Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Candil Mutiara yang Bikin Ngiler

Dipos pada September 29, 2018

Bubur Candil Mutiara

Bagaimana membuat Bubur Candil Mutiara yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Bubur Candil Mutiara yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Candil Mutiara, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Candil Mutiara bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Mutiara sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Mutiara memakai 8 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenBatikApron #week_4 Buat kudapan yg seger² dan manis. Anak anak pasti suka❤️

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Mutiara:

  1. 500 gr ubi kuning
  2. 200 gr tepung tapioka / kanji
  3. 1 butir kelapa parut (buat kuah santan)
  4. 250 gr gula merah
  5. 1 bungkus sagu mutiara
  6. Secukupnya gula pasir
  7. Secukupnya garam
  8. Secukupnya daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Mutiara

1
Siapkan bahan bubur. Ubi kuningnya sudah saya rebus.
Bubur Candil Mutiara - Step 1
2
Ubi di haluskan, lalu di campur tepung tapioka. Beri garam setengah sendok teh. Aduk dan ratakan adonan. Jika suka manis, bisa di tambahin gula.
Bubur Candil Mutiara - Step 2
3
Bola bola ubi di pulung² hingga habis
Bubur Candil Mutiara - Step 3
4
Rebus 1 liter air hingga mendidih, masukkan gula merah, Tambahkan gula pasir sesuai selera, agar lebih manis.
Bubur Candil Mutiara - Step 4
5
Masukkan bola2 ubi ke dalam air gula. Jika bola2 ubi sudah mengambang di permukaan, tandanya sudah matang.
Bubur Candil Mutiara - Step 5
6
Larutkan 2-3 sendok makan tepung tapioka dengan setengah gelas air. Tuangkan ke dalam bola ubi. Aduk rata sampai mengental dan mendidih.
Bubur Candil Mutiara - Step 6
7
Candil sudah siap dan sisihkan
Bubur Candil Mutiara - Step 7
8
Bubur Mutiara. Pakai metode 5-30-7. Artinya, rebus air hingga mendidih, (ini pakai 4 gelas air) masukkan mutiara dalam air mendidih tersebut selama 5 menit.lalu Matikan kompor selama 30 menit. Hidupkan kompor lagi selama 7 menit. Lalu tiriskan. Hasilnya matang merata. (Biarkan panci tetap tertutup rapat ya Bunda).
Bubur Candil Mutiara - Step 8
9
Kuah santan : santan agak kental dari satu butir kelapa. Di rebus dengan daun pandan dan satu sendok teh garam. Kira² jadi 3 gelas.
Bubur Candil Mutiara - Step 9
10
Susun bubur candil mutiara ke dalam piring saji.
Bubur Candil Mutiara - Step 10
11
Bubur Candil Mutiara siap di nikmati.. selamat mencoba Bunda❤️❤️
Bubur Candil Mutiara - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Wortel

Bubur Candil Wortel

Cooksnap resepnya Mbak @tatta_manyund Sebagai bentuk terimakasih kepada beliau yg sdh sharing sharing 'per make up an' di COCOM SUMUT, terima kasih banyak sharingnya, Mbak🙂🙏... Terimakasih juga resep buburnya, uenak👍 sebenarnya resep aslinya KOLAK WORTEL, cuma saya Modif sedikit agak kental, dan vanili bubuknya saya ganti daun pandan, jadinya bubur Candil deh🙂🙏 #Horas_SasagunTattaKirana #cookpadCommunity_SumUt #MariMasak #MasakItuIndanDanIbadah

4 porsi
Biji salak

Biji salak

Doyan banget sama biji salak, taapi setiap beli diluar pasti ubinya ga kerasa, malah ada yang cuma adonan terigu sama sagu 😂 Jadi bikin sendiri dah

Jenang cendil simpel

Jenang cendil simpel

4-5 porsi
30menit
Biji salak rainbow

Biji salak rainbow

Pengen buat yang manis manis, untuk menu buka puasa suami... taraa jadilah, biji salak rainbow , hihi... sayangnya biji salak yg ijo gak kliatan mom...

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Aku itu paling suka makanan yang direbus dan dikukus dari pada di goreng. Jadilah kepingin kolak biji salak

Kolak pisang biji salak

Kolak pisang biji salak

Kegabutan yang hqq

Candil Ubi Kuning

Candil Ubi Kuning

Aneka olahan dari ubi memang ngga Ada habisnya. Kreasi unik satu ini Makin nimmat disantap pada saat berbuka puasa. Rasa ubi Yang manis mengurangi takaran gula, disantap dalam keadaan hangat ataupun dingin oke aja. Sesuaikan selera yaaa..

