Cara Gampang Menyiapkan Samcan Rebus yang Sempurna

Dipos pada October 16, 2023

Samcan Rebus

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Samcan Rebus yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Samcan Rebus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Samcan Rebus, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Samcan Rebus bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Samcan Rebus bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Kalau kamu mau, masakan Samcan Rebus memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Samcan Rebus:

  1. 1 kg Samcan, bersihkan kulitnya dan cuci
  2. 7 Bawang Putih, geprek bersama kulitnya
  3. 1 sdt merica hitam utuh
  4. 1 sdm bumbu ngo hiong
  5. 1 sdm kayu manis bubuk
  6. 2 ruas jahe, geprek
  7. 5 btr pekak/bunga lawang
  8. 5 btr cengkeh
  9. 1 sdt garam
  10. 2 sdm arak masak
  11. 1 sdm minyak wijen
  12. Bahan pelapis:
  13. 1 sdt garam
  14. 1 sdm cuka

Langkah-langkah untuk membuat Samcan Rebus

1
Rebus samcan dan semua bumbu selama kurang lebih 1 jam
2
Setelah dingin, kulit samcan ditaburi garam dan cuka. Kemudian kulit ditusuk-tusuk pakai garpu/pisau.
Samcan Rebus - Step 2
Samcan Rebus - Step 2
Samcan Rebus - Step 2
3
Samcan siap dimakan, bisa diiris-iris sebesar 1 cm.
4
Saya bagi samcan menjadi 2 bagian. Setengah untuk di goreng dan setengah lagi untuk di panggang.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mac and Cheese with Bacon

Mac and Cheese with Bacon

Membuatnya cukup mudah. Bisa ditambahkan bacon atau tidak. Diganti daging lain juga bisa 👍

Almost Full English Breakfast

Almost Full English Breakfast

Kenapa almost? Karena masih ada kondimen yang kurang😅.. disini ga ada jamur, bacon, dan black pudding.. tapi lumayan mendekati lah. Kenapa saya masak ini? British Invasion lagi? Simpel aja, gara-gara liat baked beans di etalase toko, langsung kepikiran pengen bikin english breakfast, bahannya juga bukan bahan yang harus masak dari 0, dan bisa distok di kulkas, jadi meski kondimennya banyak, masaknya bisa cepet.. Dan meski judulnya almost full, saya makan sepiring bertiga sama kedua adek saya aja, perut udah full rasanya Perjalanan minggu ke-4 #PejuangGoldenBatikApron kali ini meski judulnya breakfast tapi jadinya lebih ke brunch😅😅 kombinasi masak santai pake bahan banyak di hari libur itu relaxing banget Nilai plus dari masakan ini, meski yang dimasak macamnya banyak, tapi one pot cooking, cuma 1 pan aja yang kepake, hemat cuci piringnya😅

Dwaejigogi-bokkeum

Dwaejigogi-bokkeum

Hai sistur Aku lagi pengen makan makanan korea :) kebetulan ada gocujang atau korean hot paste sisa bikin teokbokki hehe, terus aku paje resepnya maangchi tapi akh modif lagi, yuk di coba :)

[NON HALAL-Air Fryer] Babi Panggang

[NON HALAL-Air Fryer] Babi Panggang

Gegara freezer ngadat, stok daging mesti diselamatkan jadi masakan. Ini salah satu hasilnya.

4-6 orang
2 jam
Oseng-oseng Buncis &Tahu

Oseng-oseng Buncis &Tahu

Bisa ditambah irisan cabe rawit ya kalau suka pedas. Berhubung serumah hanya saya yang suka pedas, ya sayanya yang ngalah gak pake cabe. Akhirnya saya bikin sambal 😁. #BikinRamadanBerkesan #1

Swedish Meatballs

Swedish Meatballs

Nama IKEA memang udah ga asing lagi ya. Tapi selain perabot dan pernak-pernik, cafetaria mereka punya beberapa menu yg enak. Swedish meatballs ini salah satunya, dan merupakan menu favorit banyak orang. Saya coba2 bikin, dan hasilnya lumayan loh. Nggak ori lah,KW 1 super. Bagi yang bisa konsumsi non halal, komposisi daging babi : daging sapi = 1 : 1. Jadi, 250gr ground beef & 250gr ground pork. Ada lemaknya dikit lebih bagus supaya lebih lembut&juicy. Bagi yang tidak bisa, pakai ground beef aja semua, tapi usahakan yang ada lemaknya, supaya bola2 dagingnya nggak kering.

2 porsi
40 menit
Spaghetti Aglio Olio

Spaghetti Aglio Olio

Resep simple untuk anak kost dan apartmen. Jangan lupa follow ig @dapursepetak dan @lindalin04

1 porsi
Lapis babi Manado (non halal)

Lapis babi Manado (non halal)

Kalo di Manado namanya Lapis karena pakai daging lapis babi kali yaa. Ini makanan kesukaan saya dari kecil. Tiap hari raya Natal di rumah oma sering buat ini. Dan ini paling saya cari-cari di antara semuanya. Hanya resep oma saja yg paling kusuka. Pernah makan di acara-acara di kampung, tapi rasanya beda dengan resepnya oma.

Macaroni Frittata (omelet) broccoli cheese ham breakfast

Macaroni Frittata (omelet) broccoli cheese ham breakfast

Ide breakfast dg memanfaatkan bahan2 yg ada di kulkas n dapur aja... Tadaaa jadilah frittata ini. Lengkap uda ada karbo, protein, veggie, susu...yummyyy

1 loyang 20 cm
45 menit
Authentic Pasta alla Carbonara

Authentic Pasta alla Carbonara

Olahan pasta favorit ini asalnya dari Roma, Italia. Aslinya, Carbonara ga pake susu atau krim bahkan ga pake jamur tapi merupakan campuran dari telur, keju pecorino dan guanciale (daging babi bagian rahang/pipi yang di-cure atau diasinkan). Awalnya agak susah karena sulit menentukan tingkat kematangan telurnya, tapi kedua kali masak lebih oke. Selamat memasak!

2 porsi
30 menit
Babi Kecap (Super Enak dan simpel) Non Halal

Babi Kecap (Super Enak dan simpel) Non Halal

Kesukaan saya dan suami hehe bikinnya simpel dan enak

5-6 porsi
7. Soto babi

7. Soto babi

Kangen masakan mama 🥰 Minta dikirimin resep salah baca ternyata ga perlu isi bawang merah. Resep mama simple banget cuman bawang putih & jahe. Tp enaknya ga kalah. Tp di resep ini aku ada tambah beberapa bahan. Untung rasanya gak aneh hehe Selamat mencoba

4 orang
1 jam
Iga babi panggang madu

Iga babi panggang madu

Memasak iga diperlukan waktu yang lebih lama sehingga matang sampai ke dalam.