Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat 32. Sate Padang yang Enak Banget

Dipos pada March 18, 2022

32. Sate Padang

Bagaimana membuat 32. Sate Padang yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya 32. Sate Padang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari 32. Sate Padang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian 32. Sate Padang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat 32. Sate Padang yaitu 30 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak 32. Sate Padang diperkirakan sekitar 2 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 32. Sate Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 32. Sate Padang memakai 49 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sate selalu merupakan favorit keluarga. Apalagi jika ada acara, ga pagi, siang ataupun sore. dan berhubung daging sisa Kurban masih ada, so hari ini bikin masakan yang satu ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 32. Sate Padang:

  1. Ketupat:
  2. 30 Ketupat siap jadi
  3. 1 Kg Beras
  4. secukupnya Air rebusan ketupat
  5. Rebusan Daging
  6. 3 kg Daging Sapi
  7. 250 gr Hati Sapi
  8. 1 kg Jantung Sapi
  9. 2 sdm Garam
  10. 2 sdm Merica Bubuk
  11. Bumbu Kuah Sate:
  12. 300 gr Bawang Merah
  13. 300 gr Bawang Putih
  14. 4 cm Jahe
  15. 4 cm Kunyit
  16. 5 cm Lengkuas
  17. 1/2 Kg Kacang Tanah
  18. 3 Batang Daun Bawang
  19. 3 Batang Serai, ambil bagian putihnya
  20. 8 lembar Daun Salam
  21. 12 lembar Daun Jeruk
  22. 1/2 Kg Santan, dari perasan pertama
  23. 800 gr Tepung Beras
  24. 1/2 Kg Cabe Merah Giling, siap beli di pasar
  25. 1/4 Kg Cabe Rawit Hijau
  26. 4 sdm Garam
  27. 2 sdm Merica Halus
  28. 2 sdm Ketumbar Bubuk
  29. 1 sdm Jintan Bubuk
  30. 10 buah Kapulaga
  31. 1/4 Kg Bawang Merah Goreng
  32. secukupnya Minyak untuk menumis
  33. secukupnya Air untuk kuah
  34. Bumbu Untuk Daging:
  35. 100 Gr Bawang Merah
  36. 100 Gr Bawang Putih
  37. 3 cm Jahe
  38. 3 cm Lengkuas
  39. 2 cm Kunyit
  40. 2 sdm Garam
  41. 2 Sdm Merica Bubuk
  42. 2 sdm Ketumbar Bubuk
  43. 1 sdt Jintan Bubuk
  44. secukupnya Air
  45. 5 sdm Minyak Goreng
  46. Tusuk Sate secukupnya
  47. Untuk menghidangkan
  48. Daun Pisang, bakar dengan lilin agar layu
  49. Bawang Goreng

