Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— yang Bikin Ngiler

Dipos pada April 3, 2017

Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€—

Anda sedang mencari inspirasi resep Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€—, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Aku excited banget mau bagi resep ini ke temen temen semua. Berawal dari sisa daging kurban yang masih anteng di kulkas, akhirnya aku memutuskan bikin sup brenebon. Sup khas manado ini berbahan dasar kacang merah kering yang sebelumnya harus direndam dulu selama 7-11 jam (semalaman). Jadi emang harus sabar banget kalo mau masak ini, tapi worth the wait banget loh. Karena emang seenak itu, kuah nya kentel dan kaldu dari sapi nya itu luar biasa gurih. Ditambah wangi rempah dari cengkeh dan pala, bikin sup ini jadi kesayangan semua orang hihi. Aku baru pertama kali masak ini, tapi udh sering makan karena Almarhumah Eyang Putri dan Almarhumah Ibuku sering banget masak ini. Extreme nya, Eyang Putri ku kalo masak ini bisa sampe 11 jam, sampe si kacang merah hancur dan bikin kuahnya kentel secara otomatis, hasil nya luar biasaaaaah. Sayangnya aku ga se telaten eyangku haha. Tapi ini juga udh enak banget, karena si kacang merah nya ku blender sebagian biar kuah nya kentel. Jadi ga usah nunggu sampe 11 jam πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Sekian pidato saya, selamat mencoba πŸ˜…πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜ #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€—:

  1. 500 gram kacang merah kering (rendam semalaman)
  2. 500 gram daging sapi/iga sapi/tulang sapi (bisa diganti ayam juga loh)
  3. Bahan Pelengkap
  4. 2 buah wortel (potong sesuai selera)
  5. 2 batang daun bawang atau sesuai selera
  6. Secukupnya daun seledri
  7. 1 buah tomat utuh jangan dipotong
  8. Bumbu Tumis
  9. 6 siung bawang merah, iris
  10. 4 siung bawang putih, iris
  11. 1 buah bawang bombay, iris
  12. 4 sdm margarin
  13. Seasoning
  14. Secukupnya lada bubuk
  15. Secukupnya pala bubuk
  16. 15 butir cengkeh atau sesuai selera
  17. Secukupnya royco sapi, garam, gula

Langkah-langkah untuk membuat Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€—

1
Rendam kacang merah kering ke dalam air, rendam semalaman. Hasilnya nanti si kacang merah akan membesar dan teksturnya lebih empuk (contoh : gambar ke 3)
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 1
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 1
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 1
2
Siapkan air di dalam panci, masukan daging sapi dan kacang merah. Oya disini aku masukin 2 buah sendok biar si kacang merah dan daginya lebih cepet empuk, kemudian masak kurang lebih 1 jam. Apabila ada buih buih yang muncul bisa disaring yaa.
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 2
3
Setelah 1 jam, masukan daun bawang, seledri dan tomat. Aku ga dipotong potong, cukup disimpul trus aku cemplungin.
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 3
4
Kalau si kacang merah nya sudah empuk, ambil sebagian kacang merah kemudian haluskan. Bisa dengan cara ditumbuk atau menggunakan food processor. Step ini yang akan bikin kuah sup nya kental. Jadi tolong jangan di skip yaa. Setelah dihaluskan, masukan kembali ke dalam kuah.
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 4
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 4
5
Tumis bawang bawangan dengan margarin. Kalau sudah lay dan kecoklatan, masukan tumisan ke dalam kuah, aduk rata.
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 5
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 5
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 5
6
Jangan lupa beri seasoning yaa, koreksi rasa. Kalau rasanya sudah pas, tutup kembali panci kemudian masak lagi kurang lebih 45 menit atau sampai si kacang merahnya empuk. Pas detik detik mau diangkat, masukan wortel yaa. Oya lebih enak lagi kalau makannya di hari berikutnya, kuahnya akan lebih kentel dan kacang merahnya empuk maksimal. Tapi berhubung aku udh ga sabar, jadi aku langsung makan pas mateng. Enak banget banget banget !
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 6
Sup Brenebon Sapi a.k.a Sup Kacang Merah 😍 Wajib Recook πŸ€— - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel goreng ati kentang

