Bagaimana Menyiapkan Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) yang Enak

Dipos pada October 11, 2023

Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) adalah 1-2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mumpung masih ingat nih, perkiraan waktu untuk memasak Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) diperkirakan sekitar 40 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) memakai 9 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Babi panggang rumahan, untuk tingkat kematangan aku suka yang medium rare. Resep mie akan saya upload di kumpulan resep saya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe):

  1. 1 slice daging babi (300 gr)
  2. Bumbu halus : 1 buah jeruk nipis
  3. 1 batang sereh yg segar
  4. 2 siung bawang putih
  5. Secukupnya garam (Blender semua bahan diatas sampai halus)
  6. 2 sdm kecap manis
  7. 1/4 sdt lada hitam
  8. 1/4 sdt bubuk cili
  9. Secukupnya olive oil

Langkah-langkah untuk membuat Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe)

1
Marinasi daging babi dengan bumbu halus, lalu tambahkan kecap manis, lada hitam, bubuk cili selama 30 menit.
2
Kemudian panggang daging babi ditas teflon yang telah diberi sedikit olive oil dengan api sedang hingga tingkat kematangan yang diinginkan (saya suka medium rare) Medium rare 3 - 3,5 menit disetiap sisinya. Medium 6 - 10 menit disetiap sisinya. Welldone 11 - 15 menit disetiap sisinya.
3
Setelah matang, angkat steak dari pan dan diamkan selama 5-10 menit sebelum disajikan, hal ini untuk memastikan steak tetap empuk dan juicy saat dinikmati. Selamat mencoba!
Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) - Step 3
Resep Steak Babi Panggang (Pan-Roasted Pork Steak Recipe) - Step 3
4
Info tentang tingkat kematangan daging : 1. Very Rare (Hampir Mentah) Steak dengan tingkat kematangan very rare dimasak dalam waktu yang sangat singkat, yakni kurang lebih 1 menit saja. Saat steak diiris, bagian dalamnya masih berwarna merah segar dan aroma khas daging segar akan segera menyeruak. Namun tingkat kematangan yang satu ini kurang cocok untuk para pecinta steak sehat, karena dikhawatirkan bakteri dan mikroorganisme lainnya masih hidup dan berkembang pada daging sapi.
5
2. Rare (Seperempat Matang) Saat steak dengan tingkat kematangan rare diiris, maka akan tampak bagian kemerahan segar pada bagian dalam daging. Namun berbeda dengan steak dengan tingkat kematangan very rare, permukaan steak rare biasanya tampak berwarna lebih tua daripada permukaan steak very rare. Lama memasak steak rare biasanya sekitar 2 menit.
6
3. Medium Rare (setengah matang) Tingkat kematangan medium rare adalah tahapan minimal yang cocok untuk para pecinta steak yang menjalankan pola hidup sehat. Bagian dalam daging steak sudah tak lembap dan warnanya pun sudah hampir kecokelatan. Meski demikian, tekstur moist khas daging sapi masih bisa diperoleh dari tingkat kematangan medium rare.
7
4. Medium (Tiga Perempat Matang) Butuh waktu 6 hingga 10 menit untuk memanggang masing-masing sisi daging sapi agar menghasilkan steak dengan tingkat kematangan medium. Meskipun tampak sudah matang, steak medium akan tetap bertekstur empuk dan lembut saat bagian tengahnya ditekan.
8
5. Welldone (Matang Sempurna) Para pecinta resep masakan daging biasanya memilih untuk menyantap daging dengan tingkat kematangan ini. Bagian luar maupun dalam dari daging sapi dimasak hingga matang sempurna dengan durasi memasak kurang lebih 11 hingga 15 menit untuk setiap sisi daging. Namun, bagian tenderloin biasanya tidak dimasak hingga welldone karena justru akan membuat daging jadi kering dan teksturnya jadi keras. (Sumber : bango.co.id)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

44. Iga Bakar Barbeque

44. Iga Bakar Barbeque

Selamat Idul Adha untuk teman2 yg merayakan yaaa Saya ga merayakan tapi ikut kebagian iga dan daging *yey* Nah, tunanganku sukaaaa sekali makan segala jenis saos barbeque, aku kurang suka. Tapi dia ngotot buat ini dan saya dengan setengah hati ngikut deh.. Pas dimakan malah nagih, sampai tulangnya saya jilat2 karena enaaak banget. Ini udah masak ke 4x dan tiap makan, ga bisa berhenti nambah hahaha Pertama kali buat 700gram makan berdua, sekarang hampir 1.5kg berdua hahaha emang sih, rakus ini berdua #BancakanOnlineBarengCookpad semoga dapet #eBook nya hehe #ResepAprilMasak #CookpadCommunity_Manado #CookpadCommunity_Jakarta #Cabeku #MasakBarengApril

Shirataki Carbonara (pork)

Shirataki Carbonara (pork)

Buat shirataki carbonara keto varian non halal ya utk refill sore ini, knp samcan krn sy selalu stok pork yg sebelumny sdh direbus setengah matang n simpan kulkas utk diolah sesuai selera saat mau refill. Bagi yg halal feel free to change the meat & kreasikan rasa sesuai selera msg" #jjxploretrips9_ATLANA #maincourse #fatbomb #keto #pork #samcan #carbonara #shirtaki #refill

2 porsi
Bakso Bak Goreng Saus Mentega

Bakso Bak Goreng Saus Mentega

Pengen masak bak yang beda dari yang biasanya... dan ternyataaaa... ini enaaaak 😍😍😍

Babi Kecap

Babi Kecap

5 porsi
30 menit
Stir fry beef gochujang /Gogogi Gochujang

Stir fry beef gochujang /Gogogi Gochujang

Masakan asal korea selatan yang praktis dan enak. Hanya bermodal daging dan tentunya bumbu gochujang nya.

