Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Kupat Tahu Solo yang Anti Gagal

Dipos pada March 25, 2022

Kupat Tahu Solo

Anda sedang mencari inspirasi resep Kupat Tahu Solo yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Kupat Tahu Solo yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kupat Tahu Solo, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kupat Tahu Solo bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kupat Tahu Solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kupat Tahu Solo memakai 30 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya paling sukaaak makanan macam ini. Seger, nggak bikin eneq biarpun makannya banyak. Bikinnya pun gampang dan murah meriah. Kebetulan semua orang di rumah juga doyan banget makan ini. Kalau menurut saya sih kupat tahu ini mirip juga sama rujak mie Palembang, terutama kuahnya. Whatever lah.. memang saya sukanya yang beginian. Rasa yang komplet. Manis, asam, pedas, gurih... ada semua di sini! πŸ₯°πŸ₯°

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kupat Tahu Solo:

  1. Bahan kuah:
  2. 5 siung bawang putih
  3. 10 cabe rawit merah
  4. secukupnya Asam jawa,
  5. 4 keping kecil gula palem/ gula jawa yang berwarna gelap
  6. 500 cc air
  7. secukupnya Garam,
  8. secukupnya Kaldu jamur,
  9. Kecap manis
  10. Pelengkap:
  11. Ketupat
  12. Tahu putih goreng
  13. Daun bawang, iris tipis
  14. Tauge rebus
  15. Kol iris tipis
  16. 1/2 bks mie telur, rebus, tiriskan
  17. Kacang tanah goreng
  18. Bawang goreng
  19. Bakwan sayur:
  20. Tauge
  21. Wortel, potong korek api
  22. Kol, iris tipis
  23. Bawang merah
  24. Bawang putih
  25. secukupnya Terigu,
  26. Gula
  27. Garam
  28. Lada bubuk
  29. Kaldu jamur
  30. 1 butir telur

Langkah-langkah untuk membuat Kupat Tahu Solo

1
Didihkan air, haluskan bawang putih dan cabe rawit merah. Masukkan ke dalam rebusan air bersama asam, gula palem. Tambahkan garam dan kecap. Koreksi rasa. Sesuaikan dengan selera. Masak sampai air agak mengental dan berkurang. Dinginkan.
Kupat Tahu Solo - Step 1
2
Buat bakwan sayur. Haluskan bawang merah dan bawang putih, masukkan ke dalam sayuran. Tambahkan gula, garam, lada, telur, terigu, kaldu jamur. Beri sedikit air. Aduk rata. Goreng. Tiriskan.
Kupat Tahu Solo - Step 2
3
Goreng tahu putih. Jangan terlalu garing. Tiriskan.
Kupat Tahu Solo - Step 3
4
Iris-iris tahu dan bakwan.
Kupat Tahu Solo - Step 4
5
Susun ketupat, kol, tauge, mie, tahu, bakwan, daun bawang, kacang tanah goreng dalam mangkuk. Tuangi kuah beri taburan bawang merah goreng. Siap disajikan.
Kupat Tahu Solo - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Padang dg Daging Sapi #kitaberbagi

Sate Padang dg Daging Sapi #kitaberbagi

Karena gak ada lidah, jadi aja dagingnya dibuat sate padang.. memang teksturnya gak sekenyal lidah, tp lumayan kok buat tambah2 menu menghabiskan daging idul Adha πŸ˜‚ kalau2 bosan sm Sup, rendang, gulai atau semur πŸ˜‚

Coto Makasar

Coto Makasar

Pengin makan yang seger tanpa nasi. Jadilah Coto Makasar. Ternyata benar benar segar dan beda deh. . . Berasa makan di Restoran. Dengan irisan lontong atau tepo, bisa juga kupat. Dimakan panas panas gitu, guriihhh. . bikin pengin nambah nambah lagi. . Ayo nyoba masak sendiri. .

