Langkah Mudah untuk Membuat Lapis Tapioka Kopi yang Lezat Sekali

Dipos pada September 25, 2023

Lapis Tapioka Kopi

Bagaimana membuat Lapis Tapioka Kopi yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Lapis Tapioka Kopi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lapis Tapioka Kopi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lapis Tapioka Kopi ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Lapis Tapioka Kopi yaitu 1 loyang 10x20 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Lapis Tapioka Kopi diperkirakan sekitar 105 menit.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Lapis Tapioka Kopi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Lapis Tapioka Kopi memakai 32 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah Assalaamualaikum... Suka banget sama kue lapis ini, teksturnya yang lembut dan kenyal, rasanya yang pas manisnya, apalagi kalo rasa manisnya itu ditambah kopi yang menggugah selera... hmm yummy.. 💞⚘ Yuuk mari kita memasak... #kuebasah #kuelapis #kuelapistapioka #kuelapistapiokakopi #lapistapiokakopi #pekasposbar #anekaolahankopi #kuekopi #kopikekinian #cookpad #cookpad_id #cookpadCommunity_id #cookpadCommunity #cookpadCommunity_Indonesia #cookpadCommunity_Cikarang #Dapoer_Santi @lovetocook_121076

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lapis Tapioka Kopi:

  1. 🎯 Lapisan Putih ➡️
  2. 🌻Bahan A1: (Bahan Basah)🌻
  3. 2 lbr daun pandan, cuci bersih, ikat
  4. 500 ml santan (saya: 200 ml kara instan + air)
  5. 100 gr gula pasir
  6. 1/2 sdt garam
  7. ~~~~~~~~~~
  8. 🌻Bahan A2: (Bahan Kering)🌻
  9. 175 gr tepung tapioka
  10. 5 gr tepung terigu protein sedang(saya: sgitiga biru)
  11. 2 sdm susu kental manis(saya: Indomilk)
  12. 1/8 sdt vanili bubuk
  13. ~~~~~~~~~~
  14. 🎯 Lapisan Kopi ➡️
  15. 🌻Bahan B1: (Bahan Basah)🌻
  16. 2 lbr daun pandan, cucu bersih, ikat
  17. 500 ml santan (saya: 200 ml kara instan + air)
  18. 70 gr gula pasir
  19. 30 gr gula aren
  20. 2 gr kopi nescafe klasik
  21. 1/4 sdt pasta kopi (saya: toffleco)
  22. 1/2 sdt garam
  23. ~~~~~~~~~~
  24. 🌻Bahan B2: (Bahan Kering)🌻
  25. 175 gr tepung tapioka
  26. 5 gr tepung segitiga biru
  27. 1/8 sdt vanili bubuk
  28. 2 sdm susu kental manis Indomilk
  29. ~~~~~~~~~~
  30. 🌻Bahan C1 : (Bahan Olesan)🌻
  31. Secukupnya minyak sayur
  32. ~~~~~~~~~~

