Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor ayam suwir yang Lezat Sekali

Dipos pada February 28, 2022

Opor ayam suwir

Sore-sore begini enaknya membuat Opor ayam suwir yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Opor ayam suwir yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor ayam suwir, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam suwir bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor ayam suwir adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Opor ayam suwir diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam suwir sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam suwir memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Klo perlu siapin bekal untuk kerja atau buat sarapan cepat pagi hari,lontong opor ini praktis bgt. Biar lebih gampang,sebaiknya kita stok bumbu yg udah diblender sekaligus biar tiap kali mo masak tinggal tumis ato cemplung. Lontong bs pake lontong instant atau beli jadi aj. Nasi ato bubur juga enak. Monggo dicoba

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam suwir:

  1. 1/4 kg ayam,pilih bagian dada atau paha
  2. 4 buah telur ayam direbus
  3. 1 sachet santan kara
  4. 2 keping asam kandis
  5. bumbu halus :
  6. 5 siung bw merah
  7. 2 siung bw putih
  8. kunyit seruas jari
  9. 1 sdm ketumbar
  10. 2 keping kemiri
  11. bumbu daun
  12. 2 lbr daun salam
  13. 2 lbr daun jeruk
  14. 1 buah serai digeprek
  15. 1 jari lengkuas digeprek
  16. garam, gula, merica bubuk
  17. 1 sdt kaldu ayam bubuk atau sejumput penyedap jika suka

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam suwir

1
Rebus ayam sekitar 10 menit lalu suwir daging ayam
2
Tumis bumbu halus sampai wangi lalu tambahkan bumbu daun dan asam kandis
3
Masukkan suwiran ayam lalu aduk sebentar
4
Tambahkan 500ml air, garam gula merica bubuk didihkan sebentar
5
Masukkan santan kara dan telur ayam rebus
6
Didihkan sebentar sambil koreksi rasa. Pd tahap ini boleh ditambahkan cabe rawit jk suka pedas
7
Sajikan opor ayam suwir dg lontong atau nasi. Taburi bawang goreng dan emping.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam n Tahu

Opor Ayam n Tahu

Buat lunch... Bikin Opor kesukaan my little Angel n My Husband... Bismillah

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Ceritanya ayah ibu dan adik" mau pada berkunjung kerumah, nengok kulkas msh punya ayam. Hmm.. bikin opor ayam kali yaa tp ngga pake kunyit alias opor putih.. saya bikin ngga pake cabe sama sekali karna adik" makan juga 👌

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Bingung nyari menu makanan, akhirnya olahan ayam jadi andalan. Baru kali ini bikin opor ayam enak, suami sukaa ❤❤

Opor ayam

Opor ayam

Kangen sama keluarga besar... Setiap hari raya (lebaran) keluarga besar selalu masak opor ayam.. Terus makan bareng deh sama keluarga dan saudara saudara... Sekarang karna lagi jauh sama keluarga Cuma bisa makan opor ayam sambil ngebanyangi ada semua keluarga disini...

7 orang
Opor ayam

Opor ayam

jam 07.59 masakan berat ini done request kangmas yang kalo pulang kerja nanti bakal mampir kost aku karna aku nya kerja juga jam 9, jam segini ngebut masak alhasil pake bumbu instan, aslii deh tapi rasanya persiiiis buatan ibu dirumah

Opor Ayam (edisi sisa)

Opor Ayam (edisi sisa)

😂 saya banyak lho olah resep dari serba sisa *bukan sisa udah dimakan atau basi ya,tapi yang terlalu banyak dan sayang dibuang. Kemarin buat soto sokaeaja,tapi karena untuk acara jadi ga sempat k.upload nanti insyallah kalau buat lagi ya.😊

Opor Ayam ala Madame

Opor Ayam ala Madame

Salah satu menu yg sangat diminati utk hari lebaran sebagai teman makan ketupat. Apalagi yg punya anak kecil dan ngga suka pedas. Semoga resep saya manfaat.

6 Porsi
1 menit
Terik Daging Sapi Tahu Telor langsung Enakk :D resep Keluarga

Terik Daging Sapi Tahu Telor langsung Enakk :D resep Keluarga

Terik Sapii,masakan yang oma sering kirim ke aku+adik2.. uenak pwol.. dlu aku sering mengira pasti susah bangett bikinnya,lha wong enakke ky gni??hahahah.. Ternyata nda sesulit yg dbayangkan..beneran!^.^ worth it lah pkoknya.. Biasa oma bkinin teman si Terik yaitu Sambal terasi mentah..sm kerupuk udang..maknyuss bangett.. Resep terik ini rata2 kalo orang Semarang ampir2 sama bumbu2nya...kalo luar pulau/kota mungkin bisa beda dkit variasinya.pasti smua sm2 enakk.. Cuss resepnya;)

4 porsi
60 menit
Terik Tahu, Tempe dan Daging

Terik Tahu, Tempe dan Daging

Resep ini saya dapatkan dari blognya mbak Diah Didi yang saya sesuaikan dengan bumbu yang ada di dapur, asli enak dan sedep aroma rempahnya :)

5 porsi
40 menit
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Note : opor dengan kuah santan encer

Opor pisang plus Sambel Pisang

Opor pisang plus Sambel Pisang

Hari ini tema masakannya adalah pisang, semua saya masak menggunakan pisang yang sederhana dan murah dengan menggunakan bumbu yang ada saja, sederhana tapi rasanya juara dech. Silahkan dicoba.

3 porsi
55 menit
Menu lebaran sederhana (opor ayam)

Menu lebaran sederhana (opor ayam)

Karna kemarin lebaran idul adha,dan gak pulang kampung.kali ini perdana masak menu lebaran mandiri,biasanya tinggal makan bikinan mama ;) Bikin ngedadak dr jam 9 malem sambil dengerin yg takbir

4 porsi
60menit
Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Resep Dari Bunda , Foto seadanya ya, soalnya kalo udah masak-memasak so serius, gk sempet foto foto 😂. hehee .. Rasa Dijamin Mantap .

Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

#SiapRamadan #SiManis

Opor Ayam

Opor Ayam

Idul Adha tetep ngopor ayam juga yaa biar afdol, hehehe

4 porsi
60 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Judulnya siih opor ayam. Tapi isinya lebih rame, ada tahu, wortel sama telur. Ini karena saya lagi pengen masak praktis, pakek bumbu jadi opor 😆 Tapi d tambahin bumbunya biar makin mantap.

5-6 porsi
20 menit