Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Tuna Kemangi yang Sempurna

Dipos pada April 29, 2022

Gulai Tuna Kemangi

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Tuna Kemangi yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Gulai Tuna Kemangi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Tuna Kemangi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai Tuna Kemangi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Tuna Kemangi bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Gulai Tuna Kemangi memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Request an suami lagi,emak2 mah masaknya sesuai permintaan ajaπŸ˜‚πŸ˜‚ #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Tuna Kemangi:

  1. 500 gr tuna segar
  2. 2 ikat daun kemangi,petiki
  3. 2 buah tomat,potong2 dan buang isinya
  4. 400 ml santan kental
  5. 2 ruas lengkuas
  6. 3 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 2 batang sereh,geprek
  9. 1 sdt gula merah sisir
  10. Secukupnya garam dan kaldu bubuk/penyedap
  11. Bumbu halus :
  12. 10 butir bawang merah
  13. 5 siung bawang putih
  14. 5 butir kemiri
  15. 2 ruas kunyit
  16. 1 cm jahe

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Tuna Kemangi

1
Potong2 ikan dan cuci bersih,kemudian rebus sebentar hingga keluar busanya,cuci lagi dan goreng setengah matang.
Gulai Tuna Kemangi - Step 1
Gulai Tuna Kemangi - Step 1
2
Tumis bumbu halus sampai matang kemudian masukkan daun salam,lengkuas,daun jeruk,dan sereh.
Gulai Tuna Kemangi - Step 2
3
Masukkan santan,gula merah garam dan kaldu bubuk/penyedap rasa tunggu hingga mendidih,kemudian masukkan tuna yg telah digoreng,aduk2.Tunggu hingga bumbu meresap dan kuah menyusut.
Gulai Tuna Kemangi - Step 3
4
Setelah kuah menyusut,masukkan potongan tomat dan daun kemangi,aduk2 sebentar koreksi rasa dan matikan api.
Gulai Tuna Kemangi - Step 4
5
Gulai tuna kemangi siap disajikan.
Gulai Tuna Kemangi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai kepala kakap

Gulai kepala kakap

Selanjutnya

untuk 4 orang
30 menit
Gulai Kuning ikan Gembung

Gulai Kuning ikan Gembung

ini resep khas mak mertua

Gulai Kenikir Ikan Kari

Gulai Kenikir Ikan Kari

Aku belum pernah masak kenikir sebelumnya kecuali direbus. Lihat resep sana sini, Akhirnya Kucoba pake bumbu gulai padang. Tapi ga merah kuah nya, Soalnya cabenya Cuma lima biji. Tapi rasanya udah pedes bgt kok. Hehe. #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

Gulai ikan kakap merah

Gulai ikan kakap merah

Ini enaaaaaakkkk banget. Modifikasi resep ci xanderkitchen. Sampe keluarga ku bilang knapa ga dimasak semua ikannya (masih ada 2 ekor lagi) hihi. Beli ini langsung dipelelangan ikan. Turun dr kapal langsung kita culik. 4 ekor besar2 cuma 60rb. Dagingnya maniiis seger banget !

Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Tips agar santan tidak pecah meski dicampur daun singkong adalah,rebus terlebih dahulu setelah agak lunak, angkat tiriskan jgn disiram air dingin.

Gulai Ikan Mas 😘

Gulai Ikan Mas 😘

Pengin bgt makan gulai ikan, tp yg ngga pedes .. krn anak" ngga suka pedes. Langsung eksekusi, udah lappeeeer 😊

Gulai Tengiri

Gulai Tengiri

Kalo tinggal di kota pesisir gini, hampir tiap hari masak ikan. Kebetulan juga suami orang yg asalnya dari daerah pantai, jd kalo 2 hari ga ada ikan di meja makan tu nyariin pasti. Cm yg puyeng sy jadinya. Mau diapain lagi ikan ini. Pas di kulkas ada bbrp bahan yg cocok, jd lah eksekusi ikan digulaiπŸ˜€

Gulai Ikan Nila ala Keke

Gulai Ikan Nila ala Keke

Mama ngebbm suruh masak buat maksi liat di kulkas ada ikan nila bingung mau diapain. Eh ada santan juga jadi kepikiran masak gulai aja jadinya hihii

Gulai ikan nila (manis asam belimbing wuluh)

Gulai ikan nila (manis asam belimbing wuluh)

Terinspirasi dari rumah makan terkenal. Kk ipar makan gule ikan gurame. Terus pas aku cobain enak. Suami jg suka. Akhirnya nanya2 sama mama, sama kaka.ternyata kalo gule ikan bisa diganti ikan apa aja.terus pesen kaka,gulenya pakein belimbing wuluh biar seger. Akhirnya sabtu pagi ke agen ikan segar sama suami. Rencana mau beli ikan nila, Tapi udah keabisan, hufft padahal masih pagi. Beruntung tinggal,di daerah bukan pelosok. Jd mau kemana2 mudah. Terus nyari ke tukang ikan segar lain. Tp bukan agen, dan akhirnya dapet nila. Sekalian dibersihin,dipotongin. Biar pulang2 tgl eksekusi. Hihihi *Padahal males bersihinnya* Pulangnya seperti biasa gugling dulu cookpad. Resep gulai nila. Aku dapet resepnya bunda yanni. Thx bund resepnya endess banget. Keluargaku sukaa semua. Bumbunya meresap sempurna di ikan nila. Tapi aku gapakein santen karna suami ga terlalu suka sebenernya biar ga kolesterol (menghindari ajasih) terus biar ga cepet basi juga. Ikanya juga aku goreng dulu, sebelumnya dilumurin jeruk nipis sama garam.kenapa? Karna suami gamau.katanya "kalo ikanya basah nanti gamau makan" Hmm,okelah , aku jg gabegitu suka kalo ga digoreng dulu. Takut masih bau lumpur atau apalah itu. Okedeh klo gitu. Yuk ah langsung lihat resepnya.

8 porsi
Gulai Pangek Masin Tongkol Tahu

Gulai Pangek Masin Tongkol Tahu

Dah lama bgt kpengin buat ini biasany mamaku yg bkinin tp skrng mah hrz bisa smua sndri krna dah nikah n rumah jauhan dr mama...ini sxan untuk meramaikan #AndaiKuTahu #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019.. Resep ini dari tanya2 lwat phone dgn mamaku... trimakasie ya ma #AndaiKuTahu #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadcommunity_bogor #Kookpaderjabodetabek #mingguke-1

2-3 porsi
45 menit
Gulai ikan laut

Gulai ikan laut

Recook mba susan. Kalo di resep mba susan ikannya 500 gr, ikan saya 1,2 kg. Jadi bumbu dan bahannya saya kalikan 3.

Gulai ikan mas padang

Gulai ikan mas padang

Masak gulai ikan mas kesukaan anakku uumm...boleh dishare #5resepterbaruku

3 porsi