Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara yang Enak Banget

Dipos pada February 25, 2022

Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara biasanya untuk 7-10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Selalu suka opor ayam buatan mama. Praktek ngikutin resep warisan berbuah kelezatan tiada tara 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara:

  1. 1 ekor Ayam, dipotong 8-10 potong
  2. 1/2 butir Kelapa parut
  3. Bumbu rebusan ayam :
  4. 1 jempol Jahe keprek
  5. 3 lembar Daun salam
  6. 1 sdt garam
  7. Bumbu tumisan :
  8. 1/2 jempol Jahe
  9. 1/2 butir Pala
  10. 1/2 sdt jinten
  11. 1/2 sdt lada halus
  12. 1/2 ujung kelingking kunyit digoreng
  13. 2-3 butir kemiri digoreng
  14. 8 siung besar bawang putih
  15. 1 batang sereh geprek
  16. 1 jempol lengkuas geprek
  17. 3 lembar daun salam
  18. 1 sdm garam
  19. 3 lembar daun jeruk
  20. 4-5 siung bawang merah dirajang dan digoreng utk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Maknyuss Warisan Nusantara

1
Cuci bersih ayam, rebus dengan air secukupnya beserta garam, jahe dan daun salam selama 10-15 menit, sisihkan, buang airnya.
2
Haluskan bawang putih, jahe, jinten, kunyit, kemiri, pala, lada halus lalu tumis bersama sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas dengan minyak secukupnya hingga harum lalu tambahkan air secukupnya.
3
Setelah mendidih, masukkan ayam dan biarkan 15-20 menit sambil diaduk sesekali hingga bumbu meresap dan air agak zat.
4
Masukkan santan hingga wajan agak penuh, aduk2 hingga mendidih, tambahkan garam dan koreksi rasa. Sajikan dengan taburan bawang goreng. Opor ayam maknyuss warisan nusantara pun siap disantap 😍

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor AyamπŸ” Kampung

Opor AyamπŸ” Kampung

Karena melihara banyak ayam kampung kalau gag menikmati rasa kurang gimana gitu terus sekali kali lah potong ayam buat lauk si kecil Alika . . .

10 orang
Opor Jantung Pisang #SeninSemangat

Opor Jantung Pisang #SeninSemangat

21.05.18 Menu ini bisa jadi alternatif bagi yang sibuk.. dimasak malam setelah tarawih, lalu tinggal panasin ketika waktu sahur tiba.. makin dipanaskan, makin enak rasanya dan bisa bertahan 2 hingga 3 hari.. selamat mencoba #BikinRamadanBerkesan 😘 PS: untuk cara mengolah jantung pisang agar siap masak, saya belajar dari tips nya mba Fit Ria ya πŸ˜‰

banyak
Opor Ayam Campur #Bandung_recookSenyRoss

Opor Ayam Campur #Bandung_recookSenyRoss

Setor arisan recook resepnya teh Seny Ross😘 Tp di resep ini bumbunya udah aq tambahin sesuai selera aq...πŸ™πŸΌβ˜ΊοΈ Maafkan publish nya ketelatan... Tp foto recook dah tayang duluan koq...πŸ˜…

Opor ayam dan telur

Opor ayam dan telur

Recook dari bunda kiana. Enak rasanya pass dilidah... Krn utk anak2 sy pakai ayam dada tanpa kulit, jd kuahnya tdk terlalu oily..

Opor Ayam Bumbu Simple

Opor Ayam Bumbu Simple

Sempat berpikir kalo masak opor itu susah dan ribet, ternyata mudah dan simple πŸ˜†

#3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ”

#3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ”

#BikinRamadhanBerkesan Suami suka sekali opor ayam kampung. Sy bikin dg kuah agak banyak karena Papa Mertua sudah sepuh dan senang dg masakan berkuah. Kalo makan dg menu ini mereka makan lahap sekali.. hehe πŸ˜† Reshare: original recipe by Ragiel Roro Wiyatea

Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Emang lebaran aja yg boleh masak opor? Hari biasa juga oke kok, apalagi buat sarapan pas harinya mendung-mendung kelabu. Ga ribet, dijamin!

5-6 porsi
Opor Daging Labu

Opor Daging Labu

Ini salah satu favorit anak-anak, jika ingin tampilan lebih merah bisa tambahkan cabe dan setengah buah tomat besar yg dihaluskan beserta bumbu halus.

