Cara Gampang Menyiapkan Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) yang Enak

Dipos pada October 13, 2023

Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Dari Philipine beralih ke snack Singapore atau Macau yaitu bak kwa atau dendeng manis. Saya buat dengan daging babi tapi bisa diganti daging sapi atau ayam ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau):

  1. 455 gr daging babi giling yg ada lemaknya
  2. 1 sdm rice vinegar/cooking wine/vinegar lainnya
  3. 1 sdt kecap ikan
  4. 3 sdm gula pasir
  5. 1 sdm kecap asin (saya skip karna daging sudah ada rasa asin)
  6. 1 sdt angkak (hancurkan dgn 1 sdm air panas)
  7. 1 sdm saos hoisin
  8. 2 sdm madu
  9. 1 sdm minyak wijen
  10. 1/2 sdt bumbu ngohiong (5 spices powder)
  11. 1/2-1 sdt lada bubuk
  12. Bahan olesan:
  13. secukupnya Madu (saya 4-5sdm)
  14. Bahan taburan:
  15. secukupnya Wijen sangrai
  16. secukupnya Lada hitam bubuk kasar

Langkah-langkah untuk membuat Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau)

1
Campurkan daging dengan bumbu, aduk hingga rata. Lalu diamkan semaleman supaya meresap bumbunya ke daging.
2
Setelahnya tata pipihkan daging ke loyang oven yang lebar dengan dialasi kertas roti/aluminium dan plastik wrap bagian atas daging lalu tekan tekan dengan bantuan jari tangan dan rolling pin, hingga agak tipis.
Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) - Step 2
3
Panggang di suhu 165derajat selama 15 menit, lalu keluarkan buang minyak dan air yang keluar disekitar dagingnya, bisa dilap dengan tissue makan.
4
Gunting menjadi beberapa bagian lalu oleskan madu bagian atasnya. Panggang kembali di suhu 180-200 derajat selama 7-10 menit untuk efek agak hitam terbakar. (Untuk pemanggangan, bisa ganti kertas roti yang melapisi bagian bawah atau panggang di rak yang ada lobang nya).
Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) - Step 4
5
Keluarkan lagi lalu balik daging, olesi lagi dengan madu secara merata. Panggang lagi dengan suhu dan waktu yang sama.
6
Jika ingin lebih hitam terbakar, bisa dipanggang kembali diatas teflon.
7
Selamat menikmati.
Bak Kwa / Dendeng (Snack Singapore & Macau) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Japchae

Japchae

Sumber: Aaron & Claire dengan modifikasi

Korean Garlic Cheese Bread versi Asin Gurih

Korean Garlic Cheese Bread versi Asin Gurih

Korean garlic cheese bread biasanya manis dan sedap, tapi pengen juga kan nyoba buat yg lebih asin gurih dikit. Akhirnya nyoba dan enak jugaaa

8 buah
2 jam
Pork with Radish

Pork with Radish

bosen lobak di masak sop aja? cobain d lobak ditumis..simple banget masakny..dan pastinya enak..buat temen temen yang muslim daging bisa diganti daging sapi ya....

2 porsi
Babi Santan Bicol Express ala Philipina

Babi Santan Bicol Express ala Philipina

Saya sempat tinggal di Pilipina selama 2 bulan, disana masakan yang dijual biasanya kurang enak, tapi saya beruntung karena saya tinggal di rumah penduduk, yang biasanya sangat menghargai tamu, mereka sangat senang jika melayani tamu dan berbagi resep masakan, salah satunya Bicol Express ini.

2 porsi
30 menit
Sup jagung kaldu ayam

Sup jagung kaldu ayam

Iseng

1 rumah
Kompyang Isi

Kompyang Isi

Sumber: Shirley Liem dengan modifikasi

10 porsi
Easy fry pork chop

Easy fry pork chop

Non halal 🐷

Babi Kecap Simple Enak

Babi Kecap Simple Enak

Keburu pengen posting resep yang beneran enak ini sampai lupa plating. Alhasil fotonya langsung dari wajan gerhana. Semoga chef arnold ga marah liat ini.😁. Selamat mencoba

2-3 porsi
Menu non halal: Babi Kecap

Menu non halal: Babi Kecap

Padahal niatnya mau berhenti makan babi. Eh tergoda juga gara-gara lihat acara mukbang korea babi-babian. Akhirnya iseng-iseng coba buat babi kecap. Oh ya babi bisa diganti dengan daging apa saya ya 👌😊

Jukut nangka isi balung

Jukut nangka isi balung

Tetangga cookpad ada yg request resep sayur nangka balung ini, kebetulan bgt masi ada nangka, tinggal di belikan balung. Sebenarnya bingung juga sisa nangka dibuat apa ya selain gudeg, eh pas bgt Mba Soraya minta dibagikan resepnya dan langsung kepikiran bikin jukut nangka isi balung. Semoga resepnya membantu ya mom.

Iga Babi Kecap Jahe

Iga Babi Kecap Jahe

Bosen masak iga babi dikuah + kembang tahu, iseng nyobain cara lain.

4 porsi
+/ 40 menit
Babi Sambal Matah

Babi Sambal Matah

Tiba-tiba terbayang babi sambal matah warung Ca**ya, nah pas juga daging babi lagi diskon di supermarket. Fyi, di Belanda daging plg murah ya daging non halal ini. Sebelumnya saya sudah pernah buat, tapi belum nemu racikan yg pas supaya dagingnya tidak bau. nah, ini sambil mencoba2 ternyata ok, Jadilah kreasi babi sambal matah.

2 porsi
Korean Spareribs Swirling Cheese

Korean Spareribs Swirling Cheese

Di indo lagi happening banget daging iga yang digulung-gulung pake keju mozarella. Kekinian banget deh hahaha. Jadi kepengen capcus ke indo pake pintu doraemon dan langsung makan ke resto tapi apa daya itu ternyata cuma hanya khayalan belaka hehehe. Kudu kumpulin uang dulu buat pulang kampung nih. Nah daripada ngiler-ngiler sendiri, mendingan liat google dan cari resep trus bikin sendiri deh. Finally, kesampean juga makan beef yang lagi kekinian ituh hahaha. Liat di google dapet beberapa resep dan di-improvisasi ulang sampe akhirnya dapet hasil bumbu yang diharapkan. Duh, seneng banget deh rasanya. Ah daripada ikutan ngiler mendingan yuu langsung dikepoin step by stepnya.

h
Mun Tahu

Mun Tahu

Suami nagih makan ini. So, back to kitchen it is.

2 porsi
Shirataki Carbonara (pork)

Shirataki Carbonara (pork)

Buat shirataki carbonara keto varian non halal ya utk refill sore ini, knp samcan krn sy selalu stok pork yg sebelumny sdh direbus setengah matang n simpan kulkas utk diolah sesuai selera saat mau refill. Bagi yg halal feel free to change the meat & kreasikan rasa sesuai selera msg" #jjxploretrips9_ATLANA #maincourse #fatbomb #keto #pork #samcan #carbonara #shirtaki #refill

2 porsi
Chai tao kue/kue lobak,Lao po kue (non halal)🐖

Chai tao kue/kue lobak,Lao po kue (non halal)🐖

Ada sisa sayur lobak yang terbeli didalam kulkas udah lama hampir layu, Yo wes pake bahan yang ada aja. Jadilah seloyang kecil