Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Lebaran Spesial yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 2, 2022

Opor Ayam Lebaran Spesial

Bagaimana membuat Opor Ayam Lebaran Spesial yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor Ayam Lebaran Spesial yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Lebaran Spesial, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Lebaran Spesial ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam Lebaran Spesial biasanya untuk 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Opor Ayam Lebaran Spesial diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Lebaran Spesial sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Lebaran Spesial memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dikantor ada yang kepengen makan opor ayam spesial, mumpung liburan dibuatin aja, jadi bisa eksperimen di dapur untuk buka puasa dan inspirasi menu lebaran nanti ^-^

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Lebaran Spesial:

  1. 1 ekor Daging Ayam ukuran besar
  2. secukupnya Jeruk Nipis untuk menghilangkan amis
  3. 3 butir Kemiri
  4. 3 siung Bawang Putih
  5. 8 siung Bawang Merah
  6. 1 ruas Jahe
  7. 1 ruas Kencur
  8. secukupnya Lada (Merica)
  9. 2 lembar Daun Jeruk
  10. 1 batang Sereh di keprek
  11. secukupnya Terasi
  12. 1 butir Kelapa diparut
  13. 1 liter Air
  14. secukupnya Gula Pasir
  15. secukupnya Garam
  16. secukupnya Minyak Goreng untuk mengoreng ayam

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Lebaran Spesial

1
Cuci bersih ayam dan potong menjadi 20 potong. Beri garam dan jeruk nipis. Biarkan hingga 5 menit. Lalu cuci bersih ayam, kemudian goreng setengah matang. Sisihkan.
2
Bakar kemiri, kunyit, jahe dan terasi. Setelah itu blender atau ulek sampai halus bawang merah, bawang putih dan bumbu yang dibakar tadi. Kemudian Siapkan santan dari (kelapa yang di parut dan 1 liter air).
3
Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan santan dan ayam beri garam, gula pasir, daun jeruk dan sereh. Cicipi rasanya.
Opor Ayam Lebaran Spesial - Step 3
4
Masak hingga air santannya sedikit menyurut. Angkat dan sajikan.
Opor Ayam Lebaran Spesial - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

.: Opor Terong Tahu Telur :.

.: Opor Terong Tahu Telur :.

Recook resepnya mbak heny rosita dengan sedikit modifikasi

2 porsi
45 menit
Opor Ayam Santan Kuning

Opor Ayam Santan Kuning

Udah banyak sih yang tau cara masak opor ayam, resep masakan ini juga udah dari jaman baheula udah adaaa. Tapi gapapa ya diposting, biar menuhmenuhin cookpad ๐Ÿ˜†

Terik Telur & Tempe

Terik Telur & Tempe

Masak terik telur dan tempe sebagai menu pendamping urap kenikir.

3 porsi
30 menit
Opor telur

Opor telur

Lauk buat makan kami hari ini

Opor Ayam Goreng

Opor Ayam Goreng

Sebenernya ini menu agak bingung sih karena pagi mau ke pasar kesiangan. Di kulkas ada ayam sisa br diungkep bentar aja blm dibumbuin. Mau digoreng krispi takutnya hambar bumbunya g masuk sampai dalem. Jadinya digoreng tp diungkep bumbu dulu deh. Bumbunya jg agak meraba-raba trus kata Ibu 'kok km kyk mau bikin opor? hmm.. tp kurang lengkap bumbunya' Aku pikir yaudahlah ya, yg penting mateng dan layak dimakan apapun namanya.

Opor Ayam Bun Bun

Opor Ayam Bun Bun

Makanan khas org Jawa tp favorit ayah yang notabene org Sumatera ๐Ÿ˜„ dan kalo lebaran harus bikin opor sama sambel kentang ati. Next bunbun share juga resep sambel kentang atinya yes..

Opor ayam suka suka

Opor ayam suka suka

Lgi ada ayam di lemari es sisa kemarin..langsung eksekusi ja..lgi pengen opor ayam..

Opor ayam & tempe

Opor ayam & tempe

Alhamdullilah semua pada suka ๐Ÿ˜˜

3 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

ceritanya besok idul fitri, walaupun saya ga merayakan tapi saya mau buat makanan khas lebaran, spy ga ngiler liet orng2 makan,, hehe

Hati Sapi Gulai Putih (Opor)

Hati Sapi Gulai Putih (Opor)

Danish suka bangeeet, makannya sampe nambah2

Terik Ayam Jamur

Terik Ayam Jamur

Sedang ingin makan nasi plus lauk yang basah... Ada ayam dan jamur tiram. Oke mari kita buat terik kuning aja. Masak yuks...

Opor Ayam Tanpa MSG

Opor Ayam Tanpa MSG

Ini pengalaman pertama bikin opor ayam,ngadopsi dari beberapa resep di cookpad juga.dan alhasil...opor ayam habis dimakan keluargaa,,

3 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Hari ini dapat bumbu praktis atau bumbu kemasan instant hasil praktek mahasiswa ayah yang telah dikemas menjadi produk, bumbunya pakai rempah alami. Komposisi bumbunya ada bawang merah & putih, kemiri, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan rempah lainnya. Kebetulan pas ngecek kulkas ada ayam, jadi nyoba-nyoba deh buat opor untuk pertama kalinya hihi. Oh iya, karena sebenernya lebih suka pakai bumbu alami jadi saya tetap tambahkan bumbu rempah yang tersedia di rumah. Insya Allah, resep ini bisa membantu dan teman-teman berpikir bahwa buat opor ayam itu mudah, praktis, dan tentu saja enak ๐Ÿ˜‹ selamat mencoba!

1 panci
15-30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam ini resep dari ibu

Opor ayam minim santan ๐Ÿ˜‰simple

Opor ayam minim santan ๐Ÿ˜‰simple

Gegara anjuran bidan,, "puasa2 jgn byk makan santan yaa bu,," jadi deh opor pake kacang untuk lebih kental ๐Ÿ˜… karna msh "mabuk" bau masakan tetep demi anak2 pake bumbu jadi aja, simple kan?

Opor ayam

Opor ayam

Masih punya stok daging ayam di freezer pas hari ini bikin ketupat weslah dimasak opor ayam ... hhm nyummy