Opor Ayam #BikinRamadhanBerkesan

Opor Ayam #BikinRamadhanBerkesan

Beberapa hari lalu aku baru aja mudik kerumah. Pas waktu sampe rumah mama udah ready mau masak buat buka, dan mama request aku yg masak bikin opor ayam. Yaa itung itung trial buat nanti lebaran yaa πŸ˜‚ hehe. Begitu jadi udah mepet banget buka dan kebetulan aku ada temen yg kerumah jadi gak sempet fotoin dulu hasil masakannya. Waktu udah beres makan, bener-bener baru inget dan cuman tinggal 1 potong ayam dan kuahnya yg tinggal dikit yaa alhasil fotonya cuman gini aja, but alhamdulillah semua orang suka sama masakanku terutama papaku yg agak rewel kalo urusan masakan wkwk. So, dari pada banyak cerita cobain deh bikin opor ayam ala aku ini buat inspirasi masak lebaran nanti hehe Jangan luoa share recook kalian yaa Hope you enjoy ❀️

Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk)

Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk)

sampe bingung ngasih judul.. hihi. yg lain keren2 pake tema nasi dr daerah2 di seluruh nusantara. menuku cm nasi putih plus lauk harian seadanya. bnr2 blm bs bebikin yg enak2 minggu ini. blm kondusif.. krn kepengen ikutan pekan inspirasi jd lah upload seadanya gaeess... tp mnrt kami ini endes gaess,,sedep. sprt biasa selalu ada menu yg bs dimakan jagoan kecilku dan juga ada menu yg memang dibikin pedes utk emak bapaknya.. jagoanku lahap maem opornya,, Alhamdulillah.. oya utk resep tumis daun singkong teri nya udh prnh ada ya di resep saya sblmnya.Tumis Teri Daun Singkong #PR_wantureri https://cookpad.com/id/resep/5343746-tumis-teri-daun-singkong-pr_wantureri. jd nti dibawah saya hanya share resep oponya ya. semoga manfaat.. πŸ‘πŸ˜‹πŸ˜ƒ #pekaninspirasi #intipISIpiringku #cookpadcommunity_pekalongan #cookpad_id #cookpadindonesia #cookpad #cookpadcommunity #cookloverjawabali #cookingwithhearteatingwithlove

Opor ayam kampung (masak ala ingkung)

Opor ayam kampung (masak ala ingkung)

Opor dengan resep ini adalah favorit keluarga kami, dan merupakan resep dari ibunda saya tercinta 😍. Karena bumbu meresap ke dalam ayam dengan sempurna sehingga rasanya lezat sampai ketulang. Bahkan tadi mau foto-foto cantik tidak sempat karena sudah ingin dimakan 😊. Mungkin resep ini tidak umum seperti resep-resep opor lainnya, dimana perbedaan yang signifikan adalah bumbu tidak ditumis, tapi jangan kawatir rasanya lezat sekali 😊. Resep ini biasanya juga dipakai untuk membuat ingkung ayam.

Opor Ayam

Opor Ayam

4 Porsi
10. Opor Telur Ayam

10. Opor Telur Ayam

Menu berbuka dan sahur dengan opor telur ayam. Monggo 😊 #BikinRamadanBerkesan

Terik tahu putih telur

Terik tahu putih telur

Kemarin ada yg jual putih telur .. saya beli 2 kg .. akhirnya baru saya execusi☺️ anak2 pengen sayur ga pedes..

Opor ayam putih

Opor ayam putih

resep by : bunda diah didi modif by me

Dada Ayam Bumbu Terik (khas Jawa)

Dada Ayam Bumbu Terik (khas Jawa)

Makanan favorite pas KKN di Yogya :) Rasanya manis gurih. Ayam yang dipake kali ini hanya bagian dada aja supaya empuk dan gak banyak tulang-tulangnya... Note: ayamnya dikukus dulu karena saya pakai ayam broiler, untuk menghilangkan lemak ayamnya.

Opor tahu tempe ayam

Opor tahu tempe ayam

Dari kemarin pengen makan opor .. hari ni baru bisaa .. lgs cap cuss

Opor Ayam

Opor Ayam

πŸ”Ό23.11.17πŸ”Ό Makanan favorite dan paling simple deh..kalo lg kepepet buru2 masak...ya opor ayam inilah andalan saiyah πŸ˜†