Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor telor & ayam yang Menggugah Selera

Dipos pada January 27, 2022

Opor telor & ayam

Bagaimana membuat Opor telor & ayam yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor telor & ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor telor & ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor telor & ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor telor & ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor telor & ayam memakai 27 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berhubung tanggal krisis dan mau ikut challange ☺️ #WeekendChallange

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor telor & ayam:

  1. Bahan Utama
  2. 4 butir telor ayam harga Rp. 7.000,-
  3. 1 potong tempe harha Rp. 3000,-
  4. 1 buah santan kara segitiga harga Rp. 3000,-
  5. Bumbu halus
  6. 6 siung bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 3 buah cabai hijau
  9. 1/2 sdt ketumbar
  10. 2 buah kemiri
  11. 1 sdt lada bubuk
  12. Bumbu dapur
  13. 1 buah sereh geprek
  14. 2 cm jahe geprek
  15. 2 lembar daun salam
  16. 2 lembar daun jeruk
  17. Bahan perasa
  18. 1 sdm garam
  19. 1/2 sdm gula putih
  20. 1 sdt sasa
  21. 1/2 bungkus royco rasa ayam
  22. Toping
  23. 4 siung bawang merah, iris tipis-tipis untuk di goreng
  24. 200 cc minyak goreng
  25. Bahan tambahan
  26. 3 sdm minyak goreng
  27. 800 cc air

Langkah-langkah untuk membuat Opor telor & ayam

1
Rebus 4 telor terdahulu kurang lebih 15 menit, lalu tutup panci diamkan 10 menit dan rendam dengan air biasa lalu kupas 4 telur tsb.
Opor telor & ayam - Step 1
Opor telor & ayam - Step 1
2
Siapkan bumbu halus (blander). Bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan lada bubuk.
Opor telor & ayam - Step 2
3
Geprek sereh dan jahe
Opor telor & ayam - Step 3
4
Potong-potong tempe, jangan terlalu tipis.
Opor telor & ayam - Step 4
5
Setalah bumbu di haluskan, siapkan wadah (panci) disikan minyak goreng. Panaskan minyak goreng, lalu masukan bumbu halus, aduk-aduk. Lalu masukan daun salam, sereh, daun jeruk dan jahe. Aduk sampai harum dan berubah warna kecoklatan. Lalu masukan air 800cc aduk-aduk sampai mendidih. Setelah mendidih masukan garam, gula, royco ayam, sasa. Lalu koreksi rasa.
Opor telor & ayam - Step 5
6
Setelah rasa pas, masukan santan aduk-aduk sampai mendidih. Lalu masukan tempe dan telor. Aduk terus sampai mendidih. Matikan kompor diamkan masakan 5 menit dan tutup panci sisahkan sedikit untuk udara agar tidak menguap.
7
Iris bawang tipis-tipis lalu siapkan wajan diisikan minyak goreng 200cc. Panaskan minyak goreng, jika sudah siap, masukan bawang untuk di goreng. Aduk terus sampai bawang keemasan angkat dan tiriskan.
8
Masukan bawang goreng kedalam opor dan tutup rapat opor di panci. Siap untuk di hidangkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Resep favorit keluarga sekaligus Ikutan #AhlinyaAyam #SiapRamadan

Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

kreasi ayam lagii... biasa cuma digoreng.. digeprek.. skrg masak diopor... lets cook

Opor telur tahu

Opor telur tahu

Buat sarapan hari ini 29032020 judulnya seadanya di kulkas krn klau telur saya selalu ada, campur tahu kasih santan. Sarapan mudah dan cepat👌🤤 #DiRumahAja

30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Resep ini dapat dari ibuku

Opor ayam

Opor ayam

Awalnya hanya ingin membuat ayam ungkep buat stok, tapi karena sudah lama gak bikin opor, akhirnya dibagi 2. Setengahnya buat opor, setengah bagian ayam hanya diungkep buat stok.

Opor Ayam

Opor Ayam

Coba deh buibu. Suamiku sampe nambah makannya 💋

Opor Ayam Telur Eboperi

Opor Ayam Telur Eboperi

Opor ini makanan kesukaan anak2.. apalagi pake lontong atau ketupat , inget lebaran ya .. sering kali masak tapi ga pernah di cekrek ni opor. Lets ceki ceki resep nya eboperi.

