Bagaimana Menyiapkan Gulai Ikan Salem yang Sempurna

Dipos pada July 1, 2023

Gulai Ikan Salem

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Gulai Ikan Salem yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Gulai Ikan Salem yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai Ikan Salem, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ikan Salem bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Ikan Salem dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai Ikan Salem memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Masakan praktis yang jadi salah satu kesukaan keluarga #AntiRibet

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Salem:

  1. 1/2 kg ikan salem
  2. 500 ml santan yang sedang kekentalannya
  3. Secukupnya minyak goreng
  4. Bumbu marinasi:
  5. 1 buah jeruk nipis
  6. Secukupnya garam
  7. Bumbu-bumbu:
  8. 5 siung bawang merah, iris tipis
  9. 3 siung bawang putih
  10. 3 butir kemiri
  11. 1 buah tomat, iris
  12. 10 buah cabe rawit, biarkan utuh
  13. 2 batang serai, geprek
  14. 1 ruas lengkuas, iris tipis
  15. 4 buah daun jeruk purut, buang tulangnya
  16. 2 buah daun salam
  17. Secukupnya kunyit, ketumbar dan merica bubuk
  18. Secukupnya gula, garam dan penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Salem

1
Siangi ikan, potong sesuai selera, cuci bersih, tiriskan lalu lumuri dengan perasan jeruk lemon dan garam. Biarkan ± 30 menit. Kemudian goreng ½ matang.
2
Haluskan bawang putih dan kemiri.
3
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah lalu masukkan bumbu halus, serai dan lengkuas. Setelah warna bumbu agak kekuningan dan berbau harum, masukkan santan. Aduk² agar santan tidak pecah. Masaknya dengan api kecil saja.
4
Setelah santan mendidih, masukkan ikan, tomat, daun jeruk, daun salam, merica, kunyit dan ketumbar bubuk. Garam, gula dan penyedap rasa. Terakhir masukkan cabe yang dibiarkan utuh. Tes rasa.
5
Setelah kuah agak berkurang, matikan api. Sajikan gulai ikan salem dengan taburan bawang goreng biar lebih nikmat. Mudah bukan? Selamat mencoba..
Gulai Ikan Salem - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

8. Gulai Pakis

8. Gulai Pakis

Lagi musim sayur pakis. Jarang ada yang jual, sekaliny nemu langsung beli dan di gulai santan.

Gulai Patin Kemangi

Gulai Patin Kemangi

#AntiRibet #berburucelemekemas Source resep mbak @NisaUlfa Terimakasih resepnya👍 saya tambahin daun kemangi supaya tambah lezat. Rasanya mantap pedes endess..pokoknya sedap banget lho mom's Coba bikin ya👌

Gulai Kurma

Gulai Kurma

Pengen yg kuah2 biar bocil bs makan jg..

Gulai Daun Singkong Ala Masakan Padang

Gulai Daun Singkong Ala Masakan Padang

Saya biasanya beli di rumah makan masakan padang, berhubung harga lumayan mahal hehehe, saya menjadi tertarik untuk mencoba memasak sendiri. Alhamdulillah saya menemukan resep yang pas dengan lidah saya dan keluarga. Menurut saya dengan resep ini rasanya lebih enak daripada beli, hehehe. Saat membuat saya agak takut klo ada bumbu yang kelewat karena bumbunya agak banyak😅. Makasih bunda Vivi atas resepnya ☺️. Mohon maaf resepnya sedikit saya modifikasi 🙏 NOTE: aduk-aduk terus secara perlahan agar santan tidak pecah. #berburucelemekemas #resolusi2019

Gulai ayam kentang

Gulai ayam kentang

Mudah&sederhana

Gulai kambing(tanpa santan)

Gulai kambing(tanpa santan)

Ada sisa daging qurban nih bingung mau masak apa..suami minta dibikinin sate tp lagi males banget buat bakar2an😂 nyari2 resep yg simpel akhirnya dapet resep gulai kambing dari @yulia wahyudi . Cus langsung eksekusi. Sy bikinnya ga pake santan ya..lagi males buat santan. Pokoknya serba males deh😂 mau nya masak yg simpel2 aja..

Gule ayam kampung

Gule ayam kampung

#AhlinyaAyam #SiapRamadan

Ayam Gulai

Ayam Gulai

#AhlinyaAyam #SiapRamadan

Gulai Ayam Jawa 👍

Gulai Ayam Jawa 👍

#SiapRamadan #AhlinyaAyam Suami request minta dimasakin "Gulai Ayam Jawa" sudah pekan lalu mintanya..tapi saya belum sempat karena sibuk ngurus anak. So,,hari ini juga langsung saya masakin buat suami tercinta..hhe Komen suami setelah mencoba gulai buatan saya "Wah enak banget Mah".."Ya iyalah istriku.." ,, "Siapa yang ngajarin masak" jawabku : ya mesti ibuku kandung..dulu itu aku belajar dari beliau..sejak smp,,sering melihat ibu/kakak memasak di dapur.

Gulai Kalio Daging Sapi Khas Pariaman

Gulai Kalio Daging Sapi Khas Pariaman

#PekanInspirasi #Pekan_DagingDaerah #CookpadCommunity_Kota Pekanbaru

Gulai ikan salai pucuk ubi

Gulai ikan salai pucuk ubi

Cita rasa dari ikan salai yg beraroma asap, dipadukan dengan pucuk ubi, cepokak sangat maknyos rasa nya, apalagi dihidangkan selagi panas, beuh....maknyos lah 🤤👍 Mertua lewat pun tak nampak 🤣🤣🤣

Gulai Jengkol

Gulai Jengkol

Si bau penggugah selera... Sekali2 boleh lah yaaa... :D

Gulai daun singkong (sayur nasi padang)

Gulai daun singkong (sayur nasi padang)

Seminggu yg lalu makan nasi padang. Selalu kesengsem sama sayur singkongnya. Cobalah nyari resep dan ketemu, resep dari mbk Yoana hasibuan, ditulis menurut versi saya. Makasih yaa mbk resepnya. Suami doyan banget..

Gulai ikan kakap/gurame

Gulai ikan kakap/gurame

Beli ikan gurame masih fresh lqngsung dibuat gulai... alhamdulillah enaakkk

Gulai Ayam Kemangi

Gulai Ayam Kemangi

Ini masak sederhana dengan bahan seadanya. Gulai tanpa santan dengan tambahan daun kemangi. #Berburucelemekemas #Resolusi2019 #SiapRamadan #AhlinyaAyam #AntiRibet #Cookpadcommunity_Indonesia #CookpadIndonesia

23. Gulai Ikan Kacang Panjang

23. Gulai Ikan Kacang Panjang

#SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Gulai Daun Singkong Kembang Kates

Gulai Daun Singkong Kembang Kates

#AntiRibet . Maunya pengen buat gulai Padang. Tapi, gak punya Lombok merah. Jadi nya buat gulai bumbu kuning. #siapramadan #cookpad_community #cookpadindonesia #komunitaspaders #anies_kitchen