Langkah-langkah untuk membuat Lapis Tapioka Kopi

1
▶️Campur semua bahan A1 dalam panci. Aduk rata. ▶️Siapkan bahan A2 dalam wadah berbeda Sisihkan. ▶️Lalu Masak bahan A1 di atas api kompor sambil diaduk (agar santan tidak pecah) hingga mendidih. ▶️Setelah mendidih, angkat panci, dinginkan hingga suhu ruang.
Lapis Tapioka Kopi - Step 1
Lapis Tapioka Kopi - Step 1
2
▶️Setelah mencapai suhu ruang, campur larutan bahan A1 ke dalam wadah berisi bahan A2, sedikit demi sedikit. Aduk rata hingga tidak bergerindil. ▶️Saring di wadah berbeda, lalu saring kembali larutan lapisan putih, masukkan ke wadah sebelumnya. (Jadi, disaring 2 kali). Sisihkan.
Lapis Tapioka Kopi - Step 2
Lapis Tapioka Kopi - Step 2
3
▶️Campur semua bahan B1 dalam panci. Aduk rata. ▶️Siapkan bahan B2 dalam wadah berbeda Sisihkan. ▶️Lalu Masak bahan B1 di atas api kompor sambil diaduk (agar santan tidak pecah) hingga mendidih. ▶️Setelah mendidih, angkat panci, dinginkan hingga suhu ruang.
Lapis Tapioka Kopi - Step 3
Lapis Tapioka Kopi - Step 3
4
▶️Panaskan kukusan. ▶️Setelah larutan B1 mencapai suhu ruang, campur larutan bahan B1 ke dalam wadah berisi bahan B2, sedikit demi sedikit. Aduk rata hingga tidak bergerindil. ▶️Saring di wadah berbeda, lalu saring kembali larutan lapisan kopi, masukkan ke wadah sebelumnya. (Jadi, disaring 2 kali). Sisihkan.
Lapis Tapioka Kopi - Step 4
Lapis Tapioka Kopi - Step 4
5
▶️Siapkan loyang 20x10 cm tinggi 10 cm, oles dengan minyak sayur. Masukkan ke dalam kukusan. ▶️Tuang larutan lapisan putih dengan sendok sayur, sebanyak 2 kali. Tutup, Masak selama 5 menit. ▶️Lalu masukkan larutan lapisan kopi di atas lapisan putih, sebanyak 2 kali. Tutup kembali, masak selama 5 menit. ▶️Lakukan hal tersebut di atas hingga kedua adonan lapisan habis.
Lapis Tapioka Kopi - Step 5
Lapis Tapioka Kopi - Step 5
Lapis Tapioka Kopi - Step 5
6
▶️Setelah semua adonan sudah dimasak dan matang. Matikan api kompor. Angkat loyang, dinginkan. ▶️Setelah dingin, keluarkan kue lapis dari loyang (cara: sisir bagian pinggir loyang dengan pisau yang dilapisi plastik bening), ▶️Kemudian balik loyang di wadah, diamkan hingga kue lapis terlepas dari loyang.
Lapis Tapioka Kopi - Step 6
7
▶️Siapkan pisau yang sudah dilapisi plastik. Agar saat memotong, lapis tapioka kopi tidak menempel di pisau. Dan potongan kue nya juga menjadi rapi. ▶️Bagi 2 memanjang. Lalu potong-potong persegi. ▶️Kue lapis tapioka kopi siap dihidangkan. Alhamdulillah Semoga bermanfaat.
Lapis Tapioka Kopi - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Baked Red Snapper in Dill, Tomato and Coconut Milk

Baked Red Snapper in Dill, Tomato and Coconut Milk

Dapat recipe ini dari orang French asli, sajikan dengan basmati rice enak pollll 😋 *saya modif sedikit dengan menambahkan minyak pork lard, knorr ayam dan totole*

Babi Kecap Khas Bali | Ala iluh

Babi Kecap Khas Bali | Ala iluh

Biasanya beli jadi, sekarang pertamakali masak sndiri 💪🐽 daaaaaaann.. Berhasil.. Enakkkkk bngeeetttt..... Bikin nambah nasi.. Walau dengan bumbunya aja dicampur nasi.. Jaeeen soon.. 😭 Seneng bngt #Cookpadcommunity_Bali akhirnya perdana ni buat event Masakan/Minuman Khas Bali.. #CPBali_JaenSajan Lngsung semangat nih.. Biasanya hari raya Galungan baru makan babi, tapi ud ga nahan pngen bngt.. Babi kecap ini ga buat aku gatel (mungkin yg aku beli2 diluar tingkat kematanganya kurang/ dagingnya ga bagus) Thankyu resepnya Ibuk n momi Jo ❤ #PejuangGoldenApron3

4 orang
Sate Babi Manis

Sate Babi Manis

Sebagai orang Bali, tentu saja hobby kami adalah makan sate babi manis. Sate ini gampang ditemui dimana saja, biasanya di luar Pura yang sedang ada upacaranya..

