Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor dadakan yang Anti Gagal

Dipos pada March 4, 2022

Opor dadakan

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor dadakan yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor dadakan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor dadakan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor dadakan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Opor dadakan sekitar 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor dadakan diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor dadakan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor dadakan memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengen masakin suami dan mama tercinta tapi pake bahan yg ada aja, mumpung telor lagi banyak langsung kepikiran bikin opor aja :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor dadakan:

  1. 8 butir telur ayam, rebus lalu kupas
  2. 4 potong tahu, potong 2 bagian lalu goreng sebentar
  3. secukupnya ketumbar sangrai
  4. 5 butir bawang merah
  5. 5 butir bawang putih
  6. 5 butir kemiri sangrai
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 batang serai
  9. 1 jempol jahe
  10. 1 jempol lengkuas, memarkan
  11. 1 jempol kunyit, jika ingin kuah warna kuning
  12. 1 bungkus santan instan
  13. secukupnya minyak goreng
  14. secukupnya air
  15. secukupnya garam
  16. secukupnya gula pasir
  17. secukupnya bawang goreng untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Opor dadakan

1
Haluskan ketumbar, bawang merah, bawang putih, kemiri dan jahe. Setelah itu, siapkan minyak goreng untuk menumis.
2
Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, masukkan daun salam, serai dan lengkuas. Tambahkan air agar tidak gosong.
3
Masukkan telur yg sudah dikupas dan juga tahu yg sudah digoreng. Tambahkan santan, gula pasir dan garam. Tunggu sampai bumbu meresap.
4
Tes rasa, jika sudah pas matikan api. Taburi opor dengan bawang goreng dan cabe rawit. Sajikan dengan nasi panas atau lontong tambah nikmat.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Cokelat

Terik Cokelat

berhubung dpt oleh2 dari suami tempe 3 papan super jumbo,, yg 2 udh dilempar ke rumah ibuk,, bingung 1 papan super jumbo ini mw diapain,, eh kepikiran buat bikin terik yg cokelat, stgh papan tempe ukuran jumbo tadi dimix ma bahan2 lain yg ada di kulkas,,, tarraaaaa jadilah terik cokelat ala kadarnya 

5 porsi
60 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Ada yang mau datang nanti malam, seseorang yang istimewa 😍, minta dibuatkan Opor Ayam,tapi ayamnya dimasak utuh tanpa dipotong 😁😁

Opor ayam & tempe

Opor ayam & tempe

Alhamdullilah semua pada suka 😘

3 porsi
Opor ayam enak simple tanpa bumbu dapur

Opor ayam enak simple tanpa bumbu dapur

Kesukaan anak anak....enak jg loh kalau pk lontong...

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Terik daging

Terik daging

Ini resep yg selaLu mamah saya masak jika lebaran.sayang beliau telah tiada.jadi sdh jarang saya masak.suka sedih aja.

Opor Campur2 πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

Opor Campur2 πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

Bismillah...bingung mau masak apa. Kebetulan dirumah ada telur puyuh sama kentang, tiba2 kepikiran buat opor ya udah langsung eksekusi😊😊. Sebenernya blm pernah nylba bikin opor akhirnya minta resep ibu dan di mix dengan resep2 opor2 lainnya alhamdulillah rasanya enak. Monggo dicoba ukhti😊😊😊

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Resep Dari Bunda , Foto seadanya ya, soalnya kalo udah masak-memasak so serius, gk sempet foto foto πŸ˜‚. hehee .. Rasa Dijamin Mantap .

Opor Ayam #pr2_masakanbersantan

Opor Ayam #pr2_masakanbersantan

Setor untuk posting rameΒ² ,alhamdulillah ga absen 😊😊 opor ayam ini aku tambah wortel dan kentang ,soalnya si kecil kurang suka kalo cm makan ayam aja ,masaknya jg memang aku lamain ,biar si ayam bisa uempukk ,jd ga kena cuek si kecil jg *bikin slilit gigi soalnya πŸ˜…πŸ˜… yuuu cuss...

Opor Ayam Kuning keto

Opor Ayam Kuning keto

CariΒ² resep yg cocok buat ketofastosis... akhirnya nemu ini deh.. hihi

3 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Kalo bisa pake ayam kampung ya.. rasanya lebih gurihhh. Tp klo sy sih jujur gak doyan ayam kampung🀣 jd pake ayam broiler aja...