6-8 porsi
Laksa Betawi

Laksa Betawi

Baru kali ini saya masak sendiri Laksa Betawi, langsung kami jadikan menu makan siang bersama keluarga, semua pada suka, cuaca panas cocok makan laksa,segar, gurih, mantep sekali, saya tambah sambal dan jeruk limau. Saya pakai santan segar yang tidak terlalu kental jadi aman buat kita yang lagi diet. Yummy,πŸ˜‹ Source : https://cookpad.com/id/resep/15341194-laksa-betawi?invite_token=oHXR5i77xRqvNg3A158yyWJr&shared_at=1628327453 #GelarTikar_Depok #PekanPosbar #Rekreasi_Depok #POTBERBISIK_LAKSABETAWI #CookpadCommunity_Bekasi

2 jam
Ketoprak Telur

Ketoprak Telur

Mencoba bikin ketoprak sendiri, terutama di masa pandemi ini sangat menghindari jajan di luar.

2 porsi
1 jam
Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

bermula dari resep yang ada , namun saya kreasikan sesuai selera keluarga ,, kuah yang begitu legit dan gurih ,

5 porsi
35 menit
Tahu Acar & bakwan - tahu kupat khas solo

Tahu Acar & bakwan - tahu kupat khas solo

Resep tahu acar ini tanpa ketupat dan tahu goreng, cuma pake bakwan saja udah enak banget, cukup mengobati rindu kampung halaman. hehe

kupat tahu Ala Aku

kupat tahu Ala Aku

Lagi kangeeenn bgt sm kupat tahu sokaraja,,orang banyumas menyebut kupat tahu sbgai Gecot,,nah di Sokaraja salah satu kecamatan di wilayah purwokerto,Kab Banyumas ada penjual Gecot Ennaaakkk bingiittt gada tandingnya, bahkan saya yang asli Purbalingga pun rela pergi ke sokaraja malem2 cuma buat ngerasain Gecotnya,,,saat jauh begini, kangen Gecot ya dibuatlah sndiri,,wlpun ga identik rasanya tp minimal sudh terobati kangen Gecot nya,,,

2 porsi
20 menit
Kupat Tahu Solo

Kupat Tahu Solo

Karna kangen sm masakan mbah waktu kecil, jd aku coba buat kupat tahu solo ini, lumayan rasa kangenku sm mbah sedikit terobati. Hehehe tp disini sy tidak pakai ketupatnya maklum masak dadakan πŸ˜† tp kalo pakai juga gpp sesuai selera.

1-2 orang
15 menit
Opor Pedas Cepu

Opor Pedas Cepu

Sudah punya rencana bikin hidangan apa untuk lebaran nanti? Opor Pedas khas Cepu, Jawa Tengah ini bisa jadi salah satu pilihan untuk mengisi #KualiEmak nih. Duluuu pernah sekali nyobain opor pedas ini. Yang terkenal itu ada Lontong Opor Pedas Ayam Kampung Pak Pangat, kuliner rumahan yang terletak di sekitar persawahan di Desa Ngloram. Bahkan kalau mau pesan harus beberapa hari sebelumnya biar ga kehabisan. Nah, sekarang ga perlu nunggu ke Cepu dulu buat nyobain opor pedas, bikin sendiri aja πŸ˜‰. Yang spesial dari opor ini adalah kuah santannya yang bukan putih atau kuning, tapi agak kemerahan. Masaknya pun masih tradisional menggunakan kayu bakar. Opornya disajikan dalam mangkuk besar dengan porsi sesuai pesanan dan ada beberapa lontong sebagai pendampingnya. Citarasa opornya yang pedas, gurih, dan sedikit manis meresap memang benar-benar memanjakan lidah πŸ˜‹. Source: Tyreeeen #PejuangGoldenApron3 #Minggu49 #KampoengRamadan #KualiEmak_Yogyakarta #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Tahu kupat

Tahu kupat

Hobi banget buat menu yang hemat dan seger gini ,,

Sate Padang Ala Venny

Sate Padang Ala Venny

Akhirnya bisa membuat sate padang ini di negeri orang yang bisa di rasakan keluarga di galway ini, Alhamdulillah. (Mohon maaf sebelumnya Gambar tampilannya saya ganti dengan hasil akhir karena kalau dalam banyak foto dalam 1 frame tidak dimasukkan ke dalam daftar cookpad, terimakasih atas perhatiannya).

