Cara Gampang Menyiapkan Spaghetti Carbonara yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 25, 2023

Spaghetti Carbonara

Hari ini saya akan berbagi resep Spaghetti Carbonara yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Spaghetti Carbonara yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Spaghetti Carbonara, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Spaghetti Carbonara enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Spaghetti Carbonara adalah 1-2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Spaghetti Carbonara sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Spaghetti Carbonara memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Carbonara, bahan dasar sausnya adalah telur.. Bisa kuningnya aja atau utuh. Sering tertukar ya dgn pasta saus ALFREDO, di mana alfredo hanya menggunakan krim dan keju (tanpa telur) , tapi di Indonesia sendiri masih banyak cafe atau resto yg menu alfredo-nya diberi judul 'carbonara' padahal sebetulnya keduanya berbeda. Ada yg suka menambahkan krim dalam carbonara (jadi telur + krim gitu) tapi bagi saya kuning telur + keju aja udah cukup creamy dan gurih. Sebisa mungkin pakai keju bagus ya teman2... Rasanya bakal beda banget dibanding keju olahan. Selamat mencoba! ๐Ÿ˜ Source :Gennaro Contaldo Dgn modifikasi #CookpadCommunity_Semarang #SemangcookHokya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Spaghetti Carbonara:

  1. 75 gr spaghetti/pasta lain yg cocok
  2. Sedikit garam
  3. Air utk merebus
  4. 1 sdm extra virgin olive oil
  5. 1/4 bawang bombay, cincang
  6. 1 siung bawang putih cincang
  7. 25-40 gr pancetta/bacon/ham/smoked beef, potong dadu
  8. 3 bh jamur kancing segar, iris tipis
  9. 35-40 gr kuning telur segar (saya pakai ayam kampung)
  10. 20 gr keju pecorino/parmigiano/parmesan(saya pakai grana padano)
  11. Sedikit garam, lada hitam
  12. Keju ekstra utk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Spaghetti Carbonara

1
Rebus spaghetti dan air dan sedikit garam hingga 3/4 matang. Siapkan bahan lain, aduk rata kuning telur dgn keju parut.
Spaghetti Carbonara - Step 1
Spaghetti Carbonara - Step 1
Spaghetti Carbonara - Step 1
2
Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan protein pilihan dan jamur, aduk hingga kecokelatan.
Spaghetti Carbonara - Step 2
Spaghetti Carbonara - Step 2
Spaghetti Carbonara - Step 2
3
Masukkan spaghetti + sekitar 1 sendok sayur air rebusan spaghetti. Beri garam sedikit dan lada hitam. Masak hingga air mengental seperti saus. Matikan api. Tuang campuran telur-keju ke atas spaghetti (jangan langsung ke dasar pan ya), aduk cepat.
Spaghetti Carbonara - Step 3
Spaghetti Carbonara - Step 3
4
Tuang ke atas piring. Taburi keju parut lagi. Sajikan segera. Ini punya saya kemarin agak menggumpal ya telurnya seperti orak arik. Harusnya bisa lebih smooth. Ini kayaknya air rebusan pastanya kurang banyak.
Spaghetti Carbonara - Step 4
Spaghetti Carbonara - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Wrap telur ham & keju - cepat dan simple

Wrap telur ham & keju - cepat dan simple

Resep cepat dan simple utk makan siang atau brunch kekinian ๐Ÿ˜. Lumayan bikin kenyang dan rasanya leker. Recook dari resep di internet (https://www.sandraseasycooking.com/2016/02/egg-cheese-and-ham-wrap.html)

1 porsi besar
15 menit
Babi Kecap

Babi Kecap

Lagi pengen makan babi kecap nih ๐Ÿ˜

Shabu-Shabu (Bumbu Pasta)

Shabu-Shabu (Bumbu Pasta)

Kali ini saya bakal kasih resep olahan bumbu pasta serbaguna yang bisa dipakai untuk bakar2 dagingยฒan / sosis, bumbu ini bisa disimpan sebagai stock setiap mau bakar2an dengan catatan WAJIB disimpan di tempat yang tertutup rapat (baiknya botol kaca) dan disimpan di kulkas ^^ resep ini rekomendasi dari youtuber Puguh Kristanto Kitchen, rasanya enak banget!!!

ยฝ Kg Daging
30 menit
Babi Kecap Khas Bali (NON HALAL)

Babi Kecap Khas Bali (NON HALAL)

Manager mau resign, mau kasih kenang-kenangan Babi Kecap..๐Ÿ˜…

Kapsim tumis taoge bumbu lada hitam

Kapsim tumis taoge bumbu lada hitam

Sekali-kali sedikit msg ga apa de.. aku ada sisa bumbu lada hitam lee kum kee yang akan kadaluarsa bulan juli.. Sayang kalo ga dipakai. Juga karena agak bosan dengan masakan yang itu-itu saja, kepingin beda dikit. Btw, ini gizinya bagus buat bumil, daging dan taoge, kombo protein yang mantap. Note: seperti biasa, ini ga pakai bawang ya... #CookpadCommunity_Jakarta

3 porsi
Fettuccine carbonara

Fettuccine carbonara

#cookpadcommunity_jakarta #ga_thenextlevel

2-3orang
Paha babi dan tahu tumis kecap buat bumil

Paha babi dan tahu tumis kecap buat bumil

Ini asupan protein buat bumil. Lagi bosan telur rebus.. Hehehe. Tadinya pingin ditumis dengan doubanjiang. Udah kangen sama rasanya. Tapi pas baca baca, eh ada sedikit kandungan alkohol. Kalo seingat aku, klo dimasak, alkohol akan menguap, seharusnya ga apa-apa ya.. Tapi karena ini hamil pertama, ga mau ambil resiko, dan juga udah lapar, maka ga sempat baca-baca lagi ttg alkohol yang dimasak. Akhirnya ditumis kecap deh.. Aku bikin dominan ke asin karena lagi pingin yang gurih.. Pakai paha babi karena pingin tekstur yang agak kenyal kalo dikunyah.. Pedas dan bawang putihnya udah dikurangin, biar cocok sama bumil. Sekali-kali dikasi cabe sedikit bolehlah.. #CookpadCommunityJakarta.