Langkah-langkah untuk membuat 32. Sate Padang

1
Untuk ketupat, isi ketupat 1/3 bagian dengan beras, susun dalam presto (jangan terlalu penuh, sisakan sekitar 5 cm dari tutup presto). Masukkan air menutupi seluruh ketupat. Tutup, Masak dengan api sedang sekitar 45 menit setelah presto mengeluarkan bunyi. Matikan api. tunggu sekitar 15-30 menit. Buka tutup presto, dan keluarkan ketupat. gantung ketupat biar awet.
32. Sate Padang - Step 1
32. Sate Padang - Step 1
32. Sate Padang - Step 1
2
Cuci bersih daging, jantung dan hati. Masukkan dalam panci. Isi panci dengan Air setengahnya. Tambahkan garam dan merica. Masak dengan Api sedang selama 30 menit. Matikan api. Tutup panci dan biarkan 30 menit. Setelah 30 menit keluarkan daging dari panci.
32. Sate Padang - Step 2
32. Sate Padang - Step 2
3
Sementara menunggu ketupat dan daging siap, kita bisa menyiapkan bumbu untuk kuah. Kupas dan cuci bersih bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan kunyit. Kemudian blender (menggunakan minyak lebih baik) sampai halus. cuci bersih daun salam, daun jeruk, dan serai. Cuci bersih daun bawang dan iris tipis
32. Sate Padang - Step 3
32. Sate Padang - Step 3
32. Sate Padang - Step 3
4
Goreng kacang tanah sampai kecoklatan. kemudian tumbuk (tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar. Cuci bersih cabe rawit hijau, dan kemudian blender cabe rawit hijau (menggunakan minyak lebih baik).
32. Sate Padang - Step 4
32. Sate Padang - Step 4
5
Untuk Kuah Sate: Panaskan Minyak, masukkan bumbu halus hasil blender, masak hingga harum. Setelah itu masukkan kapulaga, dan bumbu bubuk sisanya.
32. Sate Padang - Step 5
32. Sate Padang - Step 5
6
Setelah tercampur rata, masukkan cabe rawit. aduk rata. Masukkan cabe merah (awalnya akum masukkan hanya 1/4 kg). Aduk Rata, sampai masak.
32. Sate Padang - Step 6
32. Sate Padang - Step 6
32. Sate Padang - Step 6
7
Masukkan tumisan bumbu kedalam panci kuah. Masukkan daun. Masak sampai mendidih
32. Sate Padang - Step 7
32. Sate Padang - Step 7
8
Hati yang sudah direbus, digiling (bisa dengan blender atau ulekan, saya menggunakan ulekan)
32. Sate Padang - Step 8
32. Sate Padang - Step 8
9
Masukkan Kacang tanah dan hati kedalam kuah. Masukkan Daun Bawang. Koreksi rasa. Aku merasa kurang pedas, jadi tambah lagi 1/4 Kg cabe merah. aduk rata.
32. Sate Padang - Step 9
32. Sate Padang - Step 9
10
Siapkan Tepung beras, dan siapkan Santan. Campurkan kedua bahan. Tambahkan air jika terlalu padat. Masukkan kedalam kuah sambil terus diaduk rata. Kuah jadi padat.
32. Sate Padang - Step 10
32. Sate Padang - Step 10
32. Sate Padang - Step 10
11
Terakhir untuk kuah, masukkan bawang merah goreng, biar harum. aduk sebentar, matikan api.
32. Sate Padang - Step 11
12
Untuk Daging: Iris tipis daging, besar sesuai selera. Kupas dan cuci bersih bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan kunyit. Blender bahan sampai halus (boleh menggunakan air atau minyak). Masukkan kedalam pan semua bahan, aduk rata, masukkan daging. Tambahkan air (agar daging benar-benar lunak) dan minyak (agar ketika air mengering, masih ada minyak).
32. Sate Padang - Step 12
32. Sate Padang - Step 12
13
Setelah kering, tusuk dengan tusuk sate. Setelah itu daging dipanggang menggunakan pemanggang BBQ atau pemanggang sate lebih baik (aku hanya menggunakan pan grill, dan lama prosesnya)
32. Sate Padang - Step 13
14
Siap disajikan selagi masih hangat. Taburi dengan bawang goreng.
32. Sate Padang - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat sayur

Ketupat sayur

Udah lama kepengen makan ketupat sayur. Dulu di pasar muara karang Jkt ada abang-abang pake gerobak jualan ini. Enak tapi pedas banget, saya bikin versi pedas dikit karena gak bisa makan pedes 😄

Sroto Sokaraja Khas Purwokerto

Sroto Sokaraja Khas Purwokerto

tahun ini tidak bisa mudik..maka untuk mengobati kangen nya dengan sroto khas purwokerto ini..mari kita membuat sendiri 🥰

5 porsi
Lontong ketupat

Lontong ketupat

bu..ibu lebih aman membuat lontong dari bahan ketupat daun janur, ketupat pandan atau dengan daun pisang bahan alami, berbahaya menggunakan plastik pada suhu panas, makanan dapat tercemar dari bahan kimia plastik yang dapat mengganggu kesehatan, terlampir artikelnya https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp_version/oblh2q284.

