Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) yang Enak Banget

Dipos pada October 11, 2019

Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran)

Sore-sore begini enaknya membuat Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) memakai 30 jenis bahan dan 22 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaahirrahmanirrahiim.. . Alhamdulillah bisa ikutan GoDa Parsel @komunitaspaders week 3, kali ini bener niat banget agar masup tema , nyari tempat² hampers /parsel di pasar nihil, minta suamik yg kebetulan lagi diperjalanan utk mampir di kerajinan Silungkang alhamdulillah nemu.. 🥰 Nah kebetulan juga punya beras basmati msh utuh tak terjamah sejak pulkam dulu kira2 9 bln yll tapi masih baik.. Biasanya dibikin nasi Mandhi, kali ini coba yg versi Briyani.. Nemu resep ini cuss langsung eksekusi .. Caranya tak seribet yang dibayangkan koq. Simple dan yang pasti hasilnya lezaat dan enak. Kalau suka bisa ditambahkan susu ya jadi mirip nasi Kebuli Mau pake daging, ayam, kambing atau sapi hasilnya sama lezatnya koq.. Alhamdulillah bisa dijadikan penghubung silaturrahmi dikala pandemi melanda.. Selalu jaga kesehatan yak..🥰 . Source: @Wardat el Ouyun . #Parsel_Week3 #parsel_liyanify #GoDa_Parsel #GoyangDapurRamadhan #komunitaspaders

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran):

  1. 500 gr daging sapi/ayam/kambing juga boleh,potong dg ukuran sdg
  2. Cuci bersih
  3. 400 gr beras Basmati, rendam slm 30 mnt, cuci bersih tiriskan
  4. 1 bawang bombay, potong dadu kecil²
  5. 4 cm jahe
  6. Secukupnya garam
  7. Secukupnya minyak samin, bisa ganti dg mentega
  8. Bumbu yang dihaluskan
  9. 10 siung bawang putih
  10. 1 ruas kunyit
  11. 1/4 biji pala
  12. 1 sdt ketumbar
  13. 1/2 sdt jinten
  14. Bumbu langsung cemplung
  15. 1/2 sdt bubuk merica
  16. 1 sdt kayu manis bubuk (me, 1 batang kayu manis)
  17. 3 butir bunga lawang
  18. 4 butir cengkeh
  19. 5 buah cabe hijau besar,belah (me, cabe hijau kriting adanya)
  20. 6 buah kapulaga
  21. 2 tangkai daun mint (skip)
  22. 1 tomat merah belah 2
  23. 2 cube kaldu blok (2- 3 sdt kaldu bubuk
  24. 1 ruas lengkuas geprek
  25. Pelengkap Nasi
  26. Sejumput saffron
  27. Secukupnya kismis (skip)
  28. Acar (wortel, mentimun, bawang merah, jeniper, garam,cabe,)
  29. Daun parsley rajang (skip)
  30. Kacang mede/kacang goreng (kacang almond)

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran)

