Cara Gampang Membuat Gulai Ayam Kampung yang Bikin Ngiler

Dipos pada August 14, 2022

Gulai Ayam Kampung

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Gulai Ayam Kampung yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Gulai Ayam Kampung yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Ayam Kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai Ayam Kampung ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Ayam Kampung sekitar 4-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Gulai Ayam Kampung diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Ayam Kampung bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Ayam Kampung memakai 21 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

#MenuSahur Day 1 Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi sobat cookpad yg muslim ya. Ini menu sahur hari pertama kami. Paksu beli ayam kampung seekor beratnya 1,7 kg. Karena buat sahur doang, pake separoh aja. Sahurnya bareng 2 bocilku (Hani 4y10m dan Yumna 3y3m). Yg semangat ya puasanya sayang2kuuuh :*

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ayam Kampung:

  1. 750 gr ayam kampung, potong sesuai selera
  2. 1 buah kelapa dibagi jadi:
  3. 500 ml santan kental
  4. 750 ml > 750 ml santan encer
  5. 1 lbr daun kunyit
  6. 2 lbr daun salam
  7. 2 lbr daun jeruk purut
  8. secukupnya minyak utk menumis
  9. secukupnya garam
  10. 1 potong asam kandis
  11. secukupnya kentang & cabe rawit
  12. Bumbu halus:
  13. 10 buah cabe merah keriting (saya buang biji biar bocil bisa makan)
  14. 7 siung bawang merah
  15. 2 siung bawang putih
  16. 2 ruas jari jahe
  17. 2 ruas jari lengkuas
  18. 1 ruas jari kunyit
  19. 1/2 sdt ketumbar
  20. 2 butir kemiri
  21. 1 batang sereh, iris batang putihnya, sisanya digeprek dan dibuat simpul

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ayam Kampung

1
Cuci bersih ayam, kucuri jeruk nipis. biarkan 15 menit. bilas lagi. tiriskan.
2
Panaskan minyak. tumis bumbu halus, daun kunyit, sereh geprek, dan asam kandis. aduk2 sampai bumbu mengeluarkan minyak dan tanak.
3
Masukkan ayam, aduk rata sampai beruap. tuang santan encer. kecilkan api. aduk sampai bumbu tercampur rata. tutup wajan. tunggu sampai ayam empuk. kalau ayamnya muda, 30 menit juga udah empuk. Jangan lupa untuk mengaduk dasar wajan sesekali agar tidak gosong.
4
Jika ayam sudah empuk, tuang santan kental. Jika sudah mendidih, masukkan kentang, cabe rawit dan secukupnya garam. masak sampai santan mengeluarkan minyak. tes rasa. sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ayam Broiler

Gulai Ayam Broiler

Saya Ikutan #CookpadCommunity_Bekasi ttng #PekanRayaAyam ada 2Tim: #TimAyamBerjemur atau #TimAyamBerendam ; Saya dukung #TimAyamBerendam πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ. . *) Hari ini belanja Ayam yg besar + isi= 45.000, yg kecilan 40.000, naik gpp, besar banget ukuran ayam skrng. .pas dgn kualitasnya πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜„πŸ˜„. *) Saya senang dgn olahan ayam di model sayur, masak dikompor hanya 20menit + tutup; mudah dan empuk nikmat ada kuahnya πŸ€²πŸ€²πŸ€²πŸ‘Œ. #AyamKukuruyuk #AyamBerendam #CocomtangPost_AyamKukuruyuk #Potberbisik_Anyep

12orang
20menit
Gulai ayam ala mamaku

Gulai ayam ala mamaku

Kebetulan anak2ku suka banget ayam gulai buatan mamaku..akhirnya aku coba bikin..dan Alhamdulillah anak2ku sukaaaπŸ˜™.Aku pakai takaran bumbu yang sudah dihaluskan.

Gulai Ayam Khas Padang

Gulai Ayam Khas Padang

Jauhkan ricecooker jika tdk ingin nambah2 terus makan dgn gulai ini hihi.

4 porsi
Gulai Ayam Kampung

Gulai Ayam Kampung

Gulai Ayam Kampung Saya belajar resep dari ig @arasgaleri Ig saya: veraw10 Follow guys😘

Gulai Ayam

Gulai Ayam

3-4 orang
40 menit
Gulai ayam dan kentang

Gulai ayam dan kentang

Masakan simpel enak juga mudah cara membuat nya dan rasanya gurih juga wangi pastinya.. menu masakan pavorite nya satu rumah..