7 orang
45min
Babi Kecap by Hubby

Babi Kecap by Hubby

Punya simpanan daging babi sebelum natal kemarin baru bisa diolah sekarang...sdh racik2 bumbu utk semur eehhh..diambil alih sama bapaknya anak2 dan bumbu ditambah ini n itu jadilah babi kecap...yummyyy...

Babi Kecap

Babi Kecap

Ini resep dari temen kerja ku.. Namanya Ecik.. Ditambah nasi anget duuuhh sukses bgt bikin sekeluarga nambah berkali-kali makannya..

Stir fry collar pork shabu shabu ""

Stir fry collar pork shabu shabu ""

Biasa ny daging ini sllu sy masak soup tp mlm ini sy coba stir fry .. ( non halal ) tp bs di ganti dgn daging sapi ..

Jokbal / Kaki Babi Korea / Korean Braised Pig's trotter

Jokbal / Kaki Babi Korea / Korean Braised Pig's trotter

Resep dari Youtube maangchi Sudah lama penasaran sama masakan kaki babi korea... Akhirnya di niatin, beli bahan2nya sampe komplit dan sama persis 😅 Ternyata... Worth to try 🤤👍 Enak banget, dan gak nyangka aja liat dari bumbunya yg aneh, pake kopi segala... Bisa enak gini 😅

Babi Kecap Masak Pete ala Rumahan

Babi Kecap Masak Pete ala Rumahan

Ini sebenernya pengen bikin babi kecap pake pete banyakkkkkkkan, tp apa daya pas pete di kupas keluar ulet2 cantik 🤪, ya ud deh ambil aja pete2 yang bagus ..

3 porsi
Almost Zero Carb Pizza #ketopad

Almost Zero Carb Pizza #ketopad

Pizza ini enak, mudah dan menurut saya, bisa dimasukkan pada kategori real food. Syaratnya, pakai keju yg carb nya zero atau minimal <1 gr, aliaf real cheese yaa...

Babi Kecap sederhana (non halal)

Babi Kecap sederhana (non halal)

Karna suami doyan babi drpd beli diluar alhasil aku masakin sendri. Iseng" nyobain pke bumbu seadanya.. eh trnyata hasilnya nagihhh...😄😄

Tumis Jamur - Brokoli - Babi

Tumis Jamur - Brokoli - Babi

Jamur bisa pakai yang kering seperti hyoko, atau yang sudah diawetkan dalam keadaan basah seperti champignon / jamur kancing yang diawetkan, seperti yang dijual di rak2 pendingin di supermarket. Tapi saya pakai champignon segar. Babi bisa diganti dengan fillet ayam atau daging sapi yang sudah dipotong tipis2. Sy pakai pork komagire, daging babi yang sudah diiris2 amat tipis dan lebar. #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #berburucelemekemas #resolusi2019 #generasigakpakaimicin #cookpadcommunity_tangerangselatan

3 porsi
20 menit
Lapis babi Manado (non halal)

Lapis babi Manado (non halal)

Kalo di Manado namanya Lapis karena pakai daging lapis babi kali yaa. Ini makanan kesukaan saya dari kecil. Tiap hari raya Natal di rumah oma sering buat ini. Dan ini paling saya cari-cari di antara semuanya. Hanya resep oma saja yg paling kusuka. Pernah makan di acara-acara di kampung, tapi rasanya beda dengan resepnya oma.

Yakimeshi

Yakimeshi

2 porsi
Sop Bakut (排骨汤)

Sop Bakut (排骨汤)

NON-HALAL ALERT ! dari kecil paling suka sma sop yg satu ini.. Dan kebetulan tmn ku ada yg kalo masak ini enak bangett ! Enaknya kelewatan ! Akhirny coba liat dia gmn sih masaknya , dan nanya" jg sma dia.. Kalo d rmh biasanya mami ku ska tmbahin sma sawi asin dan masakny pake bawang putih jg ( aku ada prnh post resep sop bakut sayur asin sblmnya). Nah bedanya kalo tmn ku ini bkinnya cm pake bakut (iga babi) sma lobak aja , tp rasanya... Behhh 100 ! Jd kmrn akhirny bikin sendiri deh ,, rasanya 11-12 lah sma yg biasa tmn ku bikin. Ini next ny bs jd salah satu alternatif masakan d saat mager bebersih alat dapur krn masak ini minim peralatan dan minim bahan tp rasa ny ttp maksimal.. Oke ,, let's get started !

1-2 porsi
35-45 menit