1
Siapkan bahan2
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 1
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 1
2
Masak air sekitar 2 liter. Biarkan mendidih. Setelah itu masukan irisan dagingnya. Selanjutnya masukan jahe yang sudah digeprek. Tambahkan sejumput garam. Rebus dengan api kecil hingga daging empuk. Usahakan airnya dijaga jangan sampai terlalu asat ya. Jika air sudah asat dan daging masih kurang empuk, bisa ditambahkan lagi airnya sampai benar-benar empuk. Tapi kalau sudah empuk, pastikan air rebusannya masih tersisa kurleb 1 liter. Jangan lupa test rasa garamnya sudah pas atau belum.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 2
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 2
3
Jangan lupa juga, ulek semua bumbu yang dihaluskan sampai lembut. Sisihkan. (Saya blender)
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 3
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 3
4
Selanjutnya, di wajan terpisah, panaskan secukupnya minyak samin untuk menumis (kira-kira 3-4 sdm. Tumis bawang bombay dan lengkuas geprek sampai harum.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 4
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 4
5
Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis lagi sampai harum. Lalu masukan semua bumbu yang dicemplung. Aduk sampai tercampur rata. Matikan api.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 5
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 5
6
Setelah itu masukkan bumbu tumisan tadi kedalam rebusan daging tadi. Aduk-aduk kembali sampai rata. Masak lagi dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap. Ingat jika airnya mulai menyusut kurang dari 1 liter, maka tambahkan lagi airnya. Jika dirasa sudah meresap dan daging sudah berasa bumbunya, segera matikan api.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 6
7
Selanjutnya, dengan menggunakan saringan besar, saring rebusan daging tadi. Ambil semua daging, sisihkan. Untuk residu bumbu yang tersisa silahkan dibuang saja ya. Sementara kaldunya dipakai untuk memasak berasnya.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 7
8
Cara memasak beras: tuang 3 gelas air kaldu tadi ke dalam panci (sekitar 750 ml). Rebus sampai mendidih. Jika dirasa kurang asin. Tambahkan lagi sedikit garam. Karena untuk memasak berasnya, garam harus ditambahkan lagi agar nantinya berasa (sama halnya seperti nasi uduk). Lalu masukkan beras.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 8
9
Pastikan posisi beras 1 ruas jari lebih rendah dari jumlah air ya (diukur pake ruas jari tangan). Jadi kalau airnya kurang bisa ditambahkan lagi dengan air panas (atau air kaldunya jika masih ada). Dan jika terlalu banyak silahkan dikurangi lagi. Tutup panci. Masak dengan api kecil. Kalau air sudah asat segera buka tutup panci.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 9
10
Lalu tutup kembali panci rapat-rapat dengan menggunakan alumunium foil. Pastikan jangan sampai ada lubang. Setelah itu baru ditimpa lagi dengan tutup pancinya. Masak lagi dengan api kecil.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 10
11
Kalau terlihat tutup pancinya sudah sedikit berasap, bisa dipastikan nasinya sudah hampir masak. Nah, kalau sudah hampir masak, kita buka dulu alumunium foilnya sebentar, lalu tepat ditengah-tengah nasi di bagian atas kita gali dengan centong, cukup satu centong saja, nasinya kita ambil. Lalu masukkan kismis dan sejumput Saffron tepat ditengah tadi. Kismis lagi tak punya, jd saffron saja.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 11
12
Tutup lagi lubang dengan nasi tadi. Ratakan.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 12
13
Tutup lagi dengan alumunium foil sampai rapat. Timpa dengan tutup pancinya. Masak lagi sampai nasi benar-benar matang dan pulen. kalau sudah pulen, kita buka, maka nasi yang di tengah itu akan berwarna merah. Kita aduk-aduk menggunakan sendok ya biar rata, tapi tetap ditengah bagian atas aja. Gak perlu diaduk sampai ke bawah. Setelah itu tutup lagi agar tetap hangat. Dan nas sudah siap disajikan.
14
Note: alumunium foil di sini fungsinya agar tekstur nasi cepat matang dan pulen. Juga tidak membuat tekstur nasi terlalu matang (patah-patah). Selain itu kita tidak perlu repot-repot mengukus nasinya. Kalau nasi sudah matang, waktunya menyajikan nasi Biryani.
15
Cara menyajikannya. Tempatkan nasi yang sudah matang di nampan besar.
16
NOTE: untuk nasi yang berwarna kuning kemerahan karena terkena saffron kita tempatkan dulu di piring. Begitu juga kismisnya kita sisihkan dulu. Safronya punyaku sedikit ternyaata jadi tak terlalu berwarna.. Ini jika menggunakan kismis ya..
17
Lalu taruh semua daging tepat ditengah nampan. Selanjutnya nasi berwarna kuning kemerahan tadi kita taburkan di sekeliling daging sampai habis. Begitu juga kismisnya.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 17
18
Taburi dengan irisan daun parsley(skip) dan kacang mede atau kacang Arab kalau ada(saya kacang almond adanya). Jangan lupa juga sajikan dengan acar.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 18
19
Untuk cara membuat acarnya: wortel iris dadu, timun iris dadu, bawang merah iris dadu, cabe iris kecil, sejumput gula halus, sedikit garam, lalu 1 sdm perasan lemon. Aduk rata.
Nasi Briyani Simple (HAMPERS Lebaran) - Step 19
20
Oh ya kalo diresep aslinya ayam dipanggang ya, kalo aq digoreng, pernah coba dipanggang anak2 kurang suka..
21
Ini tambahan dr mbak Wardat empu resepnya👇👇 NOTE: Jika menggunakan daging ayam, sebaiknya ayamnya cukup dibelah dua. Karena saat disajikan, akan lebih nikmat jika ayamnya dipanggang dulu sebelum disajikan dengan nasinya. Sebelum dipanggang, lumuri ayam dengan saus tomat. Cara membuat sausnya: 2 sdm pasta tomat dicampur dengan 3 siung bawang putih parut, lalu 1 sdm air perasan lemon, 2 sdm minyak zaitun, aduk rata, jika suka pedas bisa ditambahkan bubuk cabe.
22
Balurkan ke permukaan ayam sampai rata. Panggang sampai merah kecokletan. Dijamin nampol, nikmat.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sayur kacang simple