5 porsi
2 jam
Soto Banjar

Soto Banjar

Gimana wikennya? Walau dirumah saja tetap bisa seru bersama keluarga ya sambil masak untuk meramaikan event #ComboNgabibita_AnekaSoto bersama #cookpadcommunity_bogor Soto Banjar kesukaan saya, masa tinggal di Kaltim kala itu. Yuk cobain ya! #GA_TheNextLevel #dapurbundalila

4 org
1 jam
Ketupat cepat empuk

Ketupat cepat empuk

Masak ketupat dengan menghemat gas ...

30.1 ~ Roti Ketupat

30.1 ~ Roti Ketupat

Happy 3rd anniversary my lovey cooking-baking group ❤️❤️❤️ Pertemanan kami dimulai dari hobi yang sama yaitu urusan masak yang dipertemukan oleh Cookpad. Hingga saat ini ..pertemanan kami tidak melulu soal cooking dan baking tapi kami menganyam semua informasi, pengalaman, keisengan, lelucon, bahkan cerita sedih pun kami rangkai menjadi suatu ikatan yang semakin rapat dan erat. Seperti roti ketupat. Dari irisan yang terpisah.. bisa dianyam..dirangkai..dirapatkan.. disatukan hingga bentuk yang kokoh. Semoga grup SA Senyumin Aja.. semakin kompak semakin kokoh selalu Senyum untuk semua yang sudah terjadi, sedang dijalani dan akan dihadapi. I love you all.. wish someday we have great moment to meet up🤗🤗🤗😘😘😘 Note : saya buat roti ketupat dengan metoda autolysis #SA_3rdAnniv #dkitcheners_ #myinspiration #GA_TheNextLevel #cookpad_id #cookpadcommunity_Tangerang

9 buah
Tahu Telor

Tahu Telor

#PejuangGoldenApron3

2 porsi
Soto Banjar Kuah Susu

Soto Banjar Kuah Susu

Membuat soto Banjar dengan kuah yang ditambahkan susu cair. Ternyata gurih rasanya dan pas dilidah dengan aneka tambahan soto lainnya. Saat ini saya membuat soto Banjar karena tebakanku seperti itu deh, saya harap demikian ya Cilmin☺️ Source: Elza Simple Kitchen #ApakahAku #PejuangGoldenApron3 #DutaRecookBeraksi #DutaRecookPontianak #Cookpadcommunity_Pontianak

50 menit
Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Pertama kali nyoba buat sate ayam sendiri . Biasa nya beli atau di buatin sm orang. Awalnya takut gak jadi atau gagal. Alhamdulillah sate ayam pertamaku siap di nikmati keluarga. Happy Eid Al Adha 🙏 #BancakanOnlineBarengCookpad #VideoMasak #eidmubarak #eidaladha #MasakSimple #MasakDirumah #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar

2-4 orang
1 jam 30 menit
Oyek

Oyek

Masih dlm moment lebaran ketupat. Menu ini di tempat asal ku disebut oyek atau mungkin ketoprak di lain tempat. #PejuangGoldenApron3

Ketupat Pecel Sayur

Ketupat Pecel Sayur

Untuk kesekian kalinya menu buka puasa pake ketupat pecel,saya suka karena enak dan segar. #TiketMasukGoldenApron3

Soto Makasar

Soto Makasar

Terakhir nulis resep bln Agustus,, sebenarnya masih byk resep yg udah dibuat, tapi sibuk gak ada waktu buat nulisnya😢. Akhir2 ini saya sibuk vaksinasi covid-19,,harus ngejar target. Kangen cookpad,, tp apa daya saya cape🤐🙃. Bikin soto makasar yg rasanya ajiiip, resep@resepyummybunda.

