Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Gulai/Opor Ayam yang Sempurna

Dipos pada February 18, 2022

Gulai/Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Gulai/Opor Ayam yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Gulai/Opor Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai/Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai/Opor Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gulai/Opor Ayam sekitar 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Gulai/Opor Ayam diperkirakan sekitar 45menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai/Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai/Opor Ayam memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dibuat dengan bahan yang ada dan cukup minim, terutama di bagian rempah2nya, tapi untuk rasa gak beda jauh dengan opor / gulai ayam buatan mama kala lebaran di Indonesia...;)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai/Opor Ayam:

  1. 1 kg ayam potong-potong (ukuran sesuai selera)
  2. 400 ml santan
  3. 800 ml air putih
  4. secukupnya Garam
  5. 1 sdt Merica
  6. 1/2 sdt Kunyit bubuk
  7. 1 sdm Kaldu ayam
  8. 2 siung bawang merah iris tipis
  9. 3 siung bawang putih iris tipis
  10. 1 lbr daun salam
  11. 2 lbr daun jeruk kering

Langkah-langkah untuk membuat Gulai/Opor Ayam

1
Rebus ayam terlebih dahulu, tambahkan garam, merica, 1/2 sdk teh kunyit bubuk. Tunggu hingga ayam matang dan lunak. Tiriskan.
2
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu dan harum, masukkan daun jeruk dan daun salam, tambahkan garam,merica, kunyit bubuk aduk rata sebentar. Masukkan santan dan aduk kembali. Tambahkan air secukupnya atau sesuai selera jika ingin kuah lebih banyak dan tidak terlalu kental.
3
Masukkan ayam yang sudah direbus tadi. Aduk perlahan hingga mendidih.
4
Usahakan diaduk perlahan secara terus menerus sampai kuah mendidih supaya santan tidak pecah. Apabila santan pecah,akan mengurangi rasa.
5
Setelah mendidih, cek rasa. Tunggu hingga paling lama 10 menit supaya bumbu dan rasa santan meresap ke dalam ayam. Apabila terlalu lama, santan akan mengeluarkan terlalu banyak minyak.
6
Opor / gulai ayam siap dihidangkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

pak suam request minta menunya opor ayam pakai lontong. baiklah telp mama nanya resep lalu eksekusi deh~

Opor ayam

Opor ayam

5 porsi
45 menit
Opor Ayam #keto

Opor Ayam #keto

Request anak sholihah kangen sama ayam opor.

Opor Ayam Krecek Gurih

Opor Ayam Krecek Gurih

Recommended untuk pemula. Untuk saya bumbu indofood ini sudah pas ya rasanya. Jadi saya tidak pakai santan dkk lagi. Mudah sekali memasaknya 😊

2 porsi
25 menit
Opor daging entog #2

Opor daging entog #2

Persiapan nanti malam, masaknya bareng ibuk 😍 #BikinRamadanBerkesan. Nb : Entog atau klo dlm bahasa jawa mentok adalah unggas berkaki 2 πŸ˜‰ yg kaki nya pendek lehernya pendek tapi smelehoy. Nah itu yg bikin si entog inj banyak daging nya dan menurut saya tekstur dagingnya mirip daging bebek, berserat gitu dan cenderung keras makanya di siapin nya daging yg udah di rebus/ungkep biar lebih mudah masaknya

Opor ayam

Opor ayam

Ini resep opor ayam pas lebaran ala eyang putri sayaa. Yuk dicoba.. Biasanya ini menu wajib yang harus ada waktu lebaran ketupat. Hohoho. Dimakan barengan sama ketupat, enaaaaak..

Opor ayam dan telur

Opor ayam dan telur

Recook dari bunda kiana. Enak rasanya pass dilidah... Krn utk anak2 sy pakai ayam dada tanpa kulit, jd kuahnya tdk terlalu oily..

Opor Ayam #prRamadhan_masakBesar #bikinramadanberkesan

Opor Ayam #prRamadhan_masakBesar #bikinramadanberkesan

#day27 #berburucelemeksakti Ini nih masakan yang selalu ada pas lebaran, masakan favorit keluargaku selain rendang dan sambel goreng kentang.. hihihi Opor ayam cocok banget dimakan sama ketupat.. dikasih kecap sama sambel opor yang ekstra pedas πŸ”₯trus makannya botram sama keluarga besarku.. aah jadi pengen cepet" lebaran.. sabaar masih 2 minggu lagi 😁 Resep simple dari mama ku tersayang..makasih mama sekarang tiap lebaran pasti masak opor sendiri ga minta lagi sama mama πŸ˜‚

Opor Ayam Campur #Bandung_recookSenyRoss

Opor Ayam Campur #Bandung_recookSenyRoss

Setor arisan recook resepnya teh Seny Ross😘 Tp di resep ini bumbunya udah aq tambahin sesuai selera aq...πŸ™πŸΌβ˜ΊοΈ Maafkan publish nya ketelatan... Tp foto recook dah tayang duluan koq...πŸ˜…

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

#pekaninspirasi #cookpadcommunity #cookpadcommunity_solo Kalau dirumah saya opor nya putih bukan kuning seperti pada umum nya,dan daging nya pun sapi bukan ayam,plus ada tambahan telur ayam kampung rebus nya juga.Tapi kali ini saya buat pakai ayam opor nya,kuah nya sedikit lebih encer kalau ayam,beda dengan daging sapi,kuah nya lebih kental.Mau di makan dengan lontong/sebagai lauk makan nasi sama2 enak nyaπŸ˜‹πŸ˜‹ Ini resep saya dapat dari mamah saya.Saya tuliskan resep nya siapa tau bunda2 ada yg mau buat juga di rumah

Opor Ayam

Opor Ayam

Dah lama gak nulis resep..fokus diet pemirsa..hi3..nanti dekat2 hari imlek baru tulis resep2 kue yang nanti sedang dibuat. Ohya..buat opor ini ayamnya saya goreng dulu..karna anak2 pada gak suka kalau ayam gak ada garing-garingnya.

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Menu untuk anak2,mereka suka berkuah...enak banget dinikmati dengan lontong dan sambal...saya pakai santan instan.Lebih bagus dan enak lagi dengan santan asli.

Opor ayam jawa

Opor ayam jawa

Dulu sering nya dimasakin ini sama mama apalagi tiap kali lebaran trus di sandingkan dengan sambel goreng ati uUuch perpaduan yg sempurna🀀

45menit
Opor Bakso Telur

Opor Bakso Telur

Masak ini untuk anak makan,krna ank saya suka sama bakso , bosenlah bakso dbikin kuah bening atau sop terus ,jadilah di inovasikan dgn bumbu opor ,enak juga ank saya trnyata suka πŸ˜…πŸ˜ŠπŸ˜‹

3-4org