Cara Gampang Membuat Babi Kecap yang Enak

Dipos pada November 18, 2023

Babi Kecap

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Babi Kecap yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Babi Kecap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Babi Kecap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Babi Kecap di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Babi Kecap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Babi Kecap memakai 21 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

rasanya sedikit pedas, manis. Kalau yang tidak begitu suka pedas, cabai bisa di kurangi. Selamat mencoba 👩‍🍳

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Kecap:

  1. 1/2 kg samsam babi + daging (campur)
  2. 1/2 butir bawang bombay (iris besar)
  3. 1 batang serai (di geprak)
  4. 5 sdm kecap manis
  5. secukupnya Garam
  6. Minyak untuk menumis
  7. Bumbu halus :
  8. 4 siung bawang merah
  9. 6 siung bawang putih
  10. 10 cabai keriting
  11. 6 cabai rawit
  12. 1/2 sdm merica butir
  13. 1/4 sdm merica hitam butir
  14. 1/4 sdm ketumbar
  15. 1 kemiri (ukuran kecil)
  16. 1/4 ruas jahe
  17. Sedikit kunyit (iris tipis saja)
  18. 1/4 ruas pala
  19. Optional (Pelengkap) :
  20. 1 butir kentang (potong kotak2, goreng hingga matang)
  21. 1/4 paprika merah, kuning, hijau (potong kotak)

Langkah-langkah untuk membuat Babi Kecap

1
Rebus daging kira² 20 mnt / hingga empuk. Lalu angkat, tiriskan dan potong kecil². Sisihkan sedikit air kaldu babi untuk di masak nanti.
2
Haluskan semua bahan bumbu halus. Tumis dengan sedikit minyak, masukan serai, tumis sampai wangi. Masukan bawang bombai, paprika, dan kentang goreng.
3
Tambahkan sedikit air kaldu tadi lalu masukan daging babi yg sudah di potong. Tambahkan kecap manis, aduk rata. Tambahkan garam secukupnya. Masak hingga air sedikit menyusup sambil koreksi rasa.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi Kecap (non halal)

Babi Kecap (non halal)

Imlek kali ini benar2 berbeda, gak bisa kumpul2 utk dinner di resto seperti tahun2 lalu. Akhirnya th ini mesti masak sendiri hidangan khas imlek, salah satunya babi kecap ini. Setelah cari2 resep, akhirnya nemu resep otentiknya cicie cantik Giok Lian di youtube. Bumbunya memang cukup komplit, tapi memasaknya sangat mudah, dan rasanya gak kaleng2. Akhirnya bisa juga bikin sendiri babi kecap yg gak kalah dengan yg dijual di chinese resto😊😊 Untuk protein bisa ditambahkan chukiok/titee/kaki babi, paru, usus dll.

6 orang
Paikut Stim ala dimsum (iga babi steam kukus)

Paikut Stim ala dimsum (iga babi steam kukus)

Inspirasi resep dari dada taste, tp ak ada ubah resep sedikit 😄

Kapsim tumis taoge bumbu lada hitam

Kapsim tumis taoge bumbu lada hitam

Sekali-kali sedikit msg ga apa de.. aku ada sisa bumbu lada hitam lee kum kee yang akan kadaluarsa bulan juli.. Sayang kalo ga dipakai. Juga karena agak bosan dengan masakan yang itu-itu saja, kepingin beda dikit. Btw, ini gizinya bagus buat bumil, daging dan taoge, kombo protein yang mantap. Note: seperti biasa, ini ga pakai bawang ya... #CookpadCommunity_Jakarta

3 porsi
Sup baikut lobak

Sup baikut lobak

#5BahanCukup

Hawaian LOCOMOCO

Hawaian LOCOMOCO

Loco moco is a meal in the contemporary cuisine of Hawaii. There are many variations, but the traditional loco moco consists of white rice, topped with a hamburger patty, a fried egg, and brown gravy.

6 porsi
30 mnt
Pasta carbonara (bacon)

Pasta carbonara (bacon)

Hello , kembali Lagi ... Aku kali Ini bikin Pasta Carbonara soalnya ngabisin whipping cream Yang Ada Di kulkas. Saya Pakai bacon, Kalo bunda bunda tidak makan bacon karena Hal religius atau Memang tidak suka, boleh diganti beef atau Ayam (bagian yang banyak lemaknya)

Resep Babi Kecap (Batak)

Resep Babi Kecap (Batak)

8 porsi
30 menit
Pad Moo/Tumis Daging Babi a la Thai

Pad Moo/Tumis Daging Babi a la Thai

Non halal. Untuk jenis daging, saya lebih suka pork loin yang tidak ada lemaknya dan dipotong tipis-tipis (tapi tidak setipis sashimi). Untuk foto, saya pakai bagian bahu yang ada sedikit lemaknya dan dipotong-potong seukuran jari kelingking.

2 porsi
20 menit
Spaghetti Aglio Olio (gampang)

Spaghetti Aglio Olio (gampang)

Kalau harus makan pasta, saya pasti pilih menu ini, Aglio Olio. Krn kalau yg creamy gak doyan (juga belepotan makannya,iyuhh), yg bolognese sudah bosan 😁 Jadi cari cara deh gimana bikin sendiri klo lagi pengennn. Pasti jenis ini agak jarang ada di resto, kecuali resto yg agak fancy/mewah. Trus klo di resto2 itu, suka kurang puas krn kadang ada yg bikin kurang asin-lah, kurang pedes-lah.. or kurang kejunya. Bikin sendiri lebih puassss. Oiya aslinya ini bahan yg dipake lumayan banyak lho padahal keliatan simple kannn.. tapi klo bahannya dibuat minim bisa jadi tawar. Naahhh ini resep aglio olio saya yg simple bangettt tapi rasanya mantepppp... gurih2 pedasss cobain bikin dehh 😋👍

Iga Babi Bakar Kecap Jamin Empuk dan Gampang

Iga Babi Bakar Kecap Jamin Empuk dan Gampang

Punya iga babi lebih, bosen di masak kuah jadi di bakar aja kali ini

2 orang
1 jam
Babi kecap simple

Babi kecap simple

First try and kids love it! Di sadur dr resep nya ci tintin rayner, maknyos ci!

4 orang
1 jam