Cara Gampang Membuat Sate Manis yang Enak Banget

Dipos pada October 23, 2022

Sate Manis

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Sate Manis yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Sate Manis yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sate Manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sate Manis bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Sate Manis oleh krasi mommy. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Sate Manis memakai 12 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sate ini dari daging babi. Tapi kalo ga suka babi atau buat temen2 yang muslim boleh ganti sama ayam, sapi atau kambing. Rasanya hampir sama kaya sate maranggi purwakarta. Yuu coba. Buatnya gampang banget..😍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Manis:

  1. 1/4 kilo daging (babi, sapi, kambing atau ayam) potong sate
  2. Bumbu halus:
  3. 10 btr bawang merah
  4. 5 btr bawang putih
  5. 1 sdt ketumbar
  6. 4 btr kemiri
  7. 1 ruas lengkuas
  8. 5 sdm air asam jawa
  9. secukupnya Garam
  10. secukupnya Penyedap
  11. secukupnya Kecap manis
  12. 3 sdm gula merah serut

Langkah-langkah untuk membuat Sate Manis

1
Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukan daging aduk sebentar aja jangan sampe daging berubah warna. Langsung angkat, biarkan daging dalam kulkas minimal 4 jam kalo mau lebih meresap simpan semalaman dalam kulkas bawah.
2
Tusukan daging jangan tebel2 ya. Selang seling dengan lemak biar enak, bakar sate sampe matang ditengah2 ngebakar oles dengan bumbu sisa tadi.
3
Tips sambal: 1. Sambal kecap Potong cengek merah, 1/2 bh tomat, 3 btr bawang merah, siram dengan kecap manis dan air jeruk nipis 1 sdm. 2. Sambal maranggi Iris tomat dan cengek merah beri garam dan gula serta penyedap aduk sampe tomat dan cabe layu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi Kecap

Babi Kecap

Masaknya pakai slowcooker biar bumbu lebih meresap ketika mengempukkan dagingnya dan bisa ditinggal kerja. Rasa dijamin enak, bisa makan banyak banget ini kalo gak inget kolestrol πŸ˜… #PejuangGoldenApron3

3-4 orang
3 jam
Babi kecap

Babi kecap

Simple but delicious

Bihun Goreng Babi

Bihun Goreng Babi

Saya klo beli daging babi biasanya langsung agak banyak, sekalian.. Karena pasar nya rada jauh yang jual ini. Klo pasar yang sehari-hari saya belanja gak jual.. Jadi jangan heran klo postingan resep saya saat ini berbabi-babi hihihi.. 😁😁 Ntar klo stok habis yaa kembali ke bahan² yang ada. Kebetulan my hubby ultah dan porkie itu favoritnyaa hehe..

32 : Nasi Goreng Babi Bacon Chasio

32 : Nasi Goreng Babi Bacon Chasio

Suka banget makan d resto KwongB*ng.. Biasanya selalu pesen nasgor merahnya.. Nah berhubung Pandemi, pengen trial menu ini dah.. Lgsg cuzz ya

3 org
45 mnt
Mie telur with daging babi

Mie telur with daging babi

Daging babi bisa diganti ya..

8 porsi
Be genyol babi

Be genyol babi

Biasanya saya kalo masak be genyol pas hari raya galungan.

Babi kecap

Babi kecap

4 porsi
60 menit
Nasi Tim Daging Babi Cincang

Nasi Tim Daging Babi Cincang

Ceritanya ngabisin bahan yang ada di kulkas, babi cincang, wortel sm kucai.. akhirnya jadilah ini nasi tim ala aku πŸ˜„πŸ˜„

Kentang Babi kecap

Kentang Babi kecap

Kalau makan sayur ini jadi kangen sm mama ku😭😭,harus nya sayur ini Ada kuah nya tapi anak anak ga suka klu Ada kuah nya katanya kentang nya jadi Lembek lah, daging nya bisa Di ganti daging sapi atau ayam sesuai selera aja sih.(Baru selesai masak langsung Di foto masukan dech ke Cookpad)

Nasi hainam samcan crispy dengan sup tahu

Nasi hainam samcan crispy dengan sup tahu

Dl ga pernah doyan bginian..pas dibali suka..enak..dikampung pastinya ga ad b*bi jdnya minta dikirimin..dan olah sndri..kl dikota2 mah beli jadi tggl makan samcan crispy tggl order mau brp kg..πŸ˜‚.. gr2 ngiler liat video fb pria thailand tunjukin step by step bkin pork belly..ni crispy loh banget..enak..maaf ya kali ni posting non-halal..yg mau pake ayam bs jg..ayam garam itu loh..cekidot