Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam yang Enak Banget

Dipos pada March 4, 2022

Opor Ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Opor Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor Ayam diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 24 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Idul Adha tetep ngopor ayam juga yaa biar afdol, hehehe

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg Ayam
  2. 1 bh Jeruk nipis
  3. 1 bks Santan instan, larutkan dg 500ml Air
  4. 1 ltr Air
  5. 1 ruas Lengkuas, geprek
  6. 1 btg Serai, geprek
  7. 2 lbr Daun salam
  8. 2 lbr Daun jeruk
  9. 1 sdt Garam
  10. 2 sdt Gula pasir
  11. 1 sdt Kaldu bubuk
  12. 1 sdt Lada bubuk
  13. 3 sdm Minyak Goreng
  14. Bumbu halus:
  15. 5 siung Bawang merah
  16. 4 siung Bawang putih
  17. 1 sdm Ketumbar
  18. 4 bh Kemiri
  19. 1/2 sdt Jintan
  20. 1 ruas Kunyit
  21. 1 ruas Jahe
  22. 1 sdt Garam
  23. Tambahan:
  24. Bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Potong kecil daging ayam kemudian cuci bersih. tambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan 10 menit, lalu cuci kembali sampai bersih.
2
Panaskan minyak grg lalu tumis bumbu halus dan juga lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk sampai benar-benar bumbu matang.
3
Masukkan daging ayam, aduk sampai berubah warna pucat dan bumbu tercampur rata. kemudian masukkan air sampai ayam terendam. Tunggu sampai air sedikit menyusut bumbui dg garam, gula pasir, lada bubuk dan kaldu bubuk(bila suka). masukkan santan jgn lupa sering diaduk agar santan tidak pecah, masak sampai ayam empuk dan santan mulai sedikit berminyak, matikan kompor. taburi dg bawang goreng, Siap disajikan...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam opor kuning

Ayam opor kuning

Nyoba resep lain

Opor kuning Ayam Tahu Tempe bumil anti MSG

Opor kuning Ayam Tahu Tempe bumil anti MSG

Duh namanya bumil niy memang lah suka kepengenan makan ini itu. Kali ini tiba-tiba pengen lontong opor ayam ala ala Lebaran...Lontongnya di resep terpisah yaa

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Malu juga nih posting nih foto. Tinggal the last nih baru sempat moto. Yang penting ikut ngramein aja ya. Next kalo masak opor lagi foto lagi deh..

Opor ayam

Opor ayam

10 porsi
90 menit
Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Opor ayam

Opor ayam

Lebaran tahun ini tdk di kampung halaman, karena hrs menemani suami bertugas, alhasil masak opor khas jogja, biar lebarannya berbau2 kampung halaman.dan ini pertamakalinya masak opor, alhamdulillah berhasilπŸ‘Œ.

4 porsi
50 menit
Opor Ayam Mantap

Opor Ayam Mantap

Dari nenek moyang sampe sekarang sudah jadi kewajiban kita yang merayakan Hari Lebaran untuk memasak Opor Ayam dan Sambel Goreng. Kali ini saya akan mencoba share resep memasak Opor Ayam yang simple dan lezaattt bangett... Let's do it!!!

6 porsi
40 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Mumpung punya lontong, masak opor ayam, cuma kali ini ayamnya ayam negeri ajah, malas ke pasar beli ayam kampung, enak jugaaa....

Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Suka banget sama opor ayam buatan mama, jadi cobain masak sendiri.

30 menit
Ini ayam betutu apa opor? πŸ˜‚

Ini ayam betutu apa opor? πŸ˜‚

ceritanya mama punya ayam dikulkas tapi di males masak, terus gw cari-cari resep di cookpad mau coba bikin ayam betutu. loh kok hasilnya malah kaya opor ayam. ini karna terlalu banyak aiiiirrrrrrr astagaaaa πŸ˜‚πŸ˜‚ tapi rasanya sih enak hahaha

6-7porsi
60menit
Opor Telur Tahu Kentang

Opor Telur Tahu Kentang

Tm. 1 udah berlalu, udah mulai ngedapur lagi hampir 2 bulan tapi masih males nulis resep di cookpad πŸ˜‚ Ini opornya istri yg males bikin sambel buat suami, jadi cabe rawit aja dicemplungin biar praktis πŸ˜…

6 porsi
Opor ayam seadanya

Opor ayam seadanya

Memanfaatkan bumbu yg tersisa d kulkasπŸ˜‚πŸ˜

2 porsi
MPASI Opor ayam labu siam

MPASI Opor ayam labu siam

Pertama aura nyobain santan dan rempah yang agak banyak,alhamdulillah mulusssss

Opor Kuning Ayam dan Telur

Opor Kuning Ayam dan Telur

Mumpung ada lontong di rumah tapi gag ada kuahnya, cocok nih kalo pakai opor.

opor ayam

opor ayam

masaknya paling enak kalo ayamny muda.masakny gak usah lama2

5 porsi
45 menit
Opor ayam refanZ

Opor ayam refanZ

Bikin opor edisi bosen d goreng mulu

6 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Ada teman yg lg punya hajat sunatan dan minta tolong di buatkan menu opor ayam untuk makan para tamu undangan. Sebenarnya agak takut jg sih terima orderan dlm jumlah besar πŸ˜€πŸ˜€. Tp Alhamdulillah sukses membuat tuan rumah dan para tamu undangan puas dg masakan sy πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€.

1 kg
Terik Campur #dapuralamanda

Terik Campur #dapuralamanda

12.04.28 Menu pertama yg mama pilih untuk di recook...resep dari mbak Caecilia dengan sedikit modifikasi...hehehehe...daaannn...Andra makannya lahap πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

5 porsi
30 menit
Terik tahu, tempe, labu

Terik tahu, tempe, labu

Edisi ngabisin isi kulkas,,cuaca dingin juga.. Cocok dehh pake nasi anget. Di gambar,labu nya ga keliatan ya πŸ˜‚

4 porsi