Ketoprak dan bumbunya

Ketoprak dan bumbunya

Dikasi ketupat sma mertua sisa acara akhirnya buat ketoprakπŸ˜„

Lotek Jogja

Lotek Jogja

Lotek enak di Jogja banyak, terutama di deket stasiun lempuyangan. Sama lotek deket rumah n depan kampus hehe. Kemarin beli gado2, pas dapet yang zonk 😞. Kayaknya lotek juga gak banyak yang jual. Mungkin rasa dan isi variasi nya juga beda2. Jadi mau nyoba buat sendiri kayak yang di Jogja. Biar rasanya pas. Ribet nya tuh nglengkapin bahan2 nya, dari goreng bakwan, goreng tahu, rebus sayur, bikin bumbu πŸ˜…. Yaudahlah ya sekali2 gapapa biar puas tercapai keinginannya..

2 porsi
Lotek

Lotek

Menu salad sayuran favorit aq sm suami nih... Ga tau kenapa lebih suka lotek daripada pecel.. Rasanya sebenarnya mirip, cuma kalo lotek bumbunya pake terasi dikit sm kalo lotek kn bumbunya diulek langsung dicampur sayuran pas masih di cobek.. Lebih sedep pokoknya, apalagi ditambah irisan bakwan kriuk.. Uenakkk... Ini aq bikin meniru resep "mb maryam" penjual lotek di kampung q di jogja.. Biasa lihat dy bikin kalo pas beli..jd dah bisa kira-kira sendiri bahan & takarannya.. Bahan Simpel tapi gizi komplit.. Ini juga termasuk salah satu menu yang tidak dijual di perantauan kami πŸ˜… Jadi kalo kepingin ya harus bikin sendiri..mosok ya nunggu pulkam baru bisa makan πŸ˜‚πŸ˜‚ Silahkan di coba ya bunda2..

Kupat tahu

Kupat tahu

Masakan kenangan pas masih sekolah dulu. Udah jadi ibu coba bikin sendiri ternyata enak jgaa.. ini aku bikin untuk satu porsi ya bun. Bumbu2 yg lain di posting di resep selanjutnya.. #masakditahunbaru #berburucelemekemas #resolusi2019 #mingguke6 #bringbackmemories

Kupat Tahu (kuah asam manis)

Kupat Tahu (kuah asam manis)

Modifikasi resep kupat tahu Magelang. Kuah asam manisnya bikin seger dan cocok dimakan di siang hari. Resep mudah dengan bahan sederhana yang bisa dipraktikkan buat yang baru belajar masak. Selamat mencoba :)

6 porsi
10 menit
Coto Makassar

Coto Makassar

Hidangan nusantara kini bisa dibuat di rumah masing2. Harus sabar masaknya ya karena list rempahnya lumayan banyak 😁 tapi begitu jadi pasti seneng, apalagi kalo pada ludes makannya

10 porsi
Tahu Kupat Asli Solo

Tahu Kupat Asli Solo

Saya dan suami adalah perantau tapi pecinta kuliner daerah asli (Solo) jadi membuat saya tertantang untuk membuat makanan2 yg tidak ditemukan di jawa barat. Resep ini kiriman dari ibu dgn sedikit penyesuaian.

3 porsi
1.5 jam
Ketoprak

Ketoprak

Kalau di sekitar wilayah Bandar Lampung ketoprak adalah jajanan di malam hari karena lazimnya penjualnya mulai bermunculan ketika petang menjelang malam. Ketoprak yang beredar di sini adalah Ketoprak Cirebon.

1 porsi
Soto Banjar

Soto Banjar

Source : Wulandari Yulia Puspita Waktu itu pernah beli soto banjar deket rumah tapi untuk rasanya kurang begitu enak ya mungkin karna yg masak bukan orang asli banjar 🀣 Akhirnya buka2 cookpad nemu resep soto banjar asli begitu nelpon mama dikalimantan dan bilang resepnya sama Ini resep agak saya modif soalnya ada bumbu cemplung yg gak lengkap gak nemu dipasar ☹️ so far rasanya ttp enak dan paksu bilang enak 😍

6 porsi
90 menit