Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Tahu Tempe Istimewa yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 25, 2022

Opor Tahu Tempe Istimewa

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor Tahu Tempe Istimewa yang simple Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Opor Tahu Tempe Istimewa yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Tahu Tempe Istimewa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Tahu Tempe Istimewa ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perlu diingat, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor Tahu Tempe Istimewa diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Tahu Tempe Istimewa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Tahu Tempe Istimewa memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi kangen opor ayam buatan ibu, alhasil karena adanya bahan di rumah tahu tempe jadinya buat opor versi irit Hehe. Rasanya lumayan bisa mengobati rindu masakan ibu. Pas banget dimakan pas cuaca hujan dan mendung. Biar makin mirip masakan ibu, aku juga buat sambal goreng sebagai bahan pelengkap santapan opor ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Tahu Tempe Istimewa:

  1. 1/2 papan tempe
  2. 6 buah tahu ukuran sedang
  3. 1 buah santan kara ukuran segitiga
  4. secukupnya bawang goreng
  5. 1 batang serai
  6. 1 ruas laos di geprek
  7. 2 lbr daun salam
  8. secukupnya garam
  9. 1 sdt gula pasir
  10. 1 helai daun bawang
  11. penyedap rasa (bila perlu)
  12. Bumbu Halus:
  13. 3 siung bawang putih
  14. 3 buah bawang merah
  15. 1,5 kemiri
  16. 1 sdt ketumbar
  17. 1/2 sdt merica
  18. 5 buah cabai rawit
  19. 1 ruas kunyit (1cm)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Tahu Tempe Istimewa

1
Pertama potong tahu menjadi 2 bagian, dan potong tempe sesuai selera ukuran. Kemudian goreng tahu dan tempe setengah matang dan sisihkan.
2
Tumbuk dan haluskan bumbu halus. Panaskan sedikit minyak untuk menumis lalu tumislah bumbu sampai harum dan masukkan laos, serai, dan daun salam. Tambahkan air secukupnya, aduk-aduk tunggu mendidih.
3
Setelah mendidih, masukkan santan dan masukkan irisan daun bawang. Koreksi rasa, tambahkan garam dan gula. Apabila sudah pas, masukkan tempe dan tahu yang sudah di goreng.
4
Aduk-aduk perlahan supaya santannya tidak pecah. Tunggu sampai kuah santan sedikit menyusut. Koreksi rasa kembali, atau tambahkan penyedap rasa bila perlu.
5
Setelah kuah agak berkurang dan terlihat meresap. Matikan apinya.
6
Siapkan taburan bawang goreng untuk menambah cita rasa. Bisa juga dilengkapi dengan lontong/ketupat dan sambal goreng.
Opor Tahu Tempe Istimewa - Step 6
7
Selamat mencoba :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

Mulai bingung bikinin maem buat Mbak kecil. Yang pasti harus berkuah, karena kalo seret, langsung hoek. Cobain bikin opor aja tapi santannya diganti UHT. Alhamdulillah tandas! ๐ŸŽ‰

20 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Pengen masak ayam tapi yang berkuah, akhirnya pilihan jatuh pada opor ayam, cocok banget hujan2 maem lauk opor ayam anget2..๐Ÿ˜„ tapi ni versi simple yaa pake bumbu seadanya dan ga pakai dedaunan macam daun salam dan daun jeruk ๐Ÿ˜, tapii rasa tetep enaaakkkk.. Resep lainnya bisa juga liat di IG @tyasprabowo banyak yang ga ketulis di cookpad, nulisnya kalo sempet aja ๐Ÿ˜„

Opor Ayam Labu Siam

Opor Ayam Labu Siam

Opornya ga pedas ya... Supaya praktis pedas2nya (rawit utuh) di jadikan satu, jadi tidak usah buat sambal lagi. Jika ingin pedas tinggal penyet cabenya. Labu atau waluhnya ditaburi garam setelah di kupas dan diserut bentuk korek kemudian remas2 hingga layu, cuci kembali dan tiriskan. Cara ini dilakukan agar labu atau waluh ketika di masak tidak mudah hancur...ok langsung di coba ya resepnya๐Ÿ˜†

