Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ikan Telang & Kulit Sapi yang Sempurna

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ikan Telang & Kulit Sapi yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Opor Ikan Telang & Kulit Sapi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ikan Telang & Kulit Sapi, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ikan Telang & Kulit Sapi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ikan Telang & Kulit Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ikan Telang & Kulit Sapi memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ikan Telang & Kulit Sapi:

  1. 2 ekor ikan bawal (potong jadi 4 bagian)
  2. 1 piring Kulit sapi iris dadu kecil-kecil
  3. 5 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 7 buah cabe merah pedas
  6. 3 ruas kunyit
  7. 3 ruas lengkuas
  8. 3 butir kemiri
  9. 1 lembar daun jeruk
  10. 3 ruas batang serai
  11. 3 lembar daun salam
  12. secukupnya garam dan bubuk kaldu ayam
  13. secukupnya minyak goreng
  14. 1 bungkus kecil Santan instant

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

1
Potong ikan bawal dan kulit sapi lalu cuci bersih
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi - Step 1
2
Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, kemiri, cabe merah.
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi - Step 2
3
Tumis bumbu halus hingga agak kecoklatan dan mengeluarkan bau harum
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi - Step 3
4
Kemudian masukkan 5 cangkir air steril (saya pakai air galonan), oh ya cangkirnya ya cangkir yang biasa saya pakai ngopi. Jika air sudah mulai panas dan bumbu mulai tercium, masukkan daun serai, daun salam, lengkuas, dan oh ya SANTAN instan satu bungkus kecil (hampir lupa).
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi - Step 4
5
Aduk sesekali biarkan mendidih kurang lebih 10 menit, lalu kecilkan api biarkan 5 menit lagi. Nah, sudah matang itu
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi - Step 5
6
Inilah hasil akhirnya ketika disajikan bersama nasi hangat di pagi hari, bisa juga ditambahin kecap secukupnya, uenakkk dech pokoknya.
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

6 porsi
45 menit
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Bismillah, semoga suka sama resepnya 🙏😀

10 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Resep diambil dari Majalah Sedap Pemula, hihihi ketahuan bgt pemula dlm soal masak memasak. Siapa tak suka dengan opor ayam, sedap gurih lemak niann. Perut langsung bergejolak minta makaann...

Opor kuning Tahu dan Tempe menjes #pr_recookmasakanawalanT

Opor kuning Tahu dan Tempe menjes #pr_recookmasakanawalanT

Ini judul terpanjang 😊😊 resepnya mb Diana ER.. enak recomended, lauknya bisa diganti sesuai selera ya.. Utk penulisan resep, maafkan ya jika tdk sebaik mb Diana. Utk resep asli silahkan buka CP mb Diana Endri Rosisca ya 🙇🙇🙇

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Lebaran....ada sambel goreng ati, harus ada lontong opor juga. Ada beberapa versi opor. Kalo di tempat saya opornya versi warna kuning..

8 porsi
60 menit
Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
Opor Ayam santan kuning

Opor Ayam santan kuning

Jujur ini kali pertama saya masak olahan ayam,bukan ga bisa masaknya tapi karna saya geli liat mentahan nya 😂 Tapi karna ini makanan favorite anak saya,mau ga mau sekali2 harus masak daripada beli terus,dan hasilnyaaaa cukup memuaskan 😍

Opor Ayam (edisi sisa)

Opor Ayam (edisi sisa)

😂 saya banyak lho olah resep dari serba sisa *bukan sisa udah dimakan atau basi ya,tapi yang terlalu banyak dan sayang dibuang. Kemarin buat soto sokaeaja,tapi karena untuk acara jadi ga sempat k.upload nanti insyallah kalau buat lagi ya.😊

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Recipe mb lenny setiawan .

Terik Tahu, Tempe dan Daging

Terik Tahu, Tempe dan Daging

Resep ini saya dapatkan dari blognya mbak Diah Didi yang saya sesuaikan dengan bumbu yang ada di dapur, asli enak dan sedep aroma rempahnya :)

5 porsi
40 menit