Sambel goreng ati kentang

Biasanya sih pasangannya opor waktu lebaran yaa hihihii

Baso Sapi

Baso Sapi

Mencoba mengolah daging jadi berbagai macam variasi olaha daging saat Idul Adha

2 orang
1 jam
Sate Daging Sapi

Sate Daging Sapi

Idul Adha identik dg hewan qurban... Kalo udah bahas hewan qurban ga sah rasanya kalo ga bakar sate hehehe

4 orang
1 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Rendang daging masakan paling disuka sama seluruh penghuni rumah, walaupun masak rendang perlu perjuangan dan prosesnya cukup lama tapi sebanding ko moms dengan rasanya. Yuk yg masih punya stock daging sisa idul adha kemaren wajib coba 😁😊 Source: Xander's Kitchen Terimakasih Ci untuk resepnya πŸ™ #PejuangGoldenApron3 #cookpadindonesia #goldenapronchallenge #goldenapron3 #masakitusaya #cookpadcommunity_depok #cookpadcommunitydepok #pilkadacookpad_depok #pilkadacookpad_jabodetabek #cabeku #bamasakjosantan

Rawon Daging Sapi + Sambal

Rawon Daging Sapi + Sambal

Ngabisin stok daging sapi idul adha kemarin, biar gak bosan jadilah bikin rawon kyaknya sueger πŸ˜‹

Ayam Kampung masak Kunyit Asem

Ayam Kampung masak Kunyit Asem

Resep turunan dari nenek di Sukabumi saat lebaran dan hari-hari raya selalu dia masak ini. Biasanya berdampingan dengan sayur yang dia namakan β€œBleketek” enak mantul! Karena kalau sayur β€œbleketek” nya belum di coba sekarang resep Ayam nya dulu 😍

Gulai Kambing dan Telor

Gulai Kambing dan Telor

Edisi idul adha setahun lalu 😍😍

1 mangkok
1 jam
Lapis legit khas Lampung

Lapis legit khas Lampung

Nyobain oven listrik baru yg di beliin paksu and baby yg udh mulai bisa ditinggal walopun cuma beberapa jam aja hehe plus busui yg laper terus jadilah bikin legit Lampung yg cuma ada pas lebaran aja ..

30 porsi
4-5 jam
Tengkleng Rica Kambing

Tengkleng Rica Kambing

Sebelum pandemi suami sering tugas luar kota, salah satunya ke Solo. Tiap kesana owner pabrik disolo yg dikunjungi selalu ngajakin makan tengkleng kambing. Tiap pulang selalu cerita tengkleng kambingnya enak. Jadi klo sebulan 3 kali kunjungan ke solo, bakalan cerita yg sama kalo tengklengnya enak. Ini semacam kode buat istrinya masakin tengkleng πŸ˜‚ Dulu sempat bikin tengkleng tp dilihatin lama masakannya sama suami trus bilang kok gak sama ky yg dimakan. Woalah ternyata yg dimaksut tengkleng ricaπŸ˜…. Berhubung idul adha kemarin dapet iga dan daging kambing, akhirnya eksekusi yg selama ini dipengen suami. Sekalian ikut meramaikan posbar setelah beberapa kali ga pernah ikut posbar πŸ˜† #AlumniKelasCookpad_OlahanDaging #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_surabaya

32. Sate Padang

32. Sate Padang

Sate selalu merupakan favorit keluarga. Apalagi jika ada acara, ga pagi, siang ataupun sore. dan berhubung daging sisa Kurban masih ada, so hari ini bikin masakan yang satu ini.

30 orang
2 jam 30 menit
Tongseng Daging Sapi

Tongseng Daging Sapi

Stok Daging dari Qurban masih banyak, bosen dimasak gule atau rawon

32. Sapi Lada Hitam

32. Sapi Lada Hitam

Jakarta, Jum'at 7 Agustus 2020 (10/52) Source : Rindi Megasari (modifikasi) Assalamualaikum moms Alhamdulillah kemarin dapat daging kurban, bingung mau dimasak apa? Yang simple dan enak bisa dimakan buat semua anggota keluarga dan dapat resep Sapi lada hitam nya ateu rindi, dengan sedikit modifikasi ala bunda mooi. #cookpadcommunity_Bandung #PejuangGoldenApron3 #authorbandunghebring #RPgoldap3

