Bagaimana Membuat Babi kecap mentega yang Lezat

Dipos pada November 7, 2023

Babi kecap mentega

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Babi kecap mentega yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Babi kecap mentega yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Babi kecap mentega, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Babi kecap mentega di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Babi kecap mentega kira-kira ± 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Babi kecap mentega diperkirakan sekitar 30menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Babi kecap mentega sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Babi kecap mentega memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Masakan simple dan cepat (babi bisa diganti ayam)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi kecap mentega:

  1. 500 gr babi (ak pakai pork don katsu, bisa ganti lain / ayam)
  2. Bahan marinasi
  3. 1 sdm saus tiram
  4. Merica (bisa juga pakai lada hitam)
  5. Lainnya
  6. 2 sdm mentega
  7. 3 siung bawang putih
  8. 1 bawang bombay ukuran kecil (sesuai selera)
  9. 4 sdm kecap asin
  10. 2 sdm kecap manis
  11. 1 sdm saus tiram
  12. 2 sdm saus lombok

Langkah-langkah untuk membuat Babi kecap mentega

1
Potong2 babi seukuran gigitan (tidak perlu kecil2)
2
Ratakan dengan bumbu marinasi, pijat2 sedikit babinya supaya meresap, lalu diamkan di kulkas ± 15 menit
3
Setelah 15 menit, mulai memasak
4
Gunakan api sedang, masukkan mentega hingga cair, lalu masukkan daging yang sudah dimarinasi
5
Setelah warna daging coklat merata, masukkan bawang putih dan bawang bombay (sengaja bawang tidak dimasukkan terlebih dahulu agar tidak kosong)
6
Masukkan bumbu2 yang lain, lalu aduk rata hingga warna bumbu bening (artinya bumbu2 sudah meresap di daging)
7
Masakan siap dihidangkan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sticky Ribs

Sticky Ribs

Makanan yg bisa memenangkan hati si dia, mertua, atau siapa saja deh pokoknya. Karena penampilannya begitu menggiurkan dan rasanya selangit. Anak-anak juga suka karena empuk dan bisa dipegang seperti snack (finger food).Karena prosesnya agak repot, sebaiknya masak sekaligus banyak, kemudian disimpan (bisa dibekukan). Cooking time 2 hari!!

10 porsi
120 menit
Tau Yew Bak / Babi Kecap / Braised Pork Belly

Tau Yew Bak / Babi Kecap / Braised Pork Belly

Babi kecap ini bisa pakai samcan atau kapsim kalo tidak suka yang terlalu berlemak. Kali ini saya masak pakai samcan karena menurut saya hasil rasanya lebih mantap. Untuk mendapatkan hasil samcan yang empuk dan lembut butuh waktu merebus sekitar 2-3 jam.

3,5 jam
Kepiting Butter Garlic

Kepiting Butter Garlic

I ❤ crab

4 porsi
60 menit
Oseng Babi Paprika

Oseng Babi Paprika

Batal nge-gym akses si PT kebanjiran 😂 jadilah masak ini. Tadinya mau dibawa ke oma eeh bocahnya meler.. mana udah 1 minggu ijin, ga mau ambil resiko kecapean ditunda 1 minggu dl ke sananya.. Me love it 😍

Babi Kecap

Babi Kecap

Lagi pengen makan daging babi kecap. Kebetulan ponakan msh drmh. Langsung deh cuss masaknya...Makin byk bumbu makin mantaf rasanya..😋😀 #PejuangGoldenApron3 #week1

Beef bacon black paper ala diet jsr

Beef bacon black paper ala diet jsr

Karna lagi diet jadi beef bacon nya dimasak ala ala jsr gtu bagi yg diet gak perlu takut buat nyoba masakan ini ya bun..

