Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam yang Enak

Dipos pada January 22, 2022

Opor Ayam

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Opor Ayam diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 23 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan opor ayam ini disesuaikan dengan bumbu dapur yg saya miliki. Memang terbilang terbatas bahkan sampe mengganti beberapa bumbu penting. Untungnya setelah matang, rasanya enak seperti opor biasanya. Resep ini boleh dicoba walau sebenernya sy share di sini agar sy tidak lupa kalau lain kali mau buat lagi hahaa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 5 potong ayam
  2. Kentang
  3. Wortel
  4. 10 tangkai cabe rawit hijau utuh
  5. Bumbu halus blender:
  6. 1 buah bawang bombay besar
  7. 10 siung bawang putih kecil
  8. 1,5 sdt bubuk bawang putih
  9. 1 sdt bubuk kunyit
  10. 1 sdt ketumbar
  11. 1/2 sdt merica
  12. 1/2 sdt bubuk jahe
  13. 1 sdt bubuk opor ayam seasoning
  14. 2 sdt munjung kacang almond (pengganti kemiri)
  15. Bumbu tambahan:
  16. 2 lembar daun salam kering
  17. Kulit buah jeruk nipis (pengganti daun jeruk)
  18. 1 sdm coconut oil
  19. Susu almond secukupnya (pengganti santan)
  20. 3/4 sdt pasta lemongrass/ serai
  21. 1/4 sdt bubuk cumin/ jinten
  22. secukupnya Bubuk penyedap dan garam
  23. 1 sdm gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Rebus ayam terlebih dahulu dengan garam, jeruk nipis, pasta jahe dan bawang putih. Lalu bila sudah setengah matang tiriskan. Siapkan semua bumbu, blender bumbu halus dan potong bahan2 lainnya.
Opor Ayam - Step 1
Opor Ayam - Step 1
Opor Ayam - Step 1
2
Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan sedikit air biar tidak gosong. Lalu masukkan ayam dan masukkan bumbu tambahan lainnya. Lanjutkan dengan memasukkan kentang, wortel dan cabe rawit hijau. Aduk rata dan koreksi rasa, masak hingga mendidih dan ayam matang.
Opor Ayam - Step 2
Opor Ayam - Step 2
Opor Ayam - Step 2

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kuah Putih For Baby #Mpasi10bulan

Opor Ayam Kuah Putih For Baby #Mpasi10bulan

Mau aku tambah telor puyuh eh mlh kelupaan ๐Ÿ˜‚ nnt bsa d tmbh ya Moms

3 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Saat lebaran kami ( saya dan tetangga rasa saudara ) barter makanan, dia memberi opor lengkap sayur + lontongnya dan saya balas dengan soto lengkap ๐Ÿ˜Š. Kali ini saya buat opor versi saya sendiri. #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya #CABEKU #PejuangGoldenApron3

Opor Telur, Tahu & Tempe

Opor Telur, Tahu & Tempe

_20.12.19_ BISMILLAH... #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpad_paders #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpadcommunity_malang #resepalaifa_week50 #TeamTrees #OneRecipeOneTree #SatuResepSatuPohon #SemuaTentangIbu #SelamatUlangTahunIbu Masih #SemuaTentangIbu ya.. Di keluarga besar kami jika merayakan Hari Ulang Tahun sudah di pastikan masak masakan yg (sedikit) ber aneka ragam, tidak hanya kue-kue, nasi kuning + lauk pelengkap nya tetapi masakan berkuah santan juga tersedia. Salah satu nya Opor, menu ini selalu ada & sudah menjadi favorit Ibu + keluarga besar. Isiannya tidak melulu ayam ya, bisa kentang, telur, tahu & tempe seperti yg aku bikin sekarang ini. Jangan lupa sediakan lontong, sambal & krupuk agar semakin nikmat๐Ÿ‘Œ... Dan hari ini aku masak spesial buat Ibu ๐Ÿ˜˜.. Yuk masak..

Opor ayam kuah kuning

Opor ayam kuah kuning

Happy cooking, sorry anak kuliahan seneng masak jd sering berantakan๐Ÿ˜

Opor ayam pedas

Opor ayam pedas

Waktu lebaran masak opor ayam di kosan bumbu halusnya tanpa cabe sama sekali, nah kemarin aku bikin di rumah buat adek pake cabai jd lumayan buat yg suka pedas. Hehe #PejuangGoldenApron3

Opor Ayam

Opor Ayam

Salah satu menu kesukaan bocils, resep dapoersikoko

4 porsi
Terik Ayam Tahu

Terik Ayam Tahu

Baru pertama kali nyobain masak terik ayam dan tahu, ternyata rasanya mirip opor ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š Source : Siti Zulfa Sentyaki #AudisiDutaRecook #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Sampit

Terik tahu

Terik tahu

Masih dengan rutinitas pagi, buat sarapan buat anak-anak. #dirumahaja asyik aja

Opor ayam kampung resep keluarga

Opor ayam kampung resep keluarga

Menu favorit keluarga besar alm. Arif Cilegon, acara apapun yang penting menu nya opor ummi Adiba๐Ÿฅฐ jadi biar gampang save di cookpad. Kalo ada yang nanya resep tinggal share aja. Ga usah lama-lama ngetik.

Opor Ayam kampung

Opor Ayam kampung

Menu favorite yang wajib ada pas lebaran. Tentu saja dimakan dengan ketupat/lontong....hmmmm kebayang kan enak nya....

5-8 porsi
1 jam
Opor ayam kuah merah

Opor ayam kuah merah

Berhubung moment2 lebaran akhirnya kita buat opor ayam

5-6 porsi
1 jam
Opor ayam dengan bubur

Opor ayam dengan bubur

Sarapan favorit waktu kecil

6 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Sore sore bingung mau masakin suami apa, kebetulan kemarin habis beli ayam kampung sama telur, langsung deh kepikiran kalau buat opor yang disukai suami..

4 porsi
+- 1,5 jam
Opor Ayam bumbu kuning

Opor Ayam bumbu kuning

Untuk menemani sohun gorengnya sy membuat opor ayam dr resep mba fitrisas di cookpad.. udh lama simpan tp br skrg terlaksana membuatnya.. sy suka opor yg kuahnya kental dan sedikit berkuah.. menurut sy lebih gurih dan nikmat dimakan dgn nasi hangat ๐Ÿ˜€.. makasih mba fitri resepnya.. resep asli ayamnya 1kg tp sy cm 1/2kg dgn takaran bumbu yg sama..

7 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

Hari ini menu nya opor ayam

Opor ayam tahu

Opor ayam tahu

Persiapan menyambut lebaran ๐Ÿ˜„ masih lama yak๐Ÿ˜„๐Ÿคญ

Opor ayam

Opor ayam

2 porsi
45 menit
Opor Ayam Mantul

Opor Ayam Mantul

Resep ini dari mamaku dan selalu jadi andalan saya krn anak ku yang sulung doyan banget opor putih ini yg dia bilang rendang putih ๐Ÿ˜. Ceritany klo yg coklat itu rendang daging sapi kalo yg putih ayam dia bilang rendang putih begitulah ceritanya mommyยฒ sekalian the end...yuk now kita masak ๐Ÿ”๐Ÿฒ