Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada January 29, 2022

Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’

Bagaimana membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ yaitu 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ diperkirakan sekitar 120 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ memakai 32 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lebaran kemaren kenyang sama rendang dan sate padeh, ngga makan opor ayam sambal goreng kentang, jadi ngidam deh.. Bikin lontong simpel pake magic com, tinggal masak opor sama sambal gorengnya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’:

  1. 1/2 kg ayam, cuci bersih
  2. 1 bungkus santan instan (65 ml)
  3. 1 batang sereh, digeprek
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. secukupnya air
  7. secukupnya kaldu bubuk
  8. secukupnya minyak goreng
  9. Bumbu halus:
  10. 5 siung bawang merah
  11. 2 siung bawang putih (ukuran agak besar)
  12. 2 butir kemiri
  13. 2 ruas kunyit
  14. 1 ruas jahe
  15. 1 ruas lengkuas
  16. 1/2 sdt merica bubuk
  17. secukupnya garam dan gula
  18. Bahan sambal goreng:
  19. 2 buah kentang, iris kotak lalu goreng
  20. secukupnya udang, bersihkan kepalanya lalu goreng
  21. 1 batang sereh, geprek
  22. 1 lembar daun jeruk
  23. 1 ruas lengkuas, geprek
  24. secukupnya air
  25. secukupnya minyak goreng
  26. bumbu halus:
  27. 8 buah cabe merah
  28. 4 siung bawang merah
  29. 2 siung bawang putih
  30. 1 butir kemiri
  31. 1 lembar daun jeruk
  32. secukupnya gula dan garam

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’

1
Sambal Goreng Kentang Udang: haluskan bumbu (saya blender dengan sedikit minyak), lalu tumis hingga harum, masukkan sereh, lengkuas dan daun jeruk.
2
Kemudian masukkan kentang dan udang goreng, aduk rata. Tambahkan sedikit air, masak hingga air menyusut dan sambal matang. Jangan lupa tes rasanya. Jika sudah pas, angkat dan sisihkan.
Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ - Step 2
3
Opor ayam: haluskan bumbu (saya blender juga dengan sedikit minyak), tumis hingga harum dan tambahkan sereh, daun salam, dan daun jeruknya. Tambahkan air secukupnya, aduk rata.
4
Masukkan ayam, aduk rata dan tunggu hingga menyusut airnya (ini saya matangkan ayamnya dulu, sekitar 15 menit). Setelah agak menyusut, tambahkan lagi air dan masukkan santan, aduk rata lau masak hingga matang. Sesekali sambil diaduk. Tes rasanya, bisa ditambahkan kaldu bubuk supaya lebih umami. Jika sudah matang dan rasanya pas, matikan api. Opor ayam siap disajikan.
Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ - Step 4
5
Untuk lontong, saya pakai resep perbandingan beras dan airnya 1:3
6
Alhamdulillah suami suka dan saya pun puas makannya 😍 lontongnya lembut, kuah opornya ringan ga terlalu berminyak atau berlemak, sambalnya juga cucok sama opornya 😘 dimakan pake kerupuk udang dan taburan bawang goreng πŸ‘Œ
Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ - Step 6
7
Di hari kedua si lontong abis, ayam masih sisa dan sedikit kuahnya. Alhasil, ayamnya digoreng dan kuahnya dimasak lagi pakai kelapa parut, sampai jadi serundeng kering. Begini jadinya.. ayam bumbu πŸ—πŸ˜ karena ayamnya tinggal dikit, akhirnya ditambah tahu tempe πŸ˜†
Lontong Opor Ayam ft Sambal Goreng Kentang Udang πŸ—πŸ’ - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Opor Cinta😘

Ayam Opor Cinta😘

Ini request an mantan pacar dulu yg skrng Alhamdulillah udh jadi suami, waktu masih pacaran.. Karena suami saya tau saya hobbie sama pinter masak.. Kita kan dulu LDR an, jadi pas udh tinggal satu kota suami lgsung request di masakin Opor Ayam pdhal jujur saya belom pernah masak Opor Ayam.. Ternyata dia minta saya masak juga buat nguji saya ini beneran pinter masak apa bo'ong2ngan.. Untungnx emang bukan tipu2.. Dan ini masakan pertama yg dapet pujian sekalian kiss dari suami, sampe akhirnya jadi salah satu alasan dia juga untuk menjadikan saya sebagai istrinya skrng ini..πŸ˜‡πŸ™πŸ» #BringBackMemories

