Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam santan kuning yang Lezat Sekali

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam santan kuning

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam santan kuning yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Opor Ayam santan kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam santan kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam santan kuning ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam santan kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam santan kuning memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jujur ini kali pertama saya masak olahan ayam,bukan ga bisa masaknya tapi karna saya geli liat mentahan nya 😂 Tapi karna ini makanan favorite anak saya,mau ga mau sekali2 harus masak daripada beli terus,dan hasilnyaaaa cukup memuaskan 😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam santan kuning:

  1. 1/2 kg ayam (aku pakai sayap semua)
  2. 10 siung bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 4 biji kemiri
  6. 1/2 sachet Kunyit bubuk
  7. 2 batang sereh
  8. 3 lembar daun salam
  9. 1 ruas lengkuas
  10. 1 ruas jahe
  11. secukupnya Garam
  12. 1 sachet Masako ayam
  13. secukupnya Merica
  14. 3 buah santan kara segitiga
  15. secukupnya Gula pasir
  16. Bawang goreng yg beli jadi
  17. secukupnya Air putih

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam santan kuning

1
Ulek/blender bawang merah,bawang putih,ketumbar,kemiri,kunyit
2
Tumis bumbu yg sudah di haluskan tadi sampai harum,masukan sereh,lengkuas,jahe,daun salam
3
Masukan ayam,oseng sampai ayam berubah warna
4
Masukan air secukupnya,masukan santan sambil di aduk biar santan nya tidak pecah
5
Masukan garam,gula,masako ayam,merica bubuk,masak sampai ayam nya empuk dan meresap
6
Setelah matang,angkat kemudian taburi bawang goreng 😍

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Setiap hari ngintipin cookpadnya mba fitri sasmaya, maklum engga bs masak tp pikirannya kok mau coba masakan ini dan itu, sedangkan disini gak ada yg jual. Akhirnya percobaan x ini jatohlah ke opor ayam yg resepnya aku pake punya mba fit tp aku sesuain sama bahan2 yg aku punya, soale engga punya kunyit dan serai yg fresh, eh sama engga punya lengkuas jg deh hehehe. Thank mba fit, rasanya tetep enak walaupun ada 1 bahan yg gak aku pake.

3 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

2-4 org
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Berhubung mau hari raya lebaran mknya saya coba resep masakan ibu tercinta 😊

5 porsi
45 menit
Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Kreasi bumbu kuning dengan daging ayam... awalnya niat mau bikin gulai ayam, tapi karena anak2 saya belum bisa makan yg pedas.. maka dibikin opor saja... ternyata anak2 suka bgt... senang kalo lihat anak doyan makannya 👍😊

12 porsi
45 menit
Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Si sulung suka banget masakan yg berkuah santan. Terutama opor ayam. Dan ini merupakan menu utama di rumah ibukku saat lebaran. Disajikan dengan ketupat atau lontong Nyummy... Yg aku buat kali ini ditambah tahu krn di kulkas ayamnya hanya ada sebelah hehe. Kalau di rmh ibuku hanya ayam saja dan masaknya 10 ekor bahkan lebih. Ditambah lauk2 pendamping lainnya. Ketupatnya pun dibuat hingga 200 buah. Krn selain utk keluarga besar, jg utk tamu2 yg datang silaturahim. Jd opor ayam ini menu special di keluarga kami. Yg mau coba bikin opor ayam ala keluarga kami, ini dia resepnya.

4 porsi
60 menit
Opor ayam Kuning

Opor ayam Kuning

pas idul adha kemaren pengen banget masak opor ayam, pas browsing nemu deh resep ini dan hasilnya not bad lah....

8 porsi
120 menit
Opor Ayam Kreasi

Opor Ayam Kreasi

Lagi pengen opor ceritanya. Tp sekalian memanfaatkan bahan lain (tahu tempe)

4 porsi
45 menit
Opor Ayam enak

Opor Ayam enak

Makan opor ngga harus lebaran aja kaan? Udah bosen sama ayam goreng? Ngga ada salahnya masak ayamnya di opor aja..gampang kok!

Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
Opor Ayam Lezat

Opor Ayam Lezat

Suamiku adalah penggemar berat Ayam. Mulak dari Ayam panggang, ayam goreng, dan segala jenis masakan berbahan ayam. Tapi satu masakan ayam favoritnya adalah Opor ayam.

8 porsi
45 menit
Ini ayam betutu apa opor? 😂

Ini ayam betutu apa opor? 😂

ceritanya mama punya ayam dikulkas tapi di males masak, terus gw cari-cari resep di cookpad mau coba bikin ayam betutu. loh kok hasilnya malah kaya opor ayam. ini karna terlalu banyak aiiiirrrrrrr astagaaaa 😂😂 tapi rasanya sih enak hahaha

6-7porsi
60menit
Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
Opor Ayam Tempe Sederhana

Opor Ayam Tempe Sederhana

Masakan ini didedikasikan untuk suami saya tercinta yang sudah bersabar memakan hasil percobaan-percobaan masak saya.. :3

3 porsi
60 menit
Opor ayam (bumbu simple)

Opor ayam (bumbu simple)

Awalnya berpikiran kalau masak opor ayam itu bakalan ribet. Tapi ternyata gk seperti yg tak pikirkan. Masaknya cepet pula. Selamat mencoba 😆

5-6 porsi
20 menit
bihun lontong opor minggu ceria

bihun lontong opor minggu ceria

hari minggu pulang dari gereja, siang siang laper, nikmatnya makan bihun lontong opor..

10 porsi
60 menit