Bagaimana Menyiapkan Gulai Kepala Kakap yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 17, 2022

Gulai Kepala Kakap

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai Kepala Kakap yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Gulai Kepala Kakap yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai Kepala Kakap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai Kepala Kakap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai Kepala Kakap oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Gulai Kepala Kakap memakai 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Sabtu selau rutin belanja buat stok seminggu. Eh ketemu kepala kakap seger banget. Yaudah eksekusi langsung aja. Ini resep dari ibuk saya hihi. Mumpung di rumah sikat terus ilmu masaknya. Alhamdulillah endeus. Ohya, setelah dirasa, emg bumbu halusnya ternyata lebih enak kalo diulek aja, jd ada sensasi cabai gilingnya di kuah, lebih menggugah selera ya gak? Minusnya kalo diblender ya bumbu bener flawless, haluuus bgt. Semoga ada masukan dan tips yg lebih endeus yaa bundaa. πŸ₯°

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kepala Kakap:

  1. 600 gr Kepala Kakap Segar
  2. 1 sdm air jeruk nipis
  3. 3 cm lengkuas, geprek
  4. 2 batang serai, geprek
  5. 1 sdm garam
  6. 1/2 sdm gula
  7. 3 helai daun salam
  8. Secukupnya Asam Kandis (bisa diganti air asam jawa)
  9. 5 buah cabai rawit merah
  10. 5 buah cabai rawit (sesuai selera)
  11. 1 liter santan cair
  12. 250 ml santan kental
  13. 1/2 sdt kaldu jamur totole
  14. 50 ml minyak goreng
  15. Bumbu Halus
  16. 1 sdt garam
  17. 10 buah bawang merah
  18. 6 buah bawang putih
  19. 4 buah kemiri, sangrai
  20. 1 cm kunyit
  21. 2 cm jahe
  22. 6 buah cabai merah keriting

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kepala Kakap

1
Cuci kepala ikan hingga bersih, lumuri sedikit garam dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit, siapkan bumbu halus.
Gulai Kepala Kakap - Step 1
2
Tumis bumbu halus hingga wangi, kemudian masukkan lengkuas, serai, daun salam.
Gulai Kepala Kakap - Step 2
3
Masukkan santan cair, aduk hingga tercampur, masukkan garam, gula, kaldu jamur.
Gulai Kepala Kakap - Step 3
4
Masukkan kepala ikan, kacang panjang, dan asam kandis. Aduk terus hingga ikan sedikit matang. Lalu masukkan santan kental, aduk terus. Hindari pecah santan semakin endeus.
Gulai Kepala Kakap - Step 4
5
Aduk kuah gulai di atas api kecil, koreksi rasa. Jika sdh cukup meresap, matikan api. Siap sajikan. Jangan lupa Bismillah :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ikan dan Daun Mangkokan

Gulai Ikan dan Daun Mangkokan

Daun mangkokan di Padang disebut daun tapak leman. Mungkin mereka menganggap lebih mirip tapak si Leman dari pada mangkokan. Daun ini di Padang diolah orang menjadi sayuran. Hidangan tersaji khas dengan aroma daun tapak leman. Daun ini banyak khasiatnya sebagai memperlancar sistem darah. Mencegah radang. Mencencegah anemia dll. Nah silakan mencoba hidangan yg kaya manfaat ini.

Gule Ikan Tuna Kacang Panjang

Gule Ikan Tuna Kacang Panjang

Kmrn belanja, tumben pak suami mt beli ikan tuna, biasanya kl ditny mau ikan apa, sll jawab terserah. Kali ini ada request. Hari ini kita olah tanpa goreng2an dl. Bosan jg makan ikan goreng, sesekali kita gule aja. Mumpung msh ada stock bahan2 dari medan, asam cekala dan rias/kencong.

Gulai Ikan Kakap 🐳 Enak Banget πŸ˜€πŸ’Ÿ

Gulai Ikan Kakap 🐳 Enak Banget πŸ˜€πŸ’Ÿ

Ini recook resep mba Dewi Maya Sari ya. Surprisingly, ngga nyangka bisa bikin gulai seenak ini. Kuahnya enak dislurupin terus, karena rasanya ngga kalah sama resto2 padang yang ituuh. πŸ˜‚ Harus disimpen di cookpad nih. Surely will make again, next pasti beli bagian kepala nya yang sangat berlemak itu. Hmmm πŸ˜‹ Dan resep ini juga keto-friendly ya. Happy cooking !πŸ’Ÿ #recook #ketopad

Gulai ikan mas kemangi

Gulai ikan mas kemangi

Sebenarnya kepengen masak pepes ikan mas, tp daun pisangnya pendek2 Dan tdk cukup..

Gulai Ikan Patin Gurih Pedas

Gulai Ikan Patin Gurih Pedas

Karna ikan patinnya cuma sedikit jadi saya tambahkan telur rebus 🀭

4 porsi
Gulai kuning ikan nila

Gulai kuning ikan nila

#5resepterbaruku

Gulai ikan patin seger

Gulai ikan patin seger

Yang gak suka makan ikan tenggelamkan 😁😁😁

Gulai Tongkol

Gulai Tongkol

Happy weekend, Tgl merah bukan berarti libur masak yaa.. πŸ™‚ #gulaiikan #gulaitongkol

Gulai Asam pedas kepala ikan

Gulai Asam pedas kepala ikan

Lgi pingin aj mkn ni gulai asam pedas

Gulai Ikan Limbat Khas Batak (Ikan Sale)

Gulai Ikan Limbat Khas Batak (Ikan Sale)

Suami masih terngiang.ngiang masakan khas batak di Sipirock Coffe , minta dibuatin gulai daun ubi tumbuk. Cari kemana2 susah dapat daun ubinya pas kewarung liat ada ikan sale lgsg teringat sm Gulai ikan limbat/sale yg ada di Sipirock Coffe.. Akhirnya lgsg eksekusi ikannya untuk digulai😁😁

2 porsi
Gulai Ikan Tenggiri dan Udang #ketofriendly #keto

Gulai Ikan Tenggiri dan Udang #ketofriendly #keto

Punya ikan tenggiri mau dibikin pempek tp skrg udah ketogenik, jd cari resep yg ketofriendly,dibikin gulai deh.. Source utama dari Dewi Rosida, selebihnya improv, hehee..

5 porsi
Gulai ikan padang

Gulai ikan padang

Source : Fitri why wahyuni Edisi bingung dikasih ikan braskap gede bgt.1 ekor beratnya 2 kg,hadeehhh mau di apain,ikan segede bayi.belum ikan mas beratnya 1 kg lebih,smp sekarang msh nongkrong di freezeer.akhirnya cari"resep, Ketemu sama gulai ikan ini,sebenerny resep asli pk ikan kakap.tp saya seuaikan stok.trs saya tambahkan kemangi sm cabe rawit utuh.saya hanya nyontek bumbunya aja,trs saya ikannya di goreng dulu. ngga begitu kentel kuahnya kaya di resep aslinya.cuz ke dapur, saya tulis versi saya ya..klo mau gulai ikan kakap padang bs mampir di dapur bunda Fitri ya..

Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap

Salah satu olahan ikan keluarga kami yang ngga kalah enak nya, pedes, seger. Apalagi ditambah nasi panas, mmmyummy