2-3 orang
Sup Baikut lobak

Sup Baikut lobak

4-5 porsi
Bbq Pork Ribs ala Bali

Bbq Pork Ribs ala Bali

Resep collab shirley wijaya dan willgoz... hasilnya yummy...

3-4 orang
2 hari
SoTo BaBi

SoTo BaBi

Kuah soto ini bening dengan rasa gurih dan aroma seledri + jeruk nipis ditambah potongan lobak yg melengkapi hidangan ini... Ini salah satu favorit suami dari sekian uji coba masakan saya... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

4 -5mangkok
Spaghetti in creamy mushroom sauce

Spaghetti in creamy mushroom sauce

Ini makanan favorit saya dan anak2. Dari yang besar sampe yang bontot smua doyan. Awalnya suami yang nemuin resepnya dari mbah google lalu dia masak dan ternyata enakkkk. Resep yang ini udah dimodifikasi dengan bahan yang mudah dicari. Gampang buatnya, jadi kadang suka bikin juga untuk sarapan pagi. Disini saya pakai bacon, bisa diganti dengan sosis atau ham. Mau plain jamur saja juga sudah enak kok.

4 - 5 porsi
Babi Kecap

Babi Kecap

6 porsi
Shiso / Perilla / Daun Wijen Pesto

Shiso / Perilla / Daun Wijen Pesto

Daun wijen dikenal dalam bahasa Jepang : Shiso, dalam bahasa Korea : Kkaenip, bahasa Inggris : Perilla. Untuk kacang bisa menggunakan kacang asin rasa bawang putih, kalau pakai yang tawar tinggal ditambahkan garam saja. Ini merupakan salah satu Japanese style Pasta. #Cookpadcommunity_jakarta #Japanesefood

1 porsi
Gochujang Bulgogi

Gochujang Bulgogi

Sumber: Aaron & Claire dengan modifikasi

Bossam (korean boiled pork wrap)

Bossam (korean boiled pork wrap)

NON-HALAL ALERT ! Jadi kmrn ini tmn ku bkin potluck dan bingung mau bkin apa krn br pindah ( lagi ) ke gedung dorm lain karena ada masalah di kamar sebelumnya. Dan krn skrg tinggal satu kamar sama tmn ku jd byk peralatan masak yg ku jual krn space naro barang d kamar ga tralu banyak.. jadi lagi muter otak mau bkin sesuatu yg enak tp minim peratan. Langsung inget kmrn nemu resep di koreanbapsang.com yg udh lama ada d bookmark tp belom d eksekusi... jadi mari kita cobaa ~ cuma krn perlatan yg minim jd ad bbrp step yg ku skip. Kalo menurut tmn ku rasanya enak jadi ,, okelah ya ? Wwkwkk.. selamat mencoba ;)

Pork Belly Crunchy๐Ÿท

Pork Belly Crunchy๐Ÿท

Pertama Kali liat di FB... Bikinnya gampang... Kriuk2..sama sambel tauco/cantonese suki enakkkk sekaliiii... Pork ๐Ÿท๐Ÿ–mania... Must try this.. RECOMENDED!!! ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ Tutorial... You tube channel.. Pork belly Bikin ini pas event Natalan bersama keluarga di Bali.... MERRY CHRISTMAS๐ŸŽ… n HAPPY NEW YEAR๐ŸŽ‰๐ŸŽŠ permirsahh.. GBUs always๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ™๐Ÿ™

1,5 jam
Babi Kecap

Babi Kecap

Dapet resep otentik dari mama, beda dari bicap yg lain. Bumbunya praktis, tapi rasanya juaraaa. Manisnya pas, ada rasa asem sedikit dari pekak plus ada mericanya juga yg bikin rasanya nyatuuu banget. Enaaak gilaaa ๐Ÿ˜ญ Ga perlu pakai bumbu ribet, karena rasa daging babi sendiri sudah teramat nikmat, sehingga kalau dimasak dengan bumbu yg bermacam-macam, menurut saya rasanya membuat eneg ๐Ÿ˜๐Ÿคญ Tips : -Tumis daging babi hingga mengeluarkan minyaknya, baru setelah itu tambahkan air untuk proses mengempukkan dagingnya. -Jangan menambahkan air sebelum daging babi ditumis hingga mengeluarkan minyak, supaya dagingnya tidak 'gembur' saat disantap #PejuangGoldenApron3 #Week25

Pasta Ep. 02 | Penne Carbonara

Pasta Ep. 02 | Penne Carbonara

Requested by my little sister but I swear this is the best carbonara I've ever tried. If you are a carbonara person, you will never regret trying this recipe๐Ÿ˜œ Lets recook this and share the results with me! Hope you enjoy the recipeโœจโค #PenneCarbonara #Carbonara #ItalianFood #HomeCooking #BelajarMasak #BelajarBaking #CookingWithSafira

6-7 porsi
30 menit