Sayur kacang simple

4 orang
40 menit
Tumis Oseng Tempe Kacang Panjang

Tumis Oseng Tempe Kacang Panjang

Bismilah, Source: Frielingga sit @frielinggasit https://cookpad.com/id/resep/3104102-tumis-kacang-panjang-tempe-ebi-pr_kacangpanjang Modified by ummuarwa #Simplerecipesummuarwa #tumisanummuarwa #masakanrumahan #masakansederhana #masakkilat #masakpraktis #masakmudah #masaksimpel #masaktanparibet #simpeltapienak #minimalishasilfantastis #Cookpad_id #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_jakarta #CookpadCommunity_Indonesia #CookpadMemasakMenjadiLebihMenyenangkan

Tahu Acar Khas Solo

Tahu Acar Khas Solo

Tahu Acar ini memang salah satu makanan khas dari Solo. Rasamya seger, perpaduan antara manis, asin, asam dan pedas. Lebih nikmat memang kuahnya pedas, tapi karena aku punya Gerd, jadi cabe rawitnya tidak diulek, utuhin aja. Isian dari Tahu Acar itu ada tahu, tempe, kol/kubis, kecambah mie dan acar mentimun. Hampir sama dengan Tahu Kupat Solo sih, bedanya hanya di bakwan, ketupat dan kuahnya yang agak kental. Tapi blm pernah nyobain juga sihh .. tp sudah ngepoin resepnya duluan. Hehee Buka kumpulan resep Tahu Acar, tertarik nyobain resepnya mba Fany @dapurmamiko daan hasilnya enak, bikin nagih. Penasaran dengan rasanya ? Yuuk cobain .. jangan sampe ketagihan yaaa 😄 #KopiJos_TahuIstimewa #KopiJos #PekanCooksnap #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #dapursandra_tahu

Gado-gado siram khas Surabaya

Gado-gado siram khas Surabaya

Entah kenapa lagi kepengen bikin gado-gado sendiri, sudah lama juga nggak makan gado-gado nih, sepertinya 17 atau19 tahun yang lalu deh😱 hahaha🤣 seumuran si sulung berarti, waktu kami masih tinggal di jogya, tapi kalau di jogya suka ada potongan bakwanya, Tadi mau bikin nggak sempat😄 Aku hari ini nyobain saos kacangnya punya mba Carolina,terima kasih 🤗 Saource : Carolina https://cookpad.com/id/resep/13339132-gado-gado-surabaya?invite_token=UFaP5eJorK7Y5FX72zo5n4hG&shared_at=1623576130 #pekancooksnap #CookpadCommunity_Kalteng

6 orang
Sayur asam jakarta

Sayur asam jakarta

Bismillah buat sayur yang seger2 nih, nikmat banget di makan dengan ikan atau ayam bakar 🤭 Untuk sayur bisa sesuai kan stok ya. Source @manda_evie #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_CooksnapKaltim #Cooksnap_Kaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda #dapurmamarafif

Tahu Telur (Tahu Tek) Surabaya

Tahu Telur (Tahu Tek) Surabaya

Bismillah 26-06-2021 Alhamdulillah bikin tahu Tek nya Utk yg kedua. Kali ni bumbunya seger tanpa ditumis. Kembali utk petisnya sama saya akali juga dgn udang rebus😁 Ternyata utk tahu Tek ini kata paksu, ini mah sering kita makan. iya beneran tahu Tek ni sering banget dibuat oleh almarhum KK ipar saya, cuma KK ipar saya pakai sayurnya dua macem tauge sama tahu aja, Nga pakai telur. Dan bumbunya juga sama cuma nga pakai petis aja. Ya Allah teringat sama KK ipar😭😭 Ya Allah lapangkan kuburan hala salma, terimalah dia disisimu. Aamiin🤲🤲 Source : mba Ihdanas https://cookpad.com/id/resep/15167146-tahu-telur-tahu-tek-surabaya?invite_token=vd4HbGpgoyexiCKoHZMdJg8T&shared_at=1624667105 #SuroboyoRek #Semarak_SuroboyoRek #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurYusraSfa

Ketoprak khas Jakarta

Ketoprak khas Jakarta

Tinggal 8 tahun di Jakarta lumayan cukuplah utk nguplek kuliner2 khas setiap sudut kota ini 😁 salah 1 yg paling ngangenin adalah streetfoodnya yg beraneka ragam, salah 1 nya ketoprak ini. Ada 1 langganan dekat rumah, ketoprak pinggir jalan yg buka baru sekitar jam 19 malam, dan antrinya bisa minimal 1 jam, tapi tetap saja ditunggu demi sebungkus ketoprak😆 yukkk yg lagi kangen sm ketoprak kita bikin sendiri dirumah,,isian bisa sesuka hati, porsi jg bebas, males bikin bumbu kacang, bisa pakai bumbu pecel jadi 😘 Di resep ini sy skip bihun ya, krn udah ada lontong, biar ga dobel karbo 😁👌 Thanks mb @frielinggasit utk resepnya 😍😘 #KulinerKhasNusantaraMrsTans #MasakanKhasJakarta #ColamMasakDicampur #MatosColam #CookpadCommunity_Malang

