Cara Gampang Membuat Babi masak Cukiok / Lo tu kha yang Lezat

Dipos pada June 15, 2023

Babi masak Cukiok / Lo tu kha

Anda sedang mencari inspirasi resep Babi masak Cukiok / Lo tu kha yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Babi masak Cukiok / Lo tu kha yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Babi masak Cukiok / Lo tu kha, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Babi masak Cukiok / Lo tu kha di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Babi masak Cukiok / Lo tu kha oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Babi masak Cukiok / Lo tu kha memakai 12 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Non halal

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi masak Cukiok / Lo tu kha:

  1. 1 kg babi, potong & bersihkan
  2. 1 sdm bumbu ngohiong
  3. secukupnya Garam, gula, royco, merica
  4. kecap manis
  5. saus tiram
  6. kayumanis
  7. pala bubuk
  8. 4 bh bunga lawang
  9. Bumbu halus :
  10. 12 bh bawang putih
  11. 10 bh bawang merah
  12. 1 ruas jahe tua, geprek

Langkah-langkah untuk membuat Babi masak Cukiok / Lo tu kha

1
Taburkan babi dgn garam smp merata. Diamkan sebentar bilas lagi dgn air mengalir. Setelah bersih taburkan kembali garam. Sisihkan.
2
Tumis bumbu halus sampe wangi, beri ngohiong & bunga lawang tumis sampe wangi dan agak mengering, +daging aduk hingga kaku & berubah warna. Beri saus tiram, garam, gula, merica, penyedap, kecap manis aduk lagi, nanti dari dagingnya keluar minyak2 kaya kuah gt. Tutup dgn tutup kuali. Kecilkan api & masak sampai 1 jam an dgn sesekali di aduk.
3
Kalo masak biasa mungkin bisa habisin waktu sampe 1 jam lebih. Saya lebih suka pake presto karna masak jadi lebih sebentar. Cuma kalo masak dengan cara biasa pasti dagingnya lebih lembut dan meresap. Tricknya supaya pake presto tapi daging tetap meresap setelah di presto saya pake 5 menit api besar dan 15 menit api kecil. Setelah uap presto hilang dan presto bisa dibuka saya lanjutin masak di kuali sampe kuah asat. Dan agak mengental.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi kecap

Babi kecap

Masakan favorit gampang banget dan yang pasti wenakkk..yang saya masak kuahnya agak banyak..bisa di masak sampai agak asat..

4 orang
Bakut / baikut sayur asin kecut non msg (micin)

Bakut / baikut sayur asin kecut non msg (micin)

Ada sawi asin, sisa setengah kotak, udah hampir 1 bulan.. Jadi diolah deh.. Suka banget sama sawi asin ini, krn kecut nya bikin seger.. Buat yg mau beli, ga mw repot, bisa pesen ya di ms.pyurple ( shopee & ig) atau di snack-kering (tokped). Rasa terjamin. Kalau kalian mau sedikit repot, bisa bikin sendiri, resep ada di resep2 saya sebelumnya ya..😁 Nih, bagi yang tidak makan babi, iga nya bisa diganti iga sapi.. Ga jauh beda.. Atau pakai ayam juga boleh.. Oya untuk iga, biasanya saya kuah godogan pertama saya campur, untuk masak.. Untuk dapat kaldunya. Jadi ga perlu pake msg lagi. Cuma, warna nya jadi lebih keruh daripada yang pakai air baru, dan menurut saya, rasanya kurang mantap kalau bukan pake air godogan.. Tapi kembali ke selera ya 😁 Supaya iga nya empuk, saya godog dulu, sampai mendidih, biarkan suhu ruang godog lagi sampai mendidih. Dan biarkan suhu ruang bisa digunakan. Untuk air, saya pakai biasanya sampai menutupi keseluruhan daging, tambah garam sedikit dan irisan jahe (1-2 ruas - - opstional ya) Nah untuk kecut nya, ini saya kecut alami, dari sawi asin nya. Airnya baceman saya campur.. Dan sawinya saya bilas.. Sawi ini sangat menetukan, apakah baikut kita bisa kecut seger ga.. Karena kalau dapatnya sawi asin nya kurang mantap(kurang/ga kecut) sangat berimbas pada rasa di baikut. Meskipun kita tambah asam/cuka akan berbeda rasa segernya.. Oleh karena itu, sangat penting dalam pemilihan sawi ny

3-4 orang
Bakut teh dengan sayur asin

Bakut teh dengan sayur asin

karena mau Flu jadi buat sop ini bisa menyembuhkan flu dan batuk

Babi Panggang Teflon ala Lapo Bumbu Ngo Hiong

Babi Panggang Teflon ala Lapo Bumbu Ngo Hiong

#deebelindacooks

2 orang
45 menit
Babi Panggang

Babi Panggang

Ada sisa b2 dan banyak lemaknya. Saya lbh suka kalo di panggang. Rasanya lebih enak.