Penne with Ricotta cheese

Penne with Ricotta cheese

6 porsi
45 menit
Babi kecap mentega

Babi kecap mentega

Masakan simple dan cepat (babi bisa diganti ayam)

± 2 porsi
30menit
Babi Kecap

Babi Kecap

Lagi pengen makan daging babi kecap. Kebetulan ponakan msh drmh. Langsung deh cuss masaknya...Makin byk bumbu makin mantaf rasanya..😋😀 #PejuangGoldenApron3 #week1

Buta steak shongayaki

Buta steak shongayaki

Masakan ini berasal dari negeri sakura(japan) yang artinya steak babi saus jahe yang di soute/grill,tapi masakan ini saya sudah kombinasikan dengan rasa orang indonesia.makanan ini NON HALAL.

1 porsi
20-30 menit
Kuah Balung Babi | ala iluh🐷

Kuah Balung Babi | ala iluh🐷

Masakan pertama aku di tahun 2021 Happy New Year🎉 Ud lama bgt ga masak ga makan kuah balung, biasanya orng sebut juga "Jukut Balung-sayur nangka" (tapi aku ga nemu nangka jdi pake pepaya muda) Pagi tadi dibngunin ibuk, "tra bangun kepeken (pasar) yuk" Pas sampai pasar aku liat ikan yg seger2 bgt, beli deh ikan😁 pas mau balik lewatin si daging 🐷 ... Eh.. Ditawarin ibuk, "nyak ngai kuah balung" aku lngsung manggut2 thankyu ibuk💛 Walau ibuk ga boleh makan, dan mual, ibuk ttp bntuin dampingin aku masak kuah balung😘 Bumbu rajang / Base genep disini aku beli yg udah jadi perkg gitu dijual.. Blom smpet buat resep si base genep ini pokoknya lengkap dengan rempah" . #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali Minggu - 31

Brokoli Daging Cincang

Brokoli Daging Cincang

Brokoli kalo ga di capcay in, di tumis bawang putih. Kali ini bikin yang berbeda dari biasanya, Brokoli daging cincang. Rasa asli Brokoli ketemu dengan manis asin nya daging cincang langsung ambyarr di lidah. Ayuk coba di recook juga mom sis. Jangan lupa share hasilnya ya ke aku.

3 orang
30 menit
Barbarian steak ayam

Barbarian steak ayam

Resep gara2 cuti bersama,... Kikik

1 porsi
20 menit
☡Non Halal☡ Sop Lobak Daging Babi kembang tahu Enak & Sehat

☡Non Halal☡ Sop Lobak Daging Babi kembang tahu Enak & Sehat

#AntiRibet #Simple #PorkSoup #ChineseDish #HealtySoup #Sopdagingbabi

2 porsi
20-30 menit
Daging Babi Kecap

Daging Babi Kecap

Ini dagingnya bisa diganti ya untuk teman" yg muslim mis. Sapi atau Ayam cocok dan enak juga, keluarga pasti suka :) masak dan bumbumnya gak ribet jd semua pasti bisa masak nya.

Bacon & Veggies Baked

Bacon & Veggies Baked

Hola momies, Adakah penyuka brokoli seperti aku moms? Yg penyuka brokoli boleh gabung sini yuk. 😊🥰 Ini makanan super sehat & gampang banget bikinnya. Bahan Non Halalnya bisa diganti dengan kesukaan sendiri ya moms. Makasih bwt mamah yg dah kasih kesempatan ak gabung jadi #JadiPejuangGA3Lagi_2 😊🥰. Bukannya males tapi aku tuh lupa mostingggg dikarnakan lg rempyong. 😁☺🤭 Moms yg lain gimana? Msh bertahan semangat di #PejuangGoldenApron3 ya? 😊

3 porsi
30 menit
Stir fry beef gochujang /Gogogi Gochujang

Stir fry beef gochujang /Gogogi Gochujang

Masakan asal korea selatan yang praktis dan enak. Hanya bermodal daging dan tentunya bumbu gochujang nya.

7 orang
45min