Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) yang Menggugah Selera

Dipos pada February 19, 2022

Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk)

Bagaimana membuat Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

sampe bingung ngasih judul.. hihi. yg lain keren2 pake tema nasi dr daerah2 di seluruh nusantara. menuku cm nasi putih plus lauk harian seadanya. bnr2 blm bs bebikin yg enak2 minggu ini. blm kondusif.. krn kepengen ikutan pekan inspirasi jd lah upload seadanya gaeess... tp mnrt kami ini endes gaess,,sedep. sprt biasa selalu ada menu yg bs dimakan jagoan kecilku dan juga ada menu yg memang dibikin pedes utk emak bapaknya.. jagoanku lahap maem opornya,, Alhamdulillah.. oya utk resep tumis daun singkong teri nya udh prnh ada ya di resep saya sblmnya.Tumis Teri Daun Singkong #PR_wantureri https://cookpad.com/id/resep/5343746-tumis-teri-daun-singkong-pr_wantureri. jd nti dibawah saya hanya share resep oponya ya. semoga manfaat.. 👍😋😃 #pekaninspirasi #intipISIpiringku #cookpadcommunity_pekalongan #cookpad_id #cookpadindonesia #cookpad #cookpadcommunity #cookloverjawabali #cookingwithhearteatingwithlove

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk):

  1. resep opor
  2. 300 gr ayam potong (me:fillet seadanya stok kulkas)
  3. jeruk nipis
  4. 1 liter santan dr 1/4 kelapa
  5. 1 lembar daun salam
  6. 1 btg sereh
  7. 1 lembar daun jeruk
  8. bumbu halus :
  9. 1 sdt ketumbar
  10. sejumput merica butiran
  11. sekuku jari pala
  12. sejumput jintan
  13. 2 buah kemiri sangrai
  14. 1 ruas jari lengkuas
  15. sekuku jari jahe dan kunyit
  16. 2 siung bawang putih
  17. 3 siung bawang merah
  18. secukupnya gula pasir,gula jawa dan garam
  19. secukupnya air dan minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk)

1
Siapkan ayam cuci bersih kmd rendam air jeruk nipis sesat,lalu bilas dan ditiriskan.
Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) - Step 1
2
Panaskan air dlm panci stlh mendidih masukkan ayam rebus hingga mendidih kembali air kmd buang air dan tiriskan.. (proses ini krn saya pake ayam potong ya klo pake ayam kampung trk perlu)
3
Siapkan bumbu2 ulek
Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) - Step 3
4
Dan bumbu lainnya
Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) - Step 4
5
Panaskan minyak tumis bumbu hingga matang dan harum jgn lupa ktk bumbu setengah matang masukkan daunsalam daun jeruk dan serehnya.. stlh bumbu harum dan matang beri sedikit air agar tdk gosong.. tunggu hingga mendidih kmd pindah bumbu ini ke panci yg berisi santan. rebus sampai mendiih kmd masukkan ayam. bumbui gula garam penyedap jika suka. rebus sampai matang ya ayamnya.. kira2 25-30 menit bs empuk utk ayam potong biasa. sejam utk ayam kampung asli.
6
Setelah matang taburi bawang goreng dan siap dinikmati dg nasi hangat.. semoga manfaat ya..
Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) - Step 6
7
Nasi+lauk harian (opor+tumis daun singkong teri+kerupuk) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Tahu dan Telur

Terik Tahu dan Telur

Menu lauk pelengkap favorit saat makan nasi pecel.

5 porsi
25 menit
Opor ayam

Opor ayam

2porsi
Opor Ayam#Bikin Ramadhan Berkesan

Opor Ayam#Bikin Ramadhan Berkesan

Selama bulan puasa saat berbuka ataupun sahur keluarga saya lebih suka makanan yang berkuah dari pada tumis2an. Dan blm bosan dengan opor ayam maupun soto ayam. Lebih enak lagi jika opor ayam ini disajikan dengan lontong dan telor balado kentang. Opor ayam jg bisa ditambahkan dg kentang dan telor rebus.

10 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

#5resepterbaruku

Opor ayam tahu

Opor ayam tahu

Lama ga maem opor, lebih enak pake lontong. Udah nemu cara bikin lontong pake rice in bag. Next bakal ku share sementara opor dulu, 😏😏 Yukk

4 porsi
Opor ayam

Opor ayam

pengen masak yg simple ajj, buat buka puasa skalian buat sahur😁😁

Opor Ayam Gampang

Opor Ayam Gampang

seneeeennnggg banget karena akhirnya memberanikan diri masak opor.. kirain susah, ga tau nya mudah.. resep asli dr mba Eviera..

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Bismillah Anak2 suka sekali makan opor, lahap makannya kalau dimasakin opor, apalagi opor ayam kampung, guriiiiiiihhh... Bikin yuk di dapur kita sendiri...

Opor Ayam

Opor Ayam

4 Porsi
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Sejujurnya yang almarhum ibu saya ajarkan opor ayam itu kuahnya putih saja. Tapi karena saya tipe orang yang suka mengutak ngatik resep jadi saya modifikasilah resep ibu itu.

Opor Ayam Simpel ala MamaIzzan

Opor Ayam Simpel ala MamaIzzan

Sekalian buat ank makan kita buat opor ayam yuk... 😊😘

Opor ayam mama ela

Opor ayam mama ela

#5resepterbaruku

Opor ayam

Opor ayam

Kalo masak ini, anak lanang maem nya lahap sekali..

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Karna suami doyan makan tiap hari pasti aku nanya "mau dimasakin apa? Eehhmmm.. opor ayam aja deh! Opor ayam???.. hadeuh apa daya aku yang masih baru belajar masak 😏😀, okaayyy masak opor ayam.. sambil dalem hati Bismillah moga jadi dan rasanya opor ayam.. wkwkwkw🍗🍗😂😂

Opor ayam pedas

Opor ayam pedas

5 porsi