2-3 porsi
Babi Kecap Sedap (No bau ya)

Babi Kecap Sedap (No bau ya)

First time masak sendiri babi kecap. Biasanya selalu di masakin cece sepupu yang pinter masak.hehehe Aku kasi tips agar bau babi hilang, rebus sebentar babi dengan air dan tambahkan sedikit wine/arak, mungkin sekitar 10 menit. Lalu tiriskan dan potong sesuai selera. Karna aku suka agak kecil aku potong kecil. Selamat mencoba ☺️

Shirataki Aglio e Olio (Keto Friendly)

Shirataki Aglio e Olio (Keto Friendly)

Pengin makan spaghetti aglio e olio, tapi pengin yang versi keto biar ga makan banyak karbo. Akhirnya masak aglio e olio pakai mie Shirataki.

3 porsi
Tahu babi bumbu Kecap inggris

Tahu babi bumbu Kecap inggris

Mau goreng tahu tp wajan bakal lengket krn bekas goreng bacon td pagi. Malesnya kumat. Ga mau nyuci wajan. Ada babi giling jg tinggal dikit. Akhirnya campur ae semua, drpd nti tahu n babi kelamaen di kulkas. Fotonya itu wajan jadi piring ceritanya, ampun dah, males bgt nyuci piring doank 🙄 Dan juga, ga rencana buat ditulis dsni. Tp karena suami bilang enak, simpen aja deh, jaga2 klo pas lupa msh ada resepnya, hehe.. FYI aja, saya punya wajan cuman 1 moms. Saya jg males cuci talenan n pisau, jdnya sllu ready bawang putih cincang di kulkas, hehe..

2 orang
10 menit
Tahu Caipou/ Tahu Lobak Manis

Tahu Caipou/ Tahu Lobak Manis

Caipou ini adalah lobak manis yg dikeringkan. Keluarga ku turun temurun suka bgt bikin masakan ini. Biasanya dikasi daging. Tp kali ini lg vegetarian.. jd tanpa daging dl ya.. ^•^ Rasanya manis asin gtu. Enak bgt.. hehe.. Kadang klo lg rajin ditambah ebi cincang. Tp karna lg males cincang2 n bersih2 dapur karna minyak bisa muncrat2 kmn2..aku skip jg ini.. ;p

Oseng Babi Paprika dengan Bawang Bombai

Oseng Babi Paprika dengan Bawang Bombai

Sama yg kemarin bumbunya beda, meski sama2 tumis pake paprika.

1-2 porsi
Iga babi panggang madu

Iga babi panggang madu

Memasak iga diperlukan waktu yang lebih lama sehingga matang sampai ke dalam.

Lapis babi Manado (non halal)

Lapis babi Manado (non halal)

Kalo di Manado namanya Lapis karena pakai daging lapis babi kali yaa. Ini makanan kesukaan saya dari kecil. Tiap hari raya Natal di rumah oma sering buat ini. Dan ini paling saya cari-cari di antara semuanya. Hanya resep oma saja yg paling kusuka. Pernah makan di acara-acara di kampung, tapi rasanya beda dengan resepnya oma.

Gyoza Recipe (Gyoza Mawar)

Gyoza Recipe (Gyoza Mawar)

Gyoza ini dibuat karena waktu itu dagingnya banyak dan malas goreng beberapa kali krn wajannya kecil jd ga cukup 😃. Jadilah bikin gyoza mawar yg tetep enak tp cantik dan gorengnya bs sekaligus..

Untuk 10-12 bh
Brokoli Daging Cincang

Brokoli Daging Cincang

Brokoli kalo ga di capcay in, di tumis bawang putih. Kali ini bikin yang berbeda dari biasanya, Brokoli daging cincang. Rasa asli Brokoli ketemu dengan manis asin nya daging cincang langsung ambyarr di lidah. Ayuk coba di recook juga mom sis. Jangan lupa share hasilnya ya ke aku.

3 orang
30 menit
Babi Kecap Simple

Babi Kecap Simple

simple bumbu nya. mudah cara membuatnya dan rasanya gak berlebihan (eneg). fotonya kurang menarik ya tapi rasanya 👍🏻

4-6 orang
1.30 jam
Babi Kecap Pedas

Babi Kecap Pedas

Pas lagi masak, wanginya kecium sampai depan, suami langsung ke dapur haha... Katanya enak banget.