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Kalau cuma ubi dikukus dah biasa rasanya ya kayak gitu-gitu aja. Karna penasaran belum pernah coba buat kolak biji salak, saya putuskan buat ternyata mudah. Tidak butuh waktu lama dimasak dan tidak butuh waktu lama buat ngehabisinnya. Hehehehe. . . .

4-5 porsi
Bubur Candil/Biji Salak

Bubur Candil/Biji Salak

Saking pengennya bikin bubur candil/biji salak, sampe keliling ke toko-toko nyari tepung ketan... "Maaf, tepung ketannya kosong, yang ada ketan" 😔😔😔 Udah muter 3 toko akhirnya dapet juga tepung ketan. Bikin yukssss.... Makannya cuma 10 menit, bikinnya 1 jam..... It's ok lah..... 😋😋😋 #PejuangGoldenApron3 #GodaTeflon_Minggu5 #AnekaBubur #MasakAsyik #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Malang

3-4 porsi
30 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Kenapa mesti nunggu bulan puasa, kl bisa bikin kapan aja

Biji salak yellow sweet potato(ubi kuning)

Biji salak yellow sweet potato(ubi kuning)

Beli ubi kuning di pasar....antara 2 pilihan, mau bikin talam ubi atau biji salak...daaaaaannn ....anak wedok minta bikin biji salak😆.....pakai resep mba diah didi kitchen's...tapi saya rubah sedikit mengikuti selera😄.

Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Bubur Sumsum & Biji Salak Ungu

Buburnya lembuuut banget, Cocok untuk es palu butung juga, aroma pandan & gurihnya santan ngeblend abis sama manisnya si biji salak & kuah kentalnya. jangan skip penggunaan tepung ketan, ini kunci agar permukaan bubur yg lembut itu tdk kekeringan dan retak2 pas diambil. sempet kaget pas bikin biji salak, pas di rebus seperti yang kelembekaaaan banget, mikir apa krn sagu sy ganti tepung ketan ya? jadi g terlalu 'ngikat', sempet curiga juga apa kurang banyak ngasih tepung. Pas diangkat dan dimasukan ke kuah gula merah yg kental itu.. wow Bentuknya yg tadinya g karuan jadi bulat mulus sempurna.. haha, alhamdulillah. Dan kalau dimakan hangat, tekstur masih seperti kelembekan kurang tepung, sedang saya masukkan kulkas, biar 'agak mengeras' & kenyal seperti yg saya harapkan.

Bubur Biji Salak Ubi Merah

Bubur Biji Salak Ubi Merah

Masih edisi menu-menu takjil untuk buka puasa, nyoba bikin bubur biji salak dari ubi merah...

4 porsi
60 menit
Biji salak

Biji salak

Mengkreasikan ubi yg masih ada didapur,biar gak bosen ubinya kali ini dibuat biji salak,hehhee.. #Kedapuraja #Dirumahaja #CookpadIndonesia #CookpadComunity_Malang

14. Jenang biji salak Ubi kuning

14. Jenang biji salak Ubi kuning

Punya Ubi kuning dah lama sekali smpai tumbuh bunga... dr pda busuk d pke biji salak ja #cookpadcommunity #kab_malang #pawoen_mungil #06022020

Bubur Sumsum Candil Ubi Ungu

Bubur Sumsum Candil Ubi Ungu

Beberapa hari yang lalu,, Semangcook ada acara nih di WAG Semangcook, yaitu Semangcook Sinau "Bermain Warna" dengan nara sumber dr member Semangcook sendiri yaitu mbak @ErnySulistyowati , thankyou mbak, saya sll minta krisan buat photo2. Tiap hbs eksekusi, lgsg WApri dia,, mnt di benerin 🤭 pokoke sll ngrepotin...🤣 Nah dr Sinau Warna ini,,, ternyata Food photography jg bisa nerapin, yg bikin suasana photo jd lebih berwarna... 🤭 Sdh mencoba,, tp hnya begini hasilnya...😁 #Semangcook_WarnaTanpaGluten #PekanPosbar #GlutenFree #CookpadCommunity_Semarang #Semangcookhokyahokye #PejuangGoldenBatikApron

Biji salak ungu❤

Biji salak ungu❤

Nyoba2 ternyata jadi juga biji salaknya♡dan orang rumah bilang enak terutama suami♡♡hehee

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

4-5 orang
30 menit