Ketoprak rumahan

Ketoprak rumahan

Abis buka pesan dari cookped ada #BelanjaIdeDiPasarCookpad terus cari ide dong yang ada di dapur, ehh ketemu deh resep ketoprak.

Sayur Godog untuk Ketupat/Lontong

Sayur Godog untuk Ketupat/Lontong

Sudah lebih dari 3 bulan kami berdiam diri di rumah. Kalau dulu, mau jajan apaaaa aja gampang. Sekarang sudah lebih mandiri. Kepingin njajan sesuatu, diusahakan bikin sendiri. Ikhtiar jaga-jaga. Begitulah.... Termasuk panganan lontong sayur. Kalau dulu tuh, saben Ahad pagi, kami bisa seenaknya aja melipir beli Lontong sayur di dekat mercubuana, atau ke ketupat sayur daerah jalan merdeka, lah kalau sekarang? Heheh.. Berselancar di Cookpad world, cari-cari resep sayur godog. Ketemulah dengan sayur godog resep Desi Desvriana. Hmmm.. cukup untuk obat rasa rindu akan lontong/Ketupat sayur. Trims yaa Kak Desi, barakallahufiik 💐 #CABEKU #diKACANGinaja #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenApron3

Sayur Ketupat Pepaya Muda

Sayur Ketupat Pepaya Muda

Sebenarnya lebaran kemarin gak masak ketupat dan sayur2nya karena dapat kiriman dari mama. Tapi pas sayurnya udh habis, eh suami kok minta makan sayur ketupat lagi. Alhasil bikin sendiri juga deh. Tapi yg sekarang aku sukanya pakai pepaya muda krn teksturnya yang gak mudah hancur dibanding labu siam. #dirumahaja #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Jakarta #MasakAsyik #BagikanInspirasimu

4 porsi
40 menit
Ketupat teri mbah nawati

Ketupat teri mbah nawati

Resep turun temurun keluarga. Kita ngany ketupatnya sendiri bukan beli yang sudah jadi dipasaran, karena kadang yang dipasaran anyamannya kurang bagus dan ga terik anyamannya.

Orem Orem Tempe khas Malang

Orem Orem Tempe khas Malang

Kalo ingat makanan khas malang jadi ingat orem-orem tempe, kebetulan di Malang ada penjual orem-orem yang cukup terkenal langganan saya tepatnya dijalan Blitar kota Malang, biasanya menu orem2 ini ditambahkan ayam/telur asin sebagai pelengkap tergantung selera kita. Nah...Karna hari ini pengen meramaikan #SeleraMasakNusantara jadi pagi ini aku Masak buat sarapan pagi Orem-orem Tempe Khas Malang. Alhamdulillah dari pagi sudah siap-siap menodong abang2 tukang sayur dan semua bahan tersedia hihihi langsung cuuuus eksekusi bak.. bik.. buk.. meramaikan dapur... nikmat apalagi disantap selagi hangat hmmm... #SemeruColam #UklamUklamMalang #CookpadCommunity_Malang #GA_TheNextLevel

3 porsi
1 jam
Ketoprak Simple

Ketoprak Simple

Siang2 pngn mkn ketoprak mikir lg kl anak2 pengen pasti hbs uleg pedes ikutan pedes nantinya. Akhirnya punya ide bikin ketoprak sendiri, ternyata gampang dan murah bngt beli bahan2nya dan hasilnya nyammmiiiii😘

4 orang
15 menit
Laksa Bogor

Laksa Bogor

Dapet ilmu baru dari mb @opibun , jujur ini pertama kali masak laksa . Awalnya hopeless takut pada g suka karena ada aroma oncom dan kuah santan. Alhamdulillah diluar ekspektasi, begitu mateng langsung habis dilahap orang serumah 🤗 Resep asli: https://cookpad.com/id/resep/15178360-laksa-bogor?invite_token=5igYmfKTdkfxLPUibLPq5awV&shared_at=1626038823 #CocomtangPost_LaksaOpiBun #CookpadCommunity_Tangerang #Laksabogor