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Kreasi bumbu kuning dengan daging ayam... awalnya niat mau bikin gulai ayam, tapi karena anak2 saya belum bisa makan yg pedas.. maka dibikin opor saja... ternyata anak2 suka bgt... senang kalo lihat anak doyan makannya ๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

12 porsi
45 menit
Sayur gori kuah opor

Sayur gori kuah opor

Buat keluarga tercinta

Opor Ayam Nanas

Opor Ayam Nanas

Opor ayam paling enak dimakan dg nasi, ketupat atau lontong. Kalau saya masaknya pakai nanas, jadi rasa kuah opor nya segar. Tidak enek. Khas palembang spt itu, apalagi dihidangkan dg sambal nanas. Maknyoosss... tambah lagi dong

Terik pehu belimbing

Terik pehu belimbing

Cuaca hujan terus jadi males ke pasar.. cek kulkas cuman ada tahu tempe dan di halaman belakang pohon belimbing berbuah dgn lebatnya..baiklah kita kombinasikan dan ternyata.. seggeerr banget ๐Ÿ˜ƒ

Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Opor Ayam Telur Tempe (#postingrame2_ayam)

Malu juga nih posting nih foto. Tinggal the last nih baru sempat moto. Yang penting ikut ngramein aja ya. Next kalo masak opor lagi foto lagi deh..

Opor Ayam ala #DapoerVirgie

Opor Ayam ala #DapoerVirgie

First time I made this, specially for my husbandโค

4 porsi
Simple Opor Ayam

Simple Opor Ayam

Dingin dingin masak santan yang berkuah... Sedap betul.. ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š๐Ÿ‘๐Ÿฝ

4 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sering disajikan saat hari-hari besar. Opor juga merupakan masakan dengan menggunakan bumbu putih.

1 porsi
Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Si sulung suka banget masakan yg berkuah santan. Terutama opor ayam. Dan ini merupakan menu utama di rumah ibukku saat lebaran. Disajikan dengan ketupat atau lontong Nyummy... Yg aku buat kali ini ditambah tahu krn di kulkas ayamnya hanya ada sebelah hehe. Kalau di rmh ibuku hanya ayam saja dan masaknya 10 ekor bahkan lebih. Ditambah lauk2 pendamping lainnya. Ketupatnya pun dibuat hingga 200 buah. Krn selain utk keluarga besar, jg utk tamu2 yg datang silaturahim. Jd opor ayam ini menu special di keluarga kami. Yg mau coba bikin opor ayam ala keluarga kami, ini dia resepnya.

4 porsi
60 menit
Terik Tahu dan Tempe

Terik Tahu dan Tempe

Bikinnya uda agak lama, tp baru share sekarang. Ayah suka sayur santen2, krn emg dr dulu sblm nikah dikeluarga masakin nya santan2an mulu. Kan kelapa di kampung mah murah๐Ÿ˜. Sedang sy kurang suka sayur santen. Tapi demi menyenangkan perut suami๐Ÿ˜ gpp ngalah. Kali ini sy bikin agak encer aja santan nya, bukan krn kelapa mahal, males marut, tp dimusim ujan dan dingin gini kalo makan yg kentel2 kok kurang segar๐Ÿ˜. Kalo ibu2 mo ikutan masak, santan disesuaikan selera yahh?? (kaya ada yg mo ikutan masak aja qiqi...)

5 porsi
Terik tahu tempe cecek

Terik tahu tempe cecek

Saya sering dikirim sama temen sayur ini, dia bilang tempe sama tahu dah mau layu jd dibikin lah sayur ini, saya berpikir bener jg kadang kita sering tahu ato tempe tergolek di kulkas bingung mo di masak apa akhirnya.....aq eksekusi deh....

Sayur Terik

Sayur Terik

Masakan berbahan tahu,tempe,daging&telur ini kalau di Semarang disebut "jangan Terik" atau Sayur Terik.selain bisa disajikan dengan nasi bisa juga disajikan bersama dengan bubur beras.selamat mencoba.