Bagaimana Menyiapkan Gulai Daging Daun Singkong Yummy yang Lezat

Dipos pada January 11, 2023

Gulai Daging Daun Singkong Yummy

Anda sedang mencari inspirasi resep Gulai Daging Daun Singkong Yummy yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Gulai Daging Daun Singkong Yummy yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai Daging Daun Singkong Yummy, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Daging Daun Singkong Yummy sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Daging Daun Singkong Yummy sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Gulai Daging Daun Singkong Yummy memakai 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

MasyaaAllaah nikmat sekali rasanya...wajib recook deh... Hehehe

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Daging Daun Singkong Yummy:

  1. 200-250 gr daging sapi, cuci, potong2 kecil
  2. 1 ikat daun singkong, siangi
  3. 1 sdm garam krosok
  4. 1-2 sdm minyak
  5. 2 batang sereh, geprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 1 ruas lengkuas, geprek
  8. Bumbu Halus :
  9. 10 buah bawang merah
  10. 6 siung bawang putih kating jika ada
  11. 3 buah kemiri
  12. 1 1/4 sdt mujung ketumbar bubuk
  13. 2 ruas kunyit / 1/2 sdt kunyit bubuk
  14. 1 1/2 ruas jahe
  15. 1 buah cabe rawit merah
  16. 6 buah cabe merah keriting
  17. 1 1/2 sdm gula merah
  18. 1 sdt peres kaldu jamur jika suka
  19. Secukupnya garam
  20. 1-2 sdm santan instan
  21. Secukupnya minyak
  22. 1,5 L air

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Daging Daun Singkong Yummy

1
Rebus air hingga mendidih, masukkan 1 sdm garam krosok dan 2 sdm minyak, lalu masukkan daun singkong, aduk2 hingga terendam semua, masak hingga daun mulai empuk. Lalu angkat dan tiriskan. Peras airnya dan potong2, sisihkan dahulu.
2
Rebus air hingga mendidih, masukkan daging, masak kira2 5-10 menit. Lalu cuci bersih dagingnya. Airnya kita ganti yang baru yah.
3
Haluskan bumbu dengan Chopper, tambahkan minyak ya, jangan tambahkan air nanti rasanya berbeda loh.
4
Tumis bumbu bersama bumbu lainnya hingga tanak tandanya bumbu benar2 matang/ mulai mengering, minyaknya terpisah dengan bumbu halusnya, aromanya sangat harum. Masukkan daging aduk2 hingga tercampur dan agak meresap, tambahkan air 1 L dulu yah, tambahkan garam dan gula merah, aduk2, lalu presto selama 20 menit dengan api sedang cenderung kecil.
5
Buang uap panas dari presto, tambahkan air 500 ml, besarkan api hingga mendidih, lalu masukkan daun singkong. Masak dengan api sedang cenderung kecil yah, agar meresap bumbunya. Tambahkan santan instan, aduk2 agar tercampur, icipi ya rasanya jika perlu tambahan kaldu bubuk, tes tusuk daun yah jika sudah empuk matikan. Siap dihidangkan...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ikan Kakap

Gulai Ikan Kakap

Nyontek resep dari ibu mertua. Saya tambahkan kacang panjang biar sekalian jadi lalapan.

Gulai udang

Gulai udang

Di sini saya masaknya gak pedas ya bun, karena anak2 pada makan. Yang mau pedas cabainya bisa di tambah ya bun

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Minggu ke-23 Gak mau ketinggalan, spesial pada bulan November - Desember, Cookpad mengajak untuk melakukan #JelajahResep, sebuah program memasak mingguan di mana setiap minggunya akan ada tema berbeda. Pastinya dengan adanya program ini akan membuat hariku menjadi lebih banyak inspirasi memasak karena aku bisa menjelajahi aneka resep. Bukan cuma bisa jalan-jalan lewat resep, resep yang dibagikan setiap minggunya juga berkesempatan untuk masuk ke dalam KALENDER COOKPAD 2021!! Semoga bisa terpilih Dan berkesempatan untuk menjadi pemenang. Kali ini dalam #JelajahResepNusantara aku memilih memasak gulai ayam Yang sudah familiar banget bagi warga Indonesia, dalam isian bumbunya Yang sangat lengkap dan pastinya sangat lezat. Sering disajikan buat menu acara hajatan Dan lainnya. Ini kesukaan aku banget.. Hhahh #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #JelajahResepNusantara #Jelajahresep

Gulai kambing

Gulai kambing

Pas musim bagi bagi daging kambing alias udul adha ,nah semua pasti pada rame rame masak gulai deh.ok kita langsung ke dapur ya. #PejuangGoldenApron2 #CookpadComunity_Malang

Gulai Ayam Kentang

Gulai Ayam Kentang

Bismillah...

Gulai kambing

Gulai kambing

Bahan dari 100% daging kambing tapi g bau sama sekali. Tips mengolah daging kambing jangan di cuci. Biar cepat empuk saya pakai metode 5-30-7. Masukkan daging kambing di air mendidih rebus 5 menit matikan api. Lalu tutup panci nya selama 30 menit. Buang air biar g bau kambing. Rebus air lagi masukkan daging kambing rebus selama 7 menit.

5 orang
1 jam
Gulai Telur Kuah Soya

Gulai Telur Kuah Soya

Source : Lely S Mau masak telur tapi mau resep yang baru yang belum pernah dieksekusi. Nyari di cookpad, akhirnya merecook resepnya mbak Lely S. Aslinya pake susu sapi tapi karena anak saya alergi susu sapi, ya udah diganti soya. Saya juga lagi coba ngehindari pemakaian santan. Cabenya juga saya gak pakai rawit, saya ganti jadi cabe merah keriting. Saya coba ikutan kontes #ResepTelurkuMendunia biar resep ini juga menginspirasi cookpaders di luar sana yang mempunyai alergi susu sapi atau yang susah ngedapatin santan, tetap bisa masak berbagai resep gulai. Walaupun di resep ini, telurnya yang digulai.

Gulai ayam kentang tahu

Gulai ayam kentang tahu

#dirumahaja masak sambil kuliah online dong.. tetep harus jalan semua..

Gulai kikil

Gulai kikil

Beberapa hari lalu liat story , eh gulai kikil ini lewat lah .. untung yg masak temen , oklah coba minta resep nya 😆 hari ini baru praktek .. untuk pertama bikin ini enyakkk 🤤 thanks Aminah resep nya 😘 aku save di sini biar ga lupa 😁

3 orang
1 jam
Gulai tauco ikan tahu dan pete

Gulai tauco ikan tahu dan pete

Kmi mempunyai dua versi masak gulai taco.ada tauco sayur yang isinya buncis,tahu tempe ditambah dengan bahan sayuran lainnya sesuai selera.tpi kali ini saya memnagi resep keluarga juga gulai tauco yang bahan bakunya ikan.boleh ikan laut boleh juga ikan air tawar.tergantung selera ya bunda..

6 0rang
1/2 jam
Gulai ayam dn ati ampela

Gulai ayam dn ati ampela

gulai ayam fav suami ter endulitaaa😍

Gulai Sapi

Gulai Sapi

Pengen gulai tapi ngak suka daging kambing akhirnya pakai daging sapi

2 orang
2 jam
Gulai daging (gulai baga)

Gulai daging (gulai baga)

ini masakan khas minang (pariaman) biasanya ini nenek yg buat kalo kita pulkam

6 orang
Gulai Kundur

Gulai Kundur

Kundur adalah sejenis buah tumbuhan merambat