Opor Tahu feat Ayam

Opor Tahu feat Ayam

Masak opor nggak selalu harus nunggu hari raya. Opor tahu ini menu yg simpel dan disuka di rumah. Tp ayam tetap ikut ya disini spy afdol.... Silahkan dicoba... πŸ’›

Lonyong opor

Lonyong opor

#CapGoMeh2020 mumpung libur pingin bikin lontong opor kebeneran tetangga nawarin ayam kampung

Opor ceker

Opor ceker

Ini adalah salah satu sayur favoritnya anak2, sampe2 cekernya abis di gadoin..😘😘😘

Opor Ayam tanpa Santan

Opor Ayam tanpa Santan

Saat dokter larang suami untuk makan santan, bingunglah kita. Karena kita berdua paling hobi makan kuah kotor. Katanya Fiber Creme bisa jd pengganti santan yg lebih sehat. Cobain & emang lebih enak....

5 porsi
Opor ayam lezatos

Opor ayam lezatos

Bikinnya gampang kok, dan rasanya enak tentunya.

4 porsi
Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Masakin calon suami opor ayam tahu 😍

Opor Ayam

Opor Ayam

Gak nyangka hasilnya seenaakkkk iniiii ❀️ Serius perdana masak santan Gara gara gak pernah berani masak yg berbau santan Biasalah masih aroma aroma pengantin baru yg baru belajar masak πŸ˜‚

Opor Vegan

Opor Vegan

first trial bikin opor nih teman,, bikinnya sabtu yang lalu, emang sengaja bikin sekalian banyak #batchcooking biar gak repot tiap hari masak2 kan cuma saya dan sasa doang yang makan.. dan sampai hari ini, Senin, masih ada nih opornya, dan makin weenaaak... tenanan, enaak pisaaaan euy.. udah 3 hari makin enak, asalkan selalu dihangatkan setiap hari, dan juga gunakan sendok sayur yang baru setiap hari, yg bersih dan kering agar makanan awet dan tidak basi. itu aja sih.. enak bangett rasanyaa.. mba Sasa juga makan di hari Sabtu, hari minggu full makan di luar, Senin ini udah gak tega kasih ini ke Sasa, lagipula doi request sop baso. hihi semoga bermanfaat ya resep simple ini..

Opor ; mama

Opor ; mama

Jadiiiiii lagi dirumah mama, intip2 resepnya enaaaak

Opor jawa ala si mbah

Opor jawa ala si mbah

13-06-2019 #23-2019 ini resep original dari mbah nya anak anak di jawa (pemalang), dan di proses masaknya pun saat kami sedang berlibur di jawa, sengaja saya simpan dan share di cookpad, rasa opor ini khas karena kaya bumbu dan rempah, serta jadi resep andalan di keluarga kami, jadi kalau saya kangen opor si mbah, saya tinggal cari di cookpad 😁 #berburucelemekemas #resolusi2019

Opor Ayam Fiber Creme

Opor Ayam Fiber Creme

Nyobain bikin opor ayam tanpa santan.. Santanx diganti fiber creme.. Enak juga.. Alhamdulillah..

Opor Ayam

Opor Ayam

Menu yang selalu ada waktu lebaran 😁 Resep masakan alm. mami yang selalu dirindukan 😘

Opor ayam kampung #terimakasihguru #guruku tersayang ibu maedah

Opor ayam kampung #terimakasihguru #guruku tersayang ibu maedah

Ibu guru yg super baik walau gaya bicaranya betawi banget tapi doyan bener masakan bersantan

Opor ayam

Opor ayam

kebagian masak opor jadi sekalian share resep..ini versi opor ayam putih karena tanpa kunyit...

Opor ayam spesial

Opor ayam spesial

Menu andalan , kesukaan suami

Opor ayam

Opor ayam

Masakn ini ingat kmpung hlmn di s.salak riau inhil. Opor ini biasa disajikan diacara2 nikahan atau doa . Biasa pnggnti ayam masak habang . Ini masakan idola setiap balik kampung.

Opor Ayam Bumbu kuning

Opor Ayam Bumbu kuning

Kebetulan masih ada stok paha ayam, kepikiran buat opor ayam buat buka puasa nanti, karena anak saya yg masih tk baru belajar puasa, sekalian senengin anak juga dengan makanan kesukaan nyaπŸ˜„ bisa bagian ayam apa aja yaa, berhubung cuma ada stok paha jadi bikin nya opor paha ayamπŸ˜… bisa ditambah telur rebus atau kentang juga bolehπŸ˜‹ #AhlinyaAyam #BagikanInspirasiMu #MasakItuSaya #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Cookpad_Id #CookpadCommunityIndonesia