Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam ala #DapoerVirgie yang Enak Banget

Dipos pada February 27, 2022

Opor Ayam ala #DapoerVirgie

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor Ayam ala #DapoerVirgie yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor Ayam ala #DapoerVirgie yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam ala #DapoerVirgie, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam ala #DapoerVirgie enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam ala #DapoerVirgie adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam ala #DapoerVirgie sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam ala #DapoerVirgie memakai 13 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

First time I made this, specially for my husband❤

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam ala #DapoerVirgie:

  1. 250 gram Ayam (pilih bagian dada)
  2. 10 buah Tahu Kuning (yang kecil)
  3. 5 butir Kemiri (cuci ya)
  4. 3 siung Bawang Putih (kupas, cuci ya)
  5. 1 ruas Kunyit (kupas, cuci ya)
  6. 1 tangkai Serai (geprak kalo bisa, aku gak bisa geprak, hehe)
  7. 3 lembar Daun Salam (cuci ya)
  8. 10 lembar Daun Jeruk (cuci iris)
  9. 3 gelas Air
  10. 1 bungkus Santan (aku pakai Kara)
  11. 1 bungkus Penyedap (aky pakai Royco Ayam)
  12. 1 bungkus Bawang goreng yg udah jadi aja hehe
  13. Secukupnya Garam & Gula

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam ala #DapoerVirgie

1
Cuci Ayam & Tahu yang bersih, lalu rebus ayam di wadah yang beda hingga empuk. Lalu tiriskan tahu, potong dibagi 2, bentuk segitiga lalu simpan dulu ya.
2
Ulek kemiri, bawang putih, dan kunyit hingga halus.
3
Iris daun jeruk (tapi kalo ga di iris juga ga apa2 sesuai selera, kalo aku lebih seneng di iris.)
4
Setelah ayam mendidih, tiriskan ya.
5
Panaskan minyak (tapi jangan terlalu panas gak baik). Masukan bumbu yang sudah di ulek, tumis hingga harum, masukan juga irisan daun jeruk, lalu daun salam, dan sereh. tumis bersamaan..
6
Masukan Ayam aduk hingga bumbu meresap, masukan juga tahu. (aduk tahu perlahan aja ya biar ga hancur dan jangan sering diaduk.)
7
Tambahkan air 3 gelas, lalu masukan penyedap semuanya 1 bungkus ya, garam dan gula secukupnya. Cicip sudah sesuai selera atau belum. Soal rasa itu sih gimana selera 😁
8
Setelah itu baru masukan santan. (aku sih pelan pelan dituangin ke sendok aja, terus aku aduk biar santannya ga pecah, tekstur ayam juga tahu ga hancur dan nyatu sm semuanya. udah gitu dicicip lagi ya pas atau belum.)
9
Setelah semua sudah pas. Matikan kompornya. Lalu hidangkan dan tambahkan bawang goreng yang sudah jadi.
10
Selesai😉 Selamat mencoba yaa.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Opor ayam resep ibuku

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam minim santan 😉simple

Opor ayam minim santan 😉simple

Gegara anjuran bidan,, "puasa2 jgn byk makan santan yaa bu,," jadi deh opor pake kacang untuk lebih kental 😅 karna msh "mabuk" bau masakan tetep demi anak2 pake bumbu jadi aja, simple kan?

Opor ayam

Opor ayam

Udah lama ga bikin opor ayam, jd bikiin deeh buat menu hari ini.

Opor Ayam 🐔🐔🐔

Opor Ayam 🐔🐔🐔

Udah lama gak makan opor ayam... Jadi kangen dan ini juga karna tiap blanja k. Tukang sayur Sayurnya itu2 aja... Pas ngliat ayam jadi kpikiran bikin opor aja... Karna D. Semur/goreng rasanya masih bosan dan terlalu mainstream😀😀😀

5 porsi
Opor ayam bumbu merah

Opor ayam bumbu merah

Ceritany mama bro sma papa bro lagi kpengen makan opor hari ini.tapi berhubung si ayam ny cuma ada 4 potong di kulkas akhir ny tak tambahin tahu sama tempe aja deh,,biar ga kesepian si ayam ny hihi.. si papbro kan ga suka santan alhasil si santan di ganti deh pake susu cair..yaa..bisain ajalah yaa,^^ toh hasil ny ga kalah enak.gurih" gemanaaaa gituu!! ^^ cekidot..

Terik bandeng

Terik bandeng

Source : just try and taste

Opor Ayam

Opor Ayam

ceritanya besok idul fitri, walaupun saya ga merayakan tapi saya mau buat makanan khas lebaran, spy ga ngiler liet orng2 makan,, hehe

Ayam suwir opor kering

Ayam suwir opor kering

Rencananya mau masak ayam sisit. Pas test rasa kok gak pas di hati. Harus puter otak biar bisa dimakan dan gak mubazir. Aha inget masakan mama, yg dikasih nama opor kering. Kurang lebih rasanya spt yg sy buat ini. Passs bgt di hati, sy sih suka bgt sama rasanya 😉😉

Opor telur 2 bahan✌

Opor telur 2 bahan✌

171216.Hari ini last day si bocil skul,mulai besok libur panjang smp thn dpn.. Masaknya yg easy aja ya,coz mo pergi pg ini..

Opor labu putih + tempe

Opor labu putih + tempe

Bete mau ngapain.. akhirnya iseng2 deh masak ..lumayan kn berbagi pengalaman hehe

Terik daging sapi

Terik daging sapi

Rasa gurih dan manis menjadi ciri khas masakan ini. Salah satu masakan kesukaan semasa di Solo.

Opor Ayam

Opor Ayam

sebenarnya ini masakan hasil umi ku, masya allah emang rasanya mancepss.. Opor ini cocok tidak hanya buat lebaran aja. Ayoo bikin :)

5 porsi
Terik daging kambing

Terik daging kambing

Kalo pulang kampung sering dimasakin terik daging ama ibu mertua..tapi daging sapi.kali ini suami minta dimasakin terik tapi dagingnya kambing..gak masalah ..bismillah ntr jg abis..hihi Mari memasak ibu ibu ^_^

Opor ayam

Opor ayam

Rasanya gurih, dimakan sama sambel dan kerupuk udang. Cuma sayang ga bikin ketupat/lontong. Jd pake nasi aja. Dan si bocil juga doyan,itu yg penting.

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Lebaran Spesial

Opor Ayam Lebaran Spesial

Dikantor ada yang kepengen makan opor ayam spesial, mumpung liburan dibuatin aja, jadi bisa eksperimen di dapur untuk buka puasa dan inspirasi menu lebaran nanti ^-^

10 porsi
60 menit
Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Opor ayam & tempe

Opor ayam & tempe

Udh sering buat opor ayam tp ni yg paliiing mantaaaf seger kuahnya kental, harumnya jg nampool bgt kemana" hehe krn pke kelapa asli jd nambah gurih klo resep yg sblumnya versi simple tp rasa tetap okelah😆 bahan serba ganjil krn Allah SWT suka yg ganjil" 😍😙 #yg suka pedas bs ditambah cabenya yah