10 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

kemarin habis kupatan dan bikin opor ayam. opor ayamnya pake sayap ayam bukan paha ayam. 😂

Opor ayam simple

Opor ayam simple

#PejuangGoldenApron2

5-6 orang
10-15 menit
Opor ayam

Opor ayam

Santan sesuai selera klo pengen kental bisa 2 x santan kara kemasan 65 ml...endes...tapi ini saya kasih 1 saj sudah enak...klo kurang kuning bisa ditambhkan 1/2 sdt kunir bubuk...setelah dimasak samai mendidih, api dikecilkan biar bumbunya merasuk dan ayam bener2 empuk..tunggu sampai air menyusut...baru dimasukkan santannya..

Opor Putih Telur Tahu

Opor Putih Telur Tahu

#149. "Golden Apron Challenge" #MingguKe45 Jum'at,15 November 2019 #3 #WeekendChallenge Bismillah,,, Assalamu'alaikum semua,,pada masak² buat tantangan dari Cookpad ya? Dengan modal 15.000 bisa belanja dan masak apa siihh? Inilah enaknya belanja di tukang sayur,,,ketika kita bawa uang 15.000 sudah bisa pilih bahan yg bisa di masak sesuai dg budget,,coba kalo ke pasar gak bakalan cukup karena selain lirik sana sini,,di pasar itu rata² gak boleh beli eceran harus porsi banyak,,iya kaann😁. Di challenge kali ini sy masak opor,,tapi pake telur dan tahu menyesuaikan budget😉. Sy masih setia dengan resep opornya ibu mertua tercinta,,bumbunya sederhana rasanya istimewa😋👍👍👍😍. 📝Rincian belanja : * 6 butir telur = 7.500 * 1 kotak tahu = 1.000 * kelapa parut untuk santan = 2.500 * garam,gula,minyak = 1.000 * bawang merah,bawang putih,jahe = 2.000 * kemiri,merica,dan bumbu daun = 1.000 💰Total Rp.15.000,- Hayukk masak yukk,,tuh kan dengan modal 15.000 bisa bikin opor putih telur tahu yg eennaakkk😋👌. #WeekendChallenge #AbangTukangSayur #Modal15000 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Lamongan #MamaRiskaMasak #ResepnyaMamaRiska

Opor Ayam

Opor Ayam

Niat hati pengen bikin opor ayam sejak lama, tapi baru bikin sekarang hehehe..... ini enak banget lho moms, ga susah juga bikin nya..... rasa nya gurih manis kayak yg bikin nih😂...... pokok nya kalo resep2 dari saya simple tapi rasa nya enak😊 #cookpadcommunity_Jakarta

6 porsi
45 menit
Opor Ayam Lebaran

Opor Ayam Lebaran

Lebaran kali ini bikin yg simpel ayah lagi pengen makan opor, akhirnya bikin opor ayam

Opor Ayam Kuning gurih kental

Opor Ayam Kuning gurih kental

Lebaran telah tiba!.. akhirnya bisa upload menu opor ini^^. Opor kental ini paling mantab kalau ditambah dg labu siam. Kalau mau lebih gurih lagi, penggunaan santan bisa sampai 1L. Jadi proporsi penambahan air mendidih cukup sedikit saja. Dalam gambar, saya memang membuat kuah lebih banyak karena request suami 😅.. Selamat mencoba :)

Opor kuning

Opor kuning

Masakan favorit keluarga yg wajib ada tiap lebaran,,, opor ketemu ketupat😃

Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang 🍗💝

Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang 🍗💝

Lebaran kemaren kenyang sama rendang dan sate padeh, ngga makan opor ayam sambal goreng kentang, jadi ngidam deh.. Bikin lontong simpel pake magic com, tinggal masak opor sama sambal gorengnya..

4 porsi
120 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

9. Kembali lagiii si #PejuangGoldenApron2 setor untuk minggu ke 9 dan masih dalam rangka mendukung #TeamTrees 💪🏻 Kali ini Resepnya dari masakan si teteh yg kerja di mama mertua.. saya contek berguru resepnya karena enak dan bikin nagih dikuah sama nasi pun sedaaaapp 🤤🤤

45 Menit