt ketumbar bubum
  15. 4 buah cabe merah besar
  16. 5 buah cabe rawit merah
  17. 10 buah cabe rawit hijau
  18. 4 butir kemiri
  19. 1 ruas kunyit
  20. 1 ruas jahe

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol Padang Pedas

1
Rebus jengkol + kopi + sedikit garam. Rebus hingga air rebusan sedikit menyusut. Angkat lalu cuci bersih jengkol dan rebus kembali hingga mendidih. Angkat dan tiriskan. Bersihkan kulit jengkol yg msh menempel. Belah 2 jengkol lalu geprek perlahan dengan menggunakan ulekan. Lakukan hingga habis. Sisihkan.
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 1
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 1
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 1
2
Tumis bumbu halus + daun jeruk + sereh + lengkuas + daun salam. Masak hingga bumbu harum dan mengeluarkan minyak. Masukkan jengkol, aduk hingga rata.
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 2
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 2
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 2
3
Beri santan encer, aduk2 hingga santan mendidih. Beri garam + gula + vetsin. Tes rasa. Masak hingga kuah santan menyusut tinggal sedikit. Terakhir masukkan santan kental. Aduk hingga rata, masak hingga kuah mengental. Angkat dan hidangkan.
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 3
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 3
Rendang Jengkol Padang Pedas - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang gulai nenek belibis

Rendang gulai nenek belibis

Resep ini adalah resep keluarga. Di buat saat Lebaran #siaplebaran

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Ngerendang lagi lebaran tahun ini sebagai temen ketupat ma opor sambal goreng #siaplebaran

Rendang presto

Rendang presto

Ceritanya mau bikin rendang buat sahur anak gadis. Tapi gk mau ribet kelamaan didapur. Ya sudah di presto aja biar cepet empuk nya😂.. Gk usah nunggu2 berjam2.. #berburucelemekemas #resolusi2019 #rendang #siapramadan #antiribet

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep kesukaan anak2 😋 and pastinya kesukaan suami. 😍

Rendang daging

Rendang daging

Rendang merupakan makan favorit semua org...termasuk keluarga saya..kali ini saya cb bagi resep keluarga saya 😁

Rendang ayam #pr_mamakkusayang

Rendang ayam #pr_mamakkusayang

meski kami bukan orang padang 🙊 tp masakan rendang ala mama aku ini teopebegete 🤣 alias top banget 👍 perpaduan bumbu instan dgan bumbu ulek nya itu loh, bisa plek banget ambek rasa ne rendange ruma makan padang 😋🤤 kali ini aku make versi ayam yaa guys, mw di ganti sapi bole, telur pun juga ok 👌 masakan kesukaan mamak ku, spesial aku masakin utk mamak ku dalam acara peer paders kali ini 😄 #pr_mamakkusayang #madebyjihansungkar #jihanmustofasungkarcookpad #cookpad_paders #komunitaspaders #cookpadcommunity #cookpadcommunity_solo #cookpadersjawabali #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovers #clovercookinglover

Rendang

Rendang

Met siang... Seperti kita ketahui masakan rendang ini berasal dari masakan khas sumatera barat. Rendang ini banyak disukai dari berbagai kalangan. Saya masak rendang ini dapat resep dari mama saya yg asli orang minang. Di keluarga besar saya masak rendang saat menjelang bulan puasa ramadhan, hari raya idul fitri, idul adha & moment2 tertentu. Insya Allah besok kami & umat muslim di indonesia & seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan. Mohon maaf lahir & bathin.. #cookpad #cookpadindonesia #berburucelemekmas #cookpadcommunity_bekasi #warisankulinernusantara #pekan_sumbar

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Biasanya itu rendang daging atau ayam nah kali ini cobain aja jengkol yang dibuat rendang. Ternyata enak banget 🤭

Rendang

Rendang

😋

"Rendang jengkol"Bumbu instant

"Rendang jengkol"Bumbu instant

Suuka' banget ama menu yg satu ini,tp q lebih suka yg simple2 aja bumbunya.meski agak lama prosesnya tapi tetep endes lah pokoknya!!!😅😅😅

Rendang Daging Sapi (instan)

Rendang Daging Sapi (instan)

Yang gak mau ribet boleh dicoba 😉 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Tempe Bacem Rendang

Tempe Bacem Rendang

Pejuang Golden Apron 2

Rendang indofood plus😁

Rendang indofood plus😁

Ada stok daging sapi d kulkas,, trs paksu request pengen rendang☺mls2 jga yaa krn permintaan suami,, mna bisa kita nolak😄krn apa?? Satu ribet dan kdua lama😅Tp demi suami tercinta,, apapun dilakukan.. Bener gaa mom??😚

10porsi
Rendang Daging

Rendang Daging

Rendang spesial buat keluarga, rasanya nendang, tapi tidak terlalu pedas, enak dipadukan dengan ketupat, dan kuah santan, selamat lebaran.

4 porsi