Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning yang Lezat Sekali

Dipos pada March 4, 2022

Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning

Bagaimana membuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamu'alaikum sahabat cookpad, udah lumayan lama nih gak share resep masakan....hehehe...kali ini saya coba membuat tempe tahu dimasak sayur opor kuning....beuhhhh wangi dan rasanya gak kalah sma opor ayam...😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning:

  1. 1 Buah Tahu Cina (potong, dan goreng agak kering)
  2. 1 Buah Tempe Daun (ukuran kecil, potong dadu dan goreng sedikit kering)
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang serai (ikat, dan tumbuk bagian ujung)
  5. 1 bungkus santan kara
  6. 1 1/2 gelas Air mineral ukuran sedang
  7. 1 ruas jari kecil kunyit
  8. 3 butir bawang merah
  9. 3 butir bawang putih
  10. secukupnya ketumbar
  11. 1 bungkus masako rasa ayam
  12. 1 1/2 sdt gula pasir
  13. secukupnya merica bubuk
  14. 1/2 ruas jari lengkuas
  15. secukupnya Daun bawang

Langkah-langkah untuk membuat Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning

1
Haluskan bumbu : kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, cabe rawit, garam.
2
Panaskan wajan, masukan minyak goreng secukupnya, setelah itu masukan bumbu yg dihaluskan, dan masukan daun salam serta serai (aduk dan tunggu hingga bumbu harum dan matang)
3
Tuangkan air kedalam bumbu yg tadi, aduk hingga merata. Lalu tambahkan santan kara, masukan daun bawang yg sudah diiris. Masukan tahu dan tempe yg sudah digoreng. Aduk hingga merata.
4
Tambahkan bumbu penyedap, ½ sdt garam, 1 sdt gula pasir (sesuaikan dengan selera anda)
5
Aduk terus sampai benar2 matang (jgn ditinggal, karna masakan yg berbahan santan akan pecah santannya dan mengurangi rasa dan aroma santannya.
6
Setelah matang, hidangkan dan beri taburan bawang goreng agar lebih enak....

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam dan telur rebus spesial untuk anak

Opor ayam dan telur rebus spesial untuk anak

Ini masakan khusus anak2ku yg masih umur 5tahun & 3tahun, jadi sengaja masaknya ga pakai pedas / tanpa cabe2an hihihihi...

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Setiap hari ngintipin cookpadnya mba fitri sasmaya, maklum engga bs masak tp pikirannya kok mau coba masakan ini dan itu, sedangkan disini gak ada yg jual. Akhirnya percobaan x ini jatohlah ke opor ayam yg resepnya aku pake punya mba fit tp aku sesuain sama bahan2 yg aku punya, soale engga punya kunyit dan serai yg fresh, eh sama engga punya lengkuas jg deh hehehe. Thank mba fit, rasanya tetep enak walaupun ada 1 bahan yg gak aku pake.

3 porsi
60 menit
opor ayam g ribed

opor ayam g ribed

Membuat lauk yg gampang dan mudah tampa menyita waktu yg panjang dan bahan2nya pun mudah di dapat itu pilihan saya.no ribed...

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Ceritanya suami pengen banget makan masakan masa kecilnya, sedangkan di Jakarta gak pernah nemu ini opor ayam. Saya coba masak. Dan rasanya enak, persis kayak masakan waktu kecilnya.

8 porsi
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Ceritanya iseng nih bikin menu ayam2 biasanya sih sukanya sayur2an. Setelah masak ini eh g taunya semuanya pada suka 😄 jadi seneng liat semuanya makannya lahap..

Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillah ummah.... Berhubung saya lagi pengen banget makan opor bebek jadilah masak opor...Tapi karnA disini nyari bebek susah jadinya pake daging ayam. Sebenarnya kalo untuk opor saya pribadi lebih suka pake bebek karnA dagingnya bisa lumer lengket2 empuk dimulut. Tapi gpp lah pakai daging ayam juga lumayan.. silakan dicoba ya ummah..