2 orang
40 menit
Tumpeng Mini Bumbu Dasar Kuning

Tumpeng Mini Bumbu Dasar Kuning

Masak Nasi Kuning untuk Tumpeng, bikin surprise yang ulang tahun, cara cepat dengan Bumbu Dasar Kuning. Tumpeng Nasi Kuning adalah salah satu sajian Nasi Nusantara yang menggambarkan kekayaan dan moral yang luhur. Biasanya digunakan untuk syukuran acara-acara gembira, seperti kelahiran, pernikahan, tunangan, dan sebagainya. Untuk Acara Bancakan Ceria #CookingCommunityClass_KreasiNasiNusantara #SalamKompakSelalu #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

10 porsi
30 menit
Soto ayam khas Pacitan

Soto ayam khas Pacitan

11 Juni 2021 Di rumah makanan favorit adalah soto,terutama suami sm anak2.Apalagi suami kalaupun tiap hari makan soto ga akan bosen dia 😅.Resep asli memakai 800 gr ayam,saya cuman pake 500 gr jd bumbu saya sesuaikan. Source : Fitri Sasmaya #Mbois_JATIMAyaminLove #CoboyWani #CoboyMbois #Coboy_Cooksnap #Cooksnap #Cookpadcommunity_surabaya #PekanCooksnap

Rujak aneka buah

Rujak aneka buah

Bismillahirrahmanirrahim... Segaaar....apa lagi siang"begini enak banget...bahan-bahan nya mudah di dapat gak memerlukan biaya banyak pokok nya murah budget... Selain itu penggemar nya banyak🤭 Baru di sajikan sudah ludes. #Rujakanekabuah #Rujak #BerapiBerami_GemarBuahLokal #Gembul_BuahLokal #Gembul_MurahMeriah #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #Cookpad #CookpadIndonesia

10 orang
30 menit
Tahu Tek Surabaya

Tahu Tek Surabaya

Tahu tek makanan khas dari Jawa Timur jadi banyak sekali dijumpai di surabaya. Selain harga yang sangat bersahabat di kantong makanan ini juga sering dijajakan keliling alias kaki lima. Meskipun makanan ini identik dengan petis, tetapi meskipun diolah tanpa petis pun rasanya tetap maknyus. Jadi makin kangen sama kampung halaman. Semoga covid-19 segera bisa diatasi dan bumi segera membaik. Aamiin.. #SuroboyoRek #Semarak_SuroboyoRek #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLovers #Cooksnap_Tahutek #CookpadCommunity_Surabaya #Cooksnap #CoboyWani #CoboyMbois #Coboy_Cooksnap #Mbois_JajananKakiLima

1 orang
Nasi Lengko Cirebon

Nasi Lengko Cirebon

#RasaCaiRebon #semarak_RasaCaiRebon #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #CeritaMasakHannah Selamat siang cookpaders sudah hari sabtu artinya saatnya semarak lagi kali ini kita diajak jalan-jalan sama mbak @febry ke Cirebon. Sempat mau bolos karena memang sama sekali blm pernah mencicipi kuliner daerah ini. Tapi kok ada masakan yang bikin saya pengen buat....pagi ini belanja kepasar lalu eksekusi nasi lengko ini... cita rasa nya cenderung ke gurih manis. Beda dengan pecel solo citarasa nya ke manis dengan aroma daun jeruk. Sumber dari : Evana Tati

Sayur lodeh terong

Sayur lodeh terong

Mertua minta sayur lodeh. Yukk dieksekusi. Biar jadi mantu idaman 😋🤭😁

5 porsi
45 menit
Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

4-5 orang
30 menit
Sayur Asem

Sayur Asem

Pengen masak sayur yang seger2 dihari yang panas seperti saat ini #PejuangGoldenApron3

Rujak Buah

Rujak Buah

Alhamdulillah jam 10:00 WIB, ada yang Ketok-Ketok Pagar + Salam, Di kasih dari Tetangga Jambu Air rasanya Manis. . Tetangga tsb panen di blkng rumahnya. . 1RT dikasih rata. . Cuzz @Dapur Kering.

Rame-rame
20menit
Sayur Ketupat Betawi Asli

Sayur Ketupat Betawi Asli

Source : @dapurade50 Karena blm lebaran, jd saya buat porsi kecil aja pas buat di rumah. 😁 #BerapiBerami_KulinerKhasBetawi #KulinerKhasBetawi_DapurAde #CookpadCommunity_Kalbar

Mede Goreng Bawang

Mede Goreng Bawang

Paket dr Oma yg sebelum lebaran dibawain kacang Mede dan masih sisa 1kg nya baru di grg sekarang. Fav bgt neh 😊 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bekasi