6 orang
45 menit
Kacang goreng empuk banget

Kacang goreng empuk banget

Ke rumah mertua waktu lebaran kemarin ada kacang goreng enak banget . Pengen nyoba bikin sendiri. Hari ini kesampaian langsung deh bikin kbetulan waktu kpasar liat kacang tanah kupas gede2

banyak
1jam
Iga Bakar Saus Madu

Iga Bakar Saus Madu

Selepas Idul Adha kemaren, alhamdulillah dapet rejeki tulang iga lumayan banyak, karna ibu bosen di sup mulu, akhirnya nyuruh aku buat iga bakar.. Meskipun belum pernah nyoba buat, ya beraniin aja nyoba2, eh taunyaa... enak bangett, bumbunya meresap ke daging, lembut, pokony wueenakk tenann LOL..

4-5 Orang
1 jam 45 menit
Bistik Sapi First Time Anti Gagal

Bistik Sapi First Time Anti Gagal

Dapat bagian daging kurban dan bingung mau dimasak apa, dan akhirnya suami request bistik. Karena g pernah bikin bistik akhirnya tanya ibunda tersayang resep bistik keluarga. Dan inilah resepnya. Kalo soal rasa jangan diragukan lg donk... Nb : maaf ya foto seadanya karena ngerjainnya kejar2an sama si balita..

4 orang
Kurleb 4 jam
Empal Gepuk Sapi Sambal Tomat Pedas

Empal Gepuk Sapi Sambal Tomat Pedas

Masih edisi mengolah daging qurban. Perpaduan manisnya empal, asem dan pedas dari sambel. Cocok banget loh✨

Botok daging sapi

Botok daging sapi

Daging idul adha

Sate Maranggi (Matang)

Sate Maranggi (Matang)

Assalammualaikum cookpadlovers, selamat malam, semoga tetap semangat dan sehat selalu ya???, amiin... Malam2 baru sempet posting resep nih, lupa kalo ada posbar alumni kelas online CPπŸ€¦β€β™€οΈπŸ€­. Ini sih udah putaran ke4 ya dan kedua kalinya ikutan. Karena temanya olahan daging, dan bertepatan dengan hari raya kurban jadi saya pikir bisa lah yahπŸ€” daging juga sudah tersediaπŸ˜…. Dari jauh-jauh hari emang pinginnya bikin sate kalo dapat daging kurban🀭, pilihannya jatoh kepada sate maranggi, soalnya saus atau cocolannya simple yaitu sambal kecap bumbu rajang. Untuk dagingnya karena saya suka daging matang jadinya saya rebus dulu daging sampai empuk. Rebusnya dengan metode 10.30.10 sesuai tips dari CP. Kalo sudah empuk baru diungkep sama bumbu marinasi. Kesannya kok ribet banget ya, enggak kok gak ribet, enak kok. Bagi pecinta daging matang yang gak suka daging mentah siapa tau resep ini bisa jadi referensi, happy cookingπŸ‘©β€πŸ³. Source: Bu Indrabudiia dengan sedikit modifikasi dari saya. Minggu ke 45 #pekaninspirasi #PejuangGoldenApron2 (07-08-2020) #WeekendChallenge #DiRumahAja #cookpaders #cookpadlovers #cookpadcommunity_lamongan #cookpadcommunity_id #SukaMasak #masakitusaya #AlumniKelasCookpad_OlahanDaging

Ala Spaggetti

Ala Spaggetti

Menyemarakan Kuliner Idul Qurban

5 porsi
20 menit
Mujair Santan Pedas

Mujair Santan Pedas

Setelah hampir 1 minggu mencium aroma daging qurban bosan jg d tambah lagi beberapa hari hujan turun tdk jg berhenti sehingga ikan segar d pasarpun sangat langka. Alhamdulillah berhubung kolam ikan d rumah kakak bocor akhirnya ikan2x d mutasi k dapur saya hihihi. Stelah kemarin masak mujair goreng spertinya bosen klo harus d goreng lagi. Hujan2 enaknya d masak santan pedas. Ini saya tulis dlm porsi sebenarnya yaa...cus intip yuukk... #CABEKU #bamasakjosantan #Masakitusaya #Dapurkuidolaku