6 porsi
60 menit
Opor Pala Ayam + Tempe

Opor Pala Ayam + Tempe

Beli pala ayam 8rb dapet 10 buah kepala ayam niatnya pengen dimasak kecap tapi ko liat kulkas ada tempe 1 papan + ada santan bubuk ditoples yang kemaren dipake cuma 1 sdm buat campuran getuk, ya wis lah tak opor wae secara kemarin 12042018 harus ngambil rapot bayangan disekolah mas kinza harus masak yang ga makan waktu 😅😅. Menu simple dan cara pengolahannya ga butuh waktu lama, kebetulan juga suami paling suka bagian kepala klo makan ayam. Untuk tempe boleh digoreng boleh tidak ya, sesuai selera aja dan untuk kepala ayam juga boleh utuh boleh dipotong2 ya. Untuk bumbu opor pala ayam + tempe ini hampir sama ya ma opor tahu tempe yang pernah saya share juga.

Ayam opor telor

Ayam opor telor

Anak menantu dateng krumah.mau makan opor,ayam cuma ada sebelah.ya uda tambahkan telor.jadi deh makan opornya..

Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Malu juga nih posting nih foto. Tinggal the last nih baru sempat moto. Yang penting ikut ngramein aja ya. Next kalo masak opor lagi foto lagi deh..

Opor ayam susu gurih

Opor ayam susu gurih

opor ayam perdana tanpa santan berhubung idul adha biasanya suka ada opor ayam nih 😋

Opor Tahu Tempe Istimewa

Opor Tahu Tempe Istimewa

Lagi kangen opor ayam buatan ibu, alhasil karena adanya bahan di rumah tahu tempe jadinya buat opor versi irit Hehe. Rasanya lumayan bisa mengobati rindu masakan ibu. Pas banget dimakan pas cuaca hujan dan mendung. Biar makin mirip masakan ibu, aku juga buat sambal goreng sebagai bahan pelengkap santapan opor ini.

45 menit
Opor Ayam kampung lebaran

Opor Ayam kampung lebaran

Sudah hampir menjadi tradisi ketika lebaran menjelang... Masyarakat jawa barat khususnya sering membuat hidangan khas yaitu ketupat... Dan ketupat harus dihidangkan bersama sayur tulang atau pun dengan opor ayam... Dan kali ini saya sengaja bikin opor ayam kampung sebagai hidangan utama dihari fitri ini... Ok... Lets cook

Opor Ayam

Opor Ayam

ceritanya besok idul fitri, walaupun saya ga merayakan tapi saya mau buat makanan khas lebaran, spy ga ngiler liet orng2 makan,, hehe

Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

Alhamdulillah... Suami udah lama pengen dimasakin opor, nyodor-nyodorin istrinya terus buat belajar bikin ini sama Ummi yg asalnya org Makassar... Masya Allah emang ini opor terenak yg pernah saya makan selama ini... Cobain yaa...

Opor ayam

Opor ayam

Biasa dimakan dengan nasi dan kupat atau lontong#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Opor ayam

Opor ayam

Udah lama ga bikin opor ayam, jd bikiin deeh buat menu hari ini.

Opor Ayam Sehat

Opor Ayam Sehat

Masak apa? 🐓 👦 : opoooor ayam yaaa Alhasil, langsung keluarin bahan, ulek2 goreng jadi deeh Difoto banyak bawang putih karena paling suka dengan bawang putih.. Dan banyak juga manfaat nya Caranya memang agak ribet, tapi kalau bisa buat gak amis, sehat dan enak. Kenapa enggak..?? Selamaaat mencobaaa

5-10 porsi
20 Menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Anak saya suka makan ayam telor dengan kuah seperti ini .gurih dan sedikit manis dg banyak rempah

4 porsi
120 menit
Terik Daging

Terik Daging

Di kulkas masih ada (aja) daging sisaan kurban kemarin. Di rawon udah. Di gulai udah. Di oseng mercon juga udah. Akhirnya Kangmas rikwea dibikin terik. Okelah, cus~

2-3 porsi