Gulai ayam

Gulai ayam

GUlai ayam ini saya modifikasi dengan tambahan tempe dan kentang no msg.

Gulai ayam mix kacang panjang

Gulai ayam mix kacang panjang

Lihat ada bumbu gulai di minimarket, cuss coba buat, ternyata enak, cepat & mudah. Ibu muda sperti saya yg msh tahap belajar memasak, langsung pede donk menyajikan masakannya. Hayoo buibu dicoba ya, dijamin nagih.

Gulai ayam padang

Gulai ayam padang

Sisa tulang dan kaldu ayam di buat gulai,karena buat sop kayanya udh biasa,karena pengen buat anak ada varian nya sedikit deh.. saya pakai cabai merah biar anak2 bisa makan juga

Gulai Ayam Kampung

Gulai Ayam Kampung

Makanan khas Indonesia, yang dahulu adalah makanan simbolik yang di masak khusus pada hari besar, acara kultural. Sekarang masakan ini sudah bisa di nikmati dengan mudah, di jual di restoran tertentu dan dapat di masak sesuai selera.

Gulai ayam

Gulai ayam

Kadang kita terlalu sibuk sehingga urusan memasak jd sesuatu yg perlu disediakam waktu khusus,dan parahnya lg kl kita salah bumbu dlm memasak...ini perlu jd renungan,kyk sy hari ini ...msksud hati mau masak ayam goreng ,tp yg di beli bumbu gulai ..jd lah gulai ayam padahal pengennya bikin ungkepan ayam,oke nasi sudah jd bubur kita eksekusi aj ya drpd memble g jelas. #olahanayam #edisisalahbumbu #gakribetdeh. #menusahur #siapramadan

Gule Ayam Kampung

Gule Ayam Kampung

4porsi
1jam 10menit
Gulai ayam

Gulai ayam

Suami biasanya kalau makan di warung padang sukanya gulai kali ini saya masak gulai versi saya πŸ˜† untuk suami tercinta πŸ₯° karna kalau liburan yang dicari makanan yg tersedia cepat selain fast food yaitu masakan padang. Dan jadilah menu ini untuk megisi perut disaat libur yg sekarang dirumah saja tidak bisa kemana2 πŸ˜‚. Dengan kumpul dirumah dan adanya makanan fav dimeja makan sudah bersyukur alhamdulillah 😊. #MasakSekeluarga

Gulai Ayam Padang

Gulai Ayam Padang

Berkali2 nyobain bikin gulai padang ga berhasil2, yg sekarang Alhamdulillah lumayan & suami lebih suka yg begini ga pakai jinten, cengkeh, kayumanis, dll karena kalau kebanyakan rempah kaya yg kemarin2 katanya kaya kari bukan gulai..& jadilah gulai ayam yg lumayan menurut aku πŸ˜πŸ˜…πŸ˜πŸ˜…

Gulai ayam pedas

Gulai ayam pedas

Menu ayam lagi nih..πŸ˜‚ kali ini ayam gulai ala warung padang. Ini menu favorit anak2 dan pak su. Biasanya klo lgi masak gulai ayam ini anak2ku minta yg pedas dan kuahnya banyak..alhasil setiap masak menu ini selalu bikin pedas plus campuran cabe rawit utuh..biar tambah maknyooss.

Gulai Ayam Jawa

Gulai Ayam Jawa

Kalau pas lagi masak gulai ayam Jawa ini, tetiba seiisi rumah jadi doyan makan 🀣. Seneng lihatnya pada lahap😍. Source : Bunbun Rose

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Gulai ayam ini mengingatkan saya akan ibu saya, di mana dulu sewaktu saya kecil beliau suka membuat gulai ini sebagai menu istimewa bagi kami anak-anaknya, meski hanya satu bulan sekali tapi sangat berkesan, rasa bumbu nya yang khas dan kaya rempah di tambah dengan sentuhan cinta seorang ibu menambah nikmat gulai ayam nya. Meski pun gulai ayam yang saya buat ini tidak semantap bikinan ibu saya tapi setidak nya bisa mengobati rasa kangen saya kepada ibu, karena bagi saya tidak ada makanan dan masakan enak di dunia ini selain masakan ibu kita. Yuk langsung saja goyang dapurmu. Happy cooking! salam sehat buat kita semua. #PejuangGoldenApron2 #PeracikBumbuKehidupan

8-10 porsi
45 menit
Gulai ayam pedes gila

Gulai ayam pedes gila

Yuk buat gulai dijamin.endesss

5 orang
1 jam dengan persiapan