Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” yang Sempurna

Dipos pada February 18, 2022

#3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ”

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ”, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#BikinRamadhanBerkesan Suami suka sekali opor ayam kampung. Sy bikin dg kuah agak banyak karena Papa Mertua sudah sepuh dan senang dg masakan berkuah. Kalo makan dg menu ini mereka makan lahap sekali.. hehe πŸ˜† Reshare: original recipe by Ragiel Roro Wiyatea

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ”:

  1. 1 ekor ayam (ukuran sekitar 1,3 kg)
  2. 1000 ml santan (dari satu butir kelapa)
  3. 700 ml air untuk merebus
  4. 5 lembar daun salam
  5. 3 batang sereh, digeprek
  6. 1 ruas lengkuas, digeprek
  7. Bumbu halus
  8. 10 siung bawang merah
  9. 7 siung bawang putih
  10. 2 sdm ketumbar
  11. 1 sdm merica
  12. 3 butir kemiri sangrai
  13. 1 ruas jahe (kurleb 3cm)
  14. 1 ruas kunyit (kurleb 3cm)
  15. Secukupnya garam dan gula pasir
  16. Secukupnya minyak goreng
  17. Secukupnya air untuk merebus ayam pertama kali

Langkah-langkah untuk membuat #3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ”

1
Cuci bersih ayam. Masukkan ayam ke dalam air mendidih, rebus kurleb 15 menit. Selain untuk menghilangkan minyak/lemak dan bau anyir juga supaya ayam lebih empuk. Angkat, tiriskan.
#3 Opor Ayam Kampung 3L (Lunak Lembut & Lezat) πŸ” - Step 1
2
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan daun salam, sereh dan lengkuas.
3
Masukkan ayam,aduk, diamkan sebentar kemudian tambahkan air.pastikan ayam terendam semua.masak hingga air menyusut dan ayam lebih lunak. Jika ayam masih keras dapat ditambah air lagi ya. Tutup dg tutup panci ya.
4
Masukkan santan, setelah mendidih masukkan garam dan gula pasir. Koreksi rasa jika sudah pas angkat dan sajikan. Lebih nikmat dg taburan bawang goreng yaa..
5
Selamat mencoba 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

pengen masak yg simple ajj, buat buka puasa skalian buat sahur😁😁

Sayur Opor Daun Singkong

Sayur Opor Daun Singkong

Seperti biasa pagi pagi masak yang gampang. Yuk mari masaaaak

Ayam kampung Opor kuning

Ayam kampung Opor kuning

Masakan khas dapur ku wkwkw

5porsi
Opor Telur Puyuh #Ketopad_CP_Telur

Opor Telur Puyuh #Ketopad_CP_Telur

Telur puyuh ini gizinya tidak kalah dengan telur ayam atau bebek, banyak orang tidak mau makan telur puyuh karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, tapi untuk para ketowarior ini salah satu sumber lemak yang harganya murah meriah, resep saya yang ke tiga saya setor ini 😊

Opor ayam nanas (khas palembang)

Opor ayam nanas (khas palembang)

Opor yang bener2 sesuai dengan apa yang ada di bayangan😊, bener2 mantab (Source:: Nova rilandari)

3 porsi
45 menit
Opor Telur Gurih

Opor Telur Gurih

Cuma iseng bikin ini, alhamdulillah enak.

Opor Ayam

Opor Ayam

Masakan simple yang bisa buat nasi di rice cooker gak bertahan lama. Anak-anak pasti lahap makannya

Opor ayam ala ala

Opor ayam ala ala

cerita nya anak ku hmpir tiap hri makan ikan soal ny yg pling gmpang dan bnyak yg d kliling ikan laut mklum daerah ku dkat pntai hr ini dia minta msak ayam trs kpiran udah lama gak masak opor ayam jdi lah menu hari ini opor ayam ala all

10 porsi
Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan

Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan

23.mei.18 #bikinramadhanberkesan Opor ayam favoritnya anak2 mau gulai mau soto bumbunya yg lengkap ank suka banget ap lagi mknnya pake lontong. Bisa betambah2 makannya...lahaaap bgt. Kali ini nyobain resep tmn2 cookpad. Source:

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Sejujurnya yang almarhum ibu saya ajarkan opor ayam itu kuahnya putih saja. Tapi karena saya tipe orang yang suka mengutak ngatik resep jadi saya modifikasilah resep ibu itu.

Opor tempe telur ceplok praktis ala anak kos

Opor tempe telur ceplok praktis ala anak kos

Edisi pingin opor tapi bukan opor ayam

Opor ayam tahu kuah kuning

Opor ayam tahu kuah kuning

Opor ini temennya sm sambal terong bakar td

Terik daging dan telur

Terik daging dan telur

Masakan berkuah dengan citarasa gurih menggoda...cocok untuk anak2 karena tidak pedas....bagi yg suka pedas, nikmati masakan ini dengan sambal terasi dan sepiring nasi putih hangat....wuissshhh...nikmat banget, selamat mencoba 😊

Opor ayam (menu anak)

Opor ayam (menu anak)

Gegara liat menu papinya ayam rica si anak minta ayam rica juga yg gak pedes(piye carane) rica gak pedes..udah dimasakin opor ayam aja kebetulan gak punya kunyit pas mau buat kari..πŸ˜‚jd ayamnya di giniin aja..yuk cus bunda cantik..

Opor Ayam Ala Madura

Opor Ayam Ala Madura

Bismillahirrohmanirrahiim, Resep ini merupakan resep warisan asli keluarga Madura dari Almh. Ibu mertua tercinta, salah satu makanan favorit suamiku. Menikmati makanan ini mengingatkan kembali akan lezatnya masakan almh. ibu, begitu kata suamiku... Suamiku lebih suka kuahnya cenderung berwarna merah, berasal dari warna cabe keritingnya, selamat mencoba resep ini semoga dimudahkan Allah dalam membuatnya... aamiin