Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak biji salak yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 26, 2018

Kolak biji salak

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kolak biji salak yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Kolak biji salak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak biji salak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak biji salak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kenapa mesti nunggu bulan puasa, kl bisa bikin kapan aja

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak:

  1. 1/2 kg ubi kuning
  2. 50 gr tepung kanji
  3. 1 bgks santan kara instan yg kecil
  4. secukupnya gula merah
  5. secukupnya gula pasir
  6. secukupnya garam
  7. 2 lbr daun pandan
  8. 1 sdt vanili
  9. secukupnya air utk rebusan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak

1
Kupas ubi kuning, cuci, potong2 kemudian kukus.
2
Setelah matang hancurkan, tambah tepung kanji lalu bentuk bulat2
Kolak biji salak - Step 2
3
Didihkan air, rebus hingga ubi mengapung tandanya sudah matang
4
Di panci yg berbeda, didihkan air, dg daun pandan iris gula merah, garam, vanili lalu masukkan santan (Bisa juga santannya dipisah). Koreksi rasa, beri larutan 1sdt larutan air kanji agar kuah agak kental.
5
Siap dihidangkan, selamat mencoba
Kolak biji salak - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji Salak Ubi

Biji Salak Ubi

Karena mo ditinggal mudik ke ranah minang bersih - bersih dapur dulu,manfaatin bahan2 yang masih ada,sayang kalo dibiarin nanti kebuang,masih ada ubi yang belum sempat diolah,bikin yang cepet matang aja deh si biji salak ini...buat yang suka kental tambahin lagi ya untuk larutanya,saya lebih suka yang encer soalnya..

Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Suka banget sama yang namanya ubi ungu,selalu enak dibikin apapun...pagi ini bikin lagi biji salak.Haluskan ubi ketika masih panas ya agar gampang menghaluskanya.

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ngeliat ubi ungu jd keinget biji salak'y emak di kampung,n kangen jg sm kolak yg ada'y di bulan puasa y dr pd nunggu lm y bikin aja gampang jg kan😊

30 menit
Bubur Candil (biji salak)

Bubur Candil (biji salak)

Bicara tentang makanan, pasti banyak banget yang bisa dikreasikan. Apalagi bahan karbo, tentunya banyak banget yang bisa dieksplor. Biasanya kalau membahas karbo kita langsung ingat sama nasi, tapi ada lagi loh menu karbo yang bisa kita olah, misalnya ketan, kalo kita olah jadi tepung terus dibuat jadi bahan makanan pasti enak banget ya moms πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ kali ini kita coba bikin menu makanan manis dari bahan ketan yukπŸ₯° #TetepKenyangTanpaNasi #cookpadindonesia #menusimpel #masakanindonesia #gulamerahjodohnyasantan #nyalkenyalkenyal

5 porsi
30 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Bikin biji salak kesukaan my princess nih .. Yuk kita eksekusi .. Cekidot πŸ˜†

Kolak Pisang dan Biji Salak

Kolak Pisang dan Biji Salak

Kemarin kok terbayang kolak pisang tapi ketela nya diganti biji salak kayanya enak deh. Coba bikin hari ini dan sesuai dugaan, asli enak banget. Yukkk buruan beli bahan. Pas banget di rumah pada sakit batuk dan flu. Sore-sore makan kolak hangat-hangat.. Mantulll nikmat hangat di tenggorokan. Salam β€œAnyone can cook”

Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Dari ubi disulap menjadi hidangan buka puasa yg manis dan cantik warnanya.. tentu saja mudah bikinnya..

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Punya ubi oleh-oleh dari kampung, baru sempat diolah hari ini πŸ˜‚

Kolak Candil Ubi ungu

Kolak Candil Ubi ungu

#PejuangGoldenBatikApron Week -2

8 porsi
60 menit
Bubur candil labu kuning (bubur gelintir)

Bubur candil labu kuning (bubur gelintir)

Dulu kalo ada bubur gelintir ini cuma ada pas orang abis lahiran aja atau pas cukur rambut bayi, kalo sekarang bubur candil udah di jual bebas, terkadang suka kangen jajanan ini, di #weekendchallenge ini saya coba bikin si bubur candil atau gelintir, mumpung ada labu kuning jadinya langsung eksekusi sendiri deh,biasanya sih kalo di rumah pake kentang 😁 #PejuangGoldenApron3 #berLABUpadamu #CookpadIndonesia #cookpadcommunity_Indramayu #cookpadcommunity_temanggung

5 orang
Candil Ubi aka Biji Salak

Candil Ubi aka Biji Salak

Udah seminggu beli ubi dr warung langganan tp masih blom diapa apain... Tadinya mau digoreng pk tepung kayak pisang goreng gituu tp takut yg anak dan ayahnya ga sukak... Mumpung lg mood mau dibikin candil ajaaah..

Bubur Sumsum dan Biji Salak Kuah Gula Aren

Bubur Sumsum dan Biji Salak Kuah Gula Aren

Kepanjangan judulnya yah πŸ˜† Sengaja pake gula aren, karna dapet oleh2 dr kampung 😊 Jadi otomatis warna kuah gula lebih gelap dan pekat yaa moms. Bagiku ini tetep enak πŸ˜‹ tapi memang lebih enak kalo pake gula merah yaa.

Biji salak

Biji salak

Kangen suasana buka puasa.. iseng2 buat ini. bahannya gak ribet and buatntlya juga sesimple ituuuu

177. Es Loder

177. Es Loder

Masih jalan-jalan Virtual ke kota Bogor saya penasaran dengan Es Loder dari penampakanya kok kayanya enak ya,akhirnya coba bikin dan ternyata alhamdulillah enak banget,selain seger juga mengenyangkan πŸ€— resep ini saya dapat dari mbak @opibun mantap banget mbak πŸ‘πŸ˜‹πŸ˜ terima kasih resepnya mbak πŸ™πŸ»πŸ˜š https://cookpad.com/id/resep/11347397-es-loder?invite_token=ujQmn3Ap8ozB35MS4pYeEUCb&shared_at=1624805229 #PotBerbisik_Bogor #CookpadCommunity_Bekasi

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

resepnya ambil dr melz kitchen... saya rasa pas di lidah..pas bulan puasa kemarin juga sempat jualan pake resep ini.. top deh..cuma ada yg ditambahin dikit yg menurut versi saya maknyuuusss..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†