Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kampung yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 15, 2022

Opor Ayam Kampung

Bagaimana membuat Opor Ayam Kampung yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam Kampung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Kampung, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Kampung sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih dalam edisi menu lebaran, cuma telat aja postingannya. Opor ayam kampung dengan kuah putih yg santannya ga kental bikin ga eneg. Dan ada tips di bawah supaya opor ga gampang basi. Selamat mencoba.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kampung:

  1. 2 ekor ayam kampung
  2. 2 liter air
  3. 1 butir kelapa
  4. Bumbu halus:
  5. 10 butir bawang merah
  6. 5 siung bawang putih
  7. 6 butir kemiri
  8. 1 sdt ketumbar
  9. 1 sdt merica
  10. 1/2 sdt biji pala
  11. 1/2 sdt jinten
  12. 1 sdm garam
  13. 2 batang Sereh geprek
  14. 5 lembar daun salam
  15. 1 ruas lengkuas
  16. 5 lembar daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kampung

1
Bersihkan ayam yang sudah dipotong2, lalu sisihkan. Sembari menghaluskan bumbu, didihkan 2 liter air.
2
Tumis bumbu halus dan rempah nya hingga halus, lalu masukkan ke air yang sudah mendidih.
Opor Ayam Kampung - Step 2
3
Masukkan juga ayamnya, lalu rebus hingga ayam lunak.
Opor Ayam Kampung - Step 3
4
Nah ini tips sederhana supaya opor ayam ga mudah basi. Setelah ayam mendidih, tanpa diberi santan, kami diinginkan dan biasanya kami bagi2 dalam kantung plastik dan simpan di frezer kulkas.
Opor Ayam Kampung - Step 4
5
Untuk santannya juga demikian, 1 butir kelapa saya peras dengan air matang dan bungkus di plastik, simpan di frezer kulkas juga.
Opor Ayam Kampung - Step 5
6
Disesuaikan saja Klo ayamnya dibagi 2 bungkus, maka santannyapun 2 bungkus. Sesaat sebelum disajikan, rebus ayam dan santannya. Hal ini dilakukan u menghindari opor ayam yang gampang basi Klo lupa diangetin seharian, atau Klo dikit2 diangetin krn takut basi, yg ada kuah surut dan merusak tekstur ayam dan rasa krn biasanya makin asin. Nah Klo dibekukan begini, ayam dan santan bisa kuat lama, dengan catatan simpennya di frezer ya.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Ini sangat mudah untuk pemula ❀

5 porsi
Opor Ayam Kampung Telur

Opor Ayam Kampung Telur

Masih dengan tema gerabah yg bikin gemes 😍😘 sukaa bgt. Opor ayam kampung dan telur sebagai pelengkap ketupat yang saya buat kemarin. Berikut resepnya semoga bermanfaat:

Opor Ayam Nanas

Opor Ayam Nanas

Opor ayam hidangan lebaran kemarin, saya bikin lihat resep dari berbagai sumber, saya tertarik ada tambahan nanasnya. Bumbu meracik sendiri. Rasanya manis, asam, gurih.

Opor Ayam

Opor Ayam

1 jam 30 menit
Lontong opor sambel goreng

Lontong opor sambel goreng

Biasanya makan lontong opor saat lebaran tapi bukan lebaran juga boleh kok makan lontong opor, bikin sendiri biar puas makan nya.

Terik Ikan Teri

Terik Ikan Teri

Terinspirasi dengan nenek yang suka sekali ikan asin.

1 porsi
15 menit
Opor Ayam ala Liya

Opor Ayam ala Liya

Udah lama ga share resep.... Yuk masak yuk bun.....

Opor ayam

Opor ayam

Santan nya ga terlalu kental, dan di tambah wortel dan kentang. Biar masak nya sekalian

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Resep dari si mbak dirumah yg gampang banget tapi endes.

4 porsi
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Padahal lebaran udah kelewat tapi gapapa kan masak opor ayam kali kali hihi . mumpung punya ayam di kulkas bosen kalo di goreng

Opor ayam

Opor ayam

Masak opor lagi porsi mini, yups karna ini suami lg minta dibuatin opor karna yang makan cuma berdua aja, jd bikin porsi sedikit, biar ga mubazir.

Terik ayam

Terik ayam

Alhamdulillah sudah sehatan dan mumpung waktu selo..cekrek cekrek..upload deh di cookpad.. Terik masakan khas jawa..bumbu mirip opor..tapi terik lebih kental santannya..sedang opor encer..

30 menit
Opor ayam simple

Opor ayam simple

Belajar jadi istri yg baik & mulai otak atik dapur bikin makanan kesukaan suami.. hhmmmmm dan hasil masakan q katanya enakk.. 😁😁😁

4 porsi
Opor Ayam, Kentang dan Tahu bumbu simple

Opor Ayam, Kentang dan Tahu bumbu simple

Mau nyoba2 aja bikin opor. Ngulik2 cookpad dan nemu resepnya mbak laras. Bumbunya ga ribet. Cuma saya "otak-atik" sedikit. Hasilnya puaaas... ga pake ribet..😊😊

Opor Ayam

Opor Ayam

Ini resep dari Mama saya. Tiap masak Opor Ayam, saya selalu pakai resep ini. Ini resep untuk 1 kg ayam. Kalo mau masak 1/2 kg bumbu di sesuaikan aja ya.