Babi Masak Kecap (Non Halal Chinese Food)

Babi Masak Kecap (Non Halal Chinese Food)

- Maafkan foto yang seadanya, karena bikinnya uda hampir tengah malam 😊 - Resep ini biasanya buat bikin cukiok, nah kalo pakai kaki, potong2 sesuai selera, abis itu di cuci bersih, taburi garam aduk pake tangan diamkan 15 menit, lalu bilas, dan beri garam lagi, aduk rata, dan sisihkan. - Masakan ini kalo di panaskan berhari2 akan semakin enak, dibandingkan baru matang. - Bisa tahan berhari2, asal di hangatkan 2x dalam sehari pagi dan sore.

5 porsi
60 menit
Babi kecap bombay wijen aroma nyusss

Babi kecap bombay wijen aroma nyusss

Cocok untuk disajikan dengan sambal matah

Sup Kaldu Tulang Babi

Sup Kaldu Tulang Babi

Sisa air rebusan daging babi untuk dibuat babi cuka diolah kembali karena sayang kaldu nya kalau dibuang. Asal cemplung2 rempah dan bumbu ternyata hasil rasanya seperti sup buntut 😋

Sayur asin cah babi cincang (non halal) boleh ganti ayam/sapi cincang

Sayur asin cah babi cincang (non halal) boleh ganti ayam/sapi cincang

Biasanya kalo sudah bingung sayur asin diapain, jd nya di tumis tahu deh trus pake daging babi cincang deh. Ini enak loh. Asem2 seger gitu, klo rawit nya di gerus, makin mantab krn pedes asem.

4 orang
30 menit
Tumis Gurih Babi 🐷Kacangpanjang dan Tauge

Tumis Gurih Babi 🐷Kacangpanjang dan Tauge

Rencana bikin lawar bali, tapi kok ya gakda kelapa parut dan nangka muda. Gak kurang akal, jadi deh resep ini. Bumbunya tetap pake base genep. Tidak pake kelapa parut, tapi santan instan cair. Daging babi bisa diganti daging sapi, ayam atau ikan/udang/cumi. Suka2 sesuai selera..

🐷 Babi Bakar V.2

🐷 Babi Bakar V.2

Hai hai hai.... Hari ini aku masak babi bakar lagi. Tapi hari ini yang versi lengkap bumbunya ya... Dagingnya aku marinasi dulu dan di diamkan hampir 5 jam. Lebih enak lagi kalau lama ya... Jadi kalau yang mau coba buat bisa dibuat sehari sebelumnya atau paling tidak di diamkan dari pagi dan di bakar sore harinya. Selamat mencoba ❤️ #PejuangGoldenApron3

11 orang
Siomay babi

Siomay babi

Beli siomay di luar selalu gak puas karena porsi sedikit. Ini resep yang sudah saya buat dari anak pertama tahun 2013.

Semur daging (babi)

Semur daging (babi)

Di resep sebelumnya saya pernah bikin semur dari ayam dan kentang. Kali ini saya coba bikin semur daging saja, tapi bumbunya agak sedikit berbeda. Kalau enak dan mau request saya masak yang lain boleh yah. Bisa recook, lalu kasih tahu mau dikasih resep apa :) #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #3weekschallenge

4-5 porsi
Baikut sayur asin cabe rawit

Baikut sayur asin cabe rawit

Tidak ada cerita macam2, hanya ini makanan favorit saya 😁

Samcan Kecap / Babi Kecap

Samcan Kecap / Babi Kecap

Menu andalan dikala Babysitter lagi cuti, semua komplit tahu telor dan daging... sekali ribet tp enak... Bapaknya happy anaknya pun happy...

4 org
1 jam
Babi Jamur Teriyaki dengan daun bawang

Babi Jamur Teriyaki dengan daun bawang

Resep ngarang bebas. Special made for suami yg suka babi. ❤️