Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Tahu Gurih yang Lezat Sekali

Dipos pada March 2, 2022

Opor Ayam Tahu Gurih

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor Ayam Tahu Gurih yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Opor Ayam Tahu Gurih yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam Tahu Gurih, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Tahu Gurih di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Tahu Gurih sekitar 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Tahu Gurih diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Tahu Gurih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Tahu Gurih memakai 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Tahu Gurih:

  1. 1/2 potong ayam. dada / paha (cuci bersih,rendam dgn air jeruk)
  2. 6 buah tahu kuning susu (kukus sebentar)
  3. 1/2 liter santan kental, 200ml santan cair
  4. 2 batang sereh
  5. 3 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 1 ruas jari lengkuas geprek (skip jika tidak suka)
  8. πŸ“’Bumbu Halus :
  9. 5 siung bawang putih
  10. 8 siung bawang merah
  11. 1 sdt merica bubuk
  12. 1 sdt ketumbar
  13. 2 ruas jari kunyit bakar
  14. 4 butir miri
  15. 1/4 sdt jinten (skip jika tidak suka. tetep enak kog)
  16. secukupnya garam, gula, penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Tahu Gurih

1
Pertama tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun jeruk, salam, sereh dan lengkuas. Setelah itu masukan ayam tumis beserta bumbu. Sampai dirasa matang.
2
Setelah itu baru tuang santan kental dan encer dgn api sedang sambil diaduk-aduk. Agar santan tidak pecah. Setelah santan meletup-letup baru ter'akhir masukan tahu yg sudah di potong-potong dadu sedang. Masak sampai dirasa cukup. cicipi dirasa ada yg kurang.
3
Opor Ayam Tahu gurih nya sudah siap.^^ taburi dgn bawang goreng. NOTE: saya memasukan tahu terakhir. Agar selain ayam matang sempurna. Tahupun tidak terlalu pecah. SELAMAT MENCOBA

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ga harus ayam kampung jg bisa lho bund pake ayam pedaging . Hehe Tp berhubung misua ga doyan ayam pedaging jd saya pake ayam kampung..

Opor Ayam

Opor Ayam

Menu buat sekeluarga yang doyan makan ayam, rasanya gurih, dan lembut banget ayamnya

3-4 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan yang paling di sukai keluarga besar ku.. apalagi kalau lebaran Idul Fitri masakan yang satu ini gak pernah absen selalu menemani di meja makan.. kebetulan hari ini aku kedatangan keponakan yukk biar makin erat silaturahmi nya ku buatkan masakan opor ayam di temani sambal tomat.. langsung eksekusi

Terik Daging (tanpa santan)

Terik Daging (tanpa santan)

6 porsi
30 menit
Ikan Tengiri Masak Opor

Ikan Tengiri Masak Opor

Ini menu MPASI untuk anak saya usia 14 bulan. Alhamdulilah, suka banget makan ini. Bisa di coba nih moms buat anak. Selain pakai ayam, pakai ikan tengiri juga enak. Seger πŸ‘

Opor Telur-Ayam

Opor Telur-Ayam

2 porsi
60 menit
Terik tahu telur ^#postingrame2_masakantahu^

Terik tahu telur ^#postingrame2_masakantahu^

Hampir mirip dg opor ..tapi ini kuahnya kental.. enak deh kata si kk.. #jadi geer..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ Karena jarang post resep..sebisa mgkn ikutan PR .. ga absen jd tiap minggu tetep post resep... πŸ˜‚πŸ˜‚

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Ceritanya iseng nih bikin menu ayam2 biasanya sih sukanya sayur2an. Setelah masak ini eh g taunya semuanya pada suka πŸ˜„ jadi seneng liat semuanya makannya lahap..

Terik Tahu

Terik Tahu

Ini pendamping jenang lemu yang saya buat karena belum persiapan tempe semangitnya jika mau masak sambal tumpang 😊

Opor jantung pisang & ceker ala mahce

Opor jantung pisang & ceker ala mahce

Kepasar dan bingung ΠœΜ…Μ²ΒͺΕ― masak apa, buat kluarga keciL q, akhirnya mata tertuju pada jantung pisang Akhirnya punya ide untuk masak opor jantung pisang & ceker !

4 orang
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

selmat mencobaaa πŸ™Œ

8 porsi
45 menit
Opor ayam simple

Opor ayam simple

Berawal dari coba2 ee ternyata anak suka sekali sama opor nya hehehe

Opor ayam kampung. Rempah wangi dan no msg

Opor ayam kampung. Rempah wangi dan no msg

Tentu ada banyak sekali versi opor ayam. Kalau yang saya selalu buat adalah resep andalan dari ibu saya. Resep autentik keluarga. Versi opor ayam ini sangat wangi harum rempah dan kuahnya gurih kental. Jadi memang banyak pakai bumbu dan disangrai. Tujuannya disangrai agar citarasa rempah kuat. Saya pilih ayam kampung, karena lebih sehat. Silakan dicoba😊

Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Suamiku lbh suka telur bebek n diceplok, lha si kecil saya masakin opor telur kampung rebus...jd rebus vs ceplok deh :-)

4 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

tiada hari tanpa ayam,apa pun masakanya ayam slalu menyertainya...ha ha ha..lebbay..

Opor dadakan

Opor dadakan

Pengen masakin suami dan mama tercinta tapi pake bahan yg ada aja, mumpung telor lagi banyak langsung kepikiran bikin opor aja :)

5 porsi
30 menit