Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam kira-kira 5-6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Judulnya siih opor ayam. Tapi isinya lebih rame, ada tahu, wortel sama telur. Ini karena saya lagi pengen masak praktis, pakek bumbu jadi opor πŸ˜† Tapi d tambahin bumbunya biar makin mantap.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg ayam (saya pakek ayam fillet d potong dadu)
  2. 1 kotak tahu
  3. 1 buah wortel
  4. 4 telur rebus
  5. Bumbu;
  6. 4 siung bawang putih (haluskan)
  7. 4 siung bawang merah (haluskan)
  8. 3 butir kemiri (haluskan)
  9. 1 buah tomat
  10. 1 bungkus santan kara
  11. 1 bungkus bumbu opor
  12. Garam, gula, lada
  13. Taburan: bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Goreng telur rebus sampai kecoklatan. Lanjutkan goreng tahu setengah matang. Tiriskan.
2
Oseng bumbu halus dan bumbu jadi opor sampai harum. Masukkan ayam dan wortel. Tambahkan air 100ml.
3
Setelah ayam dan wortel hampir matang, masukkan tahu dan telur. Tambahkan air 200ml. Tambahkan pula santam, garam, gula, merica. Koreksi rasa. Masak hingga semua bahan matang.
4
Taadaaa opor sudah siap santap.
Opor Ayam - Step 4
5
Jangan lupa upload foto re-cookmu untuk berbagi pengalaman masakmu jugaa ❀

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Terasi

Opor Ayam Terasi

Ini opor ayamnya beda dengan yang biasa kita makan, rasanya lebih kaya dan gurih meski tanpa lengkuas, dan ada sedikiit pedasnya. Pokoknya dahsyat deh hehe.

6 porsi
60 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Momen Lebaran bikin ketupat pendampingnya ya Opor Ayam pasangan yg pas. Apalagi kuahnya kental dan banyak disantapnya selagi hangat.. Hmmm langsung aja cus...

10 porsi
60 menit
Opor Ayam + Tempe

Opor Ayam + Tempe

karna makan'y berdua suami doang jadi ayam'y 1/2 ekor aja

Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Resep opor ini paling pas buatku. Pakai telur tahu enak, pakai ayam juga enak. Selamat mencoba..

3 porsi
60 menit
opor ayam dan telur tuk si kecil

opor ayam dan telur tuk si kecil

Masakan ini sya msak pas lg ujan..smentara anak2 bermain ujan..lsg de bahan yg ada di kulkas digunain..stelah slse maen..anak2 pd laper..mrreka mkan dgn lahapnya..

2 porsi
30 menit
Opor ayam kering

Opor ayam kering

Mw bikin opor ayam,tapi gx suka kuahnya,jadi aku bikin kuahnya aku masak sampe kering alhasih endessss rasanyaπŸ˜†πŸ˜†

Opor tahu

Opor tahu

Edisi ngirit,,,,ayam mahal ....tak ada ayam tahu pun jadi,,hehehe ...kebetulan paklek tahu lewat lgsg beli.....dan eksekusi....nyam2.....syedapppp......

Opor sayap ayam + tahu sederhana

Opor sayap ayam + tahu sederhana

Sebenarnya masaknya uda dari kapan hari , tp baru sempet share sekarang , yuk langsung ke resep :-) Source : Ibu saya sendiri :-)

Ayam goreng kuah opor (edisi bumbu instant)

Ayam goreng kuah opor (edisi bumbu instant)

Edisi masak kilat, capek ngulek bin males ... berkreasi dengan bumbu instant ... ayam saya goreng dulu biar gak hancur pas digodoknya ... seperti biasa, potonya saya banget ... ala kadarnya, sing penting poto asli bukan hasil catut di mbah gugel 😁

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Bingung nyari menu makanan, akhirnya olahan ayam jadi andalan. Baru kali ini bikin opor ayam enak, suami sukaa ❀❀

Opor ayam telur

Opor ayam telur

Tadinya males masak tapi buka kulkas liat ada ayam dan tahu minta dimasak yaudahlah dieksekusi deh kepikiran bikin opor ayam kesukaan suami 😁

Opor Ayam

Opor Ayam

Kalo bisa pake ayam kampung ya.. rasanya lebih gurihhh. Tp klo sy sih jujur gak doyan ayam kampung🀣 jd pake ayam broiler aja...

Opor Ayam

Opor Ayam

Suka bosen dengan olahan ayam, tapi anak-anak paling suka ya ayam. Ini salah satu menu yg disukai asal ayamnya harus sampai copot-copot alias empuuk... Repotnya mantan pacar malah kurang suka, jadi harus dikombain buat ayah ayam digoreng biar kesat ga lembek dan anak-anak harus lembek. Kebayangkan... kalau makan opor harus dua type πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Alhamdulillah... mari masak Mom. (Yang ada di Foto yg versi buat anak- anak 😍😍)

Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Malu juga nih posting nih foto. Tinggal the last nih baru sempat moto. Yang penting ikut ngramein aja ya. Next